Connect with us

Merpati

Latihan Bebas Jelang Wasaka Cup I Kalimantan, Tembus 317 Ekor, Jumlah dan Kualitas Peserta Makin Meningkat

KONBUR Tayang

:

Perkumpulan Olahraga Merpati Pos Waja Sampai Kaputing (POMP WASAKA) Kalimantan Selatan kembali gelar kegiatan mulai Minggu, 08 Mei 2022. Agenda ini dihelat dalam rangka menjelang kegiatan akbar yakni POMP WASAKA Cup. Abah Haji Faruk Abdullah, ketua POMP WASAKA menuturkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai acara pemanasan.

Proses pelepasan peserta menggunakan kompiyor

“Kami akan menggelar kegiatan akbar bertajuk POMP WASAKA Cup I, makanya sebelum kegiatan tersebut digelar, kami mencoba melakukan persiapan sehingga nantinya sudah siap untuk menghadapi aven yang sebenarnya,” terang Abah Haji Faruk Abdullah yang dihubungi mediaagrobur.com via telepon.

Sekitar 317 peserta lepas menuju titik yang sudah ditentukan

Lebih lanjut disampaikan kegiatan Latihan Bebas ini sebagai upaya untuk mengukur sampai seberapa kekuatan dan persiapan menjelang acara nanti. Agenda rutin yang dilakukan POMP WASAKA ini memang tidak sia-sia. Ada peningkatan signifikan yang terjadi dalam setiap acara, sehingga ini menjadi sebuah kabar bagus bagi perkembangan hobi merpati pos.

Bukti hobi merpati pos di Kalimantan Selatan makin semarak

Seperti yang disampaikan Abah Haji Faruk Abdullah. Jika dalam kegiatan-kegiatan sebelumnya, panitia hanya mampu mengundang peserta dalam angka 110 sampai 120 ekor, kegiatan kali ini sudah berhasil mengumpulkan peserta sebesar 317 ekor. Angka yang patut diapresiasi dan disyukuri oleh seluruh komunitas penghobi dan peternak serta pengurus merpati pos.

Ketua dan wakil POMP WASAKA selalu kompak

“Alhamdulillah jumlah peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan kami, selalu mengalami peningkatan yang luar biasa, jika diprosetase, maka angkanya mencapai lebih dari 200 persen. Hal ini tentu membuat kami bangga, senang dan harus disyukuri. Dan kami berupaya agar kondisi tersebut bisa terus bertambah,” ungkap Ketua POMP WASAKA Kalimantan Selatan.

Armada Kompiyor menuju lokasi pelepasan peserta

Peningkatan berikutnya adalah kualitas dari peserta dalam hal ini merpati pos. Masih menurut Abah Haji Faruk Abdullah,  dari hasil kegiatan minggu-minggu kemarin, kecepatan atau speed peserta mencapai 1300 m/menit dengan jarak tempuh antara 70 sampai 124 km. sedangkan untuk minggu ini speed yang dicapai adalah 1200 m/menit dengan jarak tempuh terdekat 150 km dan terjauh 170 km.

Sekitar 317 ekor merpati pos terbang menuju sasaran

“Minggu-minggu kemarin aja, sudah mencapai speed sampai 1000, tapi untuk minggu ini sudah mengalami peningkatan yang membanggakan. Maka dari itu saya katakan bahwa ada peningkatan kualitas untuk peserta,” sambung Abah Haji Faruk lagi. Peningkatan jumlah dan kualitas peserta disebabkan oleh adanya armada yang kini dipakai.

Proses registrasi yang sedang berlangsung

Armada yang dimaksudkan adalah kompiyor (mobil box) yang digunakan untuk mengantar merpati pos menuju lokasi pelepasan. “Selama ini kami manggunakan motor untuk melepas peserta, tapi kini kami menggunakan kompiyor sebagai pengganti motor, sehingga bisa menampung lebih banyak peserta,” tegas Abah Haji Faruk.

Suasana berkumpulnya para peserta

Armada inilah yang mampu menampung jumlah peserta lebih besar sehingga jumlahnya juga mengalami perubahan. Begitu juga dengan kecepatan yang dicapai, disebabkan oleh armada yang memumpuni sehingga membuat merpati pos bisa lebih siap ketika dilepas. dengan kata lain bahwa kompiyor yang digunakan hasilnya lebih maksimal.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.