Connect with us

Perkutut

Kolom Kebun Rato Sumenep, Hadir Sejak Lima Tahun Lalu, Eksis Karena Kebersamaan

KONBUR Tayang

:

Kolom Kebun Roto Sumenep

Sumenep memiliki  banyak tempat latihan (kolom) yang biasanya dimanfaatkan oleh kung mania untuk menyalurkan hobi. Keberadaan kolom ini memang memberikan warna tersendiri bagi perkembangan hobi perkutut di Sumenep yang semakin semarak.

Sepertinya tiada hari tanpa perkutut menjadi jargon yang sudah melekat dalam diri para mania. Mereka seakan larut dalam euforia kegiatan yang tidak pernah berakhir. Demi menjaga agar dari sama lain tidak berbenturan dan tidak membuat kung mania bingung menentukan pilihan, maka jadwal kolom disesuaikan.

Kolom Kebun Rato Kebunan sudah berdiri sejak 5 tahun lalu.

Mulai Senin sampai Sabtu bahkan Minggu, agenda latihan sudah tercatat dalam benak mereka. Tidak perlu pakai buku atau kertas, mereka sudah hafal hari apa dan jadwal dimana. Salah satu kolom yang masih menjadi pilihan kung mania untuk menyalurkan hobi perkututnya adalah Kolom Kebun Rato yang berlokasi di Kebunan Sumenep.

Moh.Karis selaku ketua kolom mengatakan bahwa lokasi ini memang rutin menjadi jujukan kung mania yang sekedar ingin latihan dan ngerek bareng. Keberadaannya memang sudah lama.

Semangat kung mania dalam menyalurkan hobi.

“Kolom Kebun Rato Kebunan sudah ada sejak tahun 2019 lalu sampai sekarang. Alhamdulillah teman-teman masih setia menjadikan lokasi ini untuk melatih burung dan  silaturahmi,” terang Moh Karis.

Lebih lanjut disampaikan untuk kapasitas yang dimiliki memang tidak banyak, kurang lebih seperti yang ada di lokasi lain. Saru blok kerekan dan gantangan menjadi pemandangan yang bisa ditemui saat berkunjung ke tempat ini.

Kolom Kebun Rato jadi jujukan kung mania di Sumenep.

“Saya bersyukur lokasi ini masih disambangi oleh teman-teman untuk latihan atau sekedar ngobrol bareng soal perkutut,” sambung Ketua Pengcam Kota. Disampaikan juga bahwa ditempat ini kerekan yang kini tersedia sebanyak 42 tiang dan juga gantangan, dulunya hanya berupa bambu.

Sabtu jadi hari latihan rutin Kebun Rato Sumenep.

“Dulu kerekan yang kami pakai berupa tiang bambu, namun lambat lain berubah menjadi kerekan besi,” ungkap Moh.Karis. Perubahan itu berlangsung mulai tahun 2022, dimana sebagian kerekan bambu diganti dengan kerekan besi. Pada tahun 2023, semua kerekan full menggunakan besi.

Selain menggelar latihan atau kerek bareng, Kolom Kebun Rato juga pernah diramaikan oleh gelaran Latihan Dinilai. Artinya bahwa di lokasi ini tidak hanya sekedar jadi tempat untuk ajang memantau perkembangan sang orbitan, tetapi juga dijadikan arena mengukur kemampuan sang andalan.

Latihan jadi ajang silaturahmi kung mania.

Sabtu menjadi hari bagi Kolom Kebun Rato dijadikan tempat “parkir” oleh kung mania untuk memastikan sang orbitan apakah sudah layak untuk masuk arena atau belum. Diakui oleh Moh Karis bahwa lokasi ini bisa eksis sampai sekarang karena adanya kebersamaan dan kekompakan.

Saat masih menggunakan kerekan dari bambu.

Amal Jaya, salah satu kung mania yang rutin kesana mengaku bahwa di tempat ini bisa menyalurkan hobi. “Saya rutin ke Kolom Kebun Rato karena bisa memantau perkembangan burung dan juga bisa silaturahmi dengan yang lain. Disini kompak,” jelas pemilik Barokah Jaya Bird Farm Paberasan Sumenep.  *agrobur.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.