Connect with us

Perkutut

Barabai Kalimantan Selatan, Komunitasnya Makin Kompak dan Solid, Segera Ajukan Pembentukan Pengda

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Perjalanan hobi perkutut di Barabai begitu luar biasa. Semangat kung mania untuk menjadi perkutut sebagai kesibukan baru, benar-benar ditunjukkan dan menjadi agenda yang selalu menyita perhatian. Hari Minggu yang sebelumnya dilewatkan begitu saja, kini mereka isi dengan aktifitas baru.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Rudi Hartono, calon Ketua P3SI Pengda Barabai

Setiap minggu mereka berkumpul dan bersilaturrahmi sekaligus menyalurkan hobi. Terlebih saat ini Barabai memiliki lapangan sendiri yakni di Lapangan Kodim 1002 HST yang dijadikan sebagai pusat kegiatan kung mania disana. Disana berdiri sekitar 1 blok kerekan pemanen dan gantangan yang belum dipatenkan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Setelah dilaunching pada Minggu, 11 September 2022, lapangan ini semakin intens menjadi pusat kegiatan seputar hobi perkutut, mulai bincang-bincang soal perawatan, pemahaman terhadap kualitas burung, sampai pada persoalan penjurian. Pokoknya dilokasi ini banyak ilmu yang mereka pelajari, sehingga mereka mulai paham apa itu perkutut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Surya, salah satu motor penggerak hobi perkutut di Barabai

Yang menjadi catatan penting adalah bahwa meski Barabai terbilang sebagai daerah di Kalimantan Selatan yang baru saja mengenal hobi perkutut, namun perkembangannya tidak kalah dengan daerah lain. Barabai kini tidak bisa dipandang sebelah mata. Bukan saja semangat yang tinggi, namun prestasi orbitannya juga sudah memperlihatkan peningkatan yang menggembirakan.

Advertisement
Advertisement

Setiap kali turun lomba, kung mania Barabai selalu pulang dengan membawa trophy kejuaraan di kelas yang mereka ikuti. Surya, salah satu tokoh perkutut Barabai mengaku bahwa perkembangan yang luar biasa ini adalah bentuk keinginan kung mania disana untuk berusaha maju dan berkembang. “Semangat rekan-rekan di Barabai luar biasa sekali dalam menekuni hobi perkutut,” terang Surya.

Calon Penasehat P3SI Pengda Barabai

Lebih lanjut disampaikan bahwa status sebagai pendatang baru yang selama ini mereka sandang, kini berganti menjadi kung mania yang sarat dengan prestasi. “Saat ini banyak burung-burung orbitan kung mania Barabai sudah juara di lapangan, padahal mereka dulunya pemula, tapi rasa ingin tahu dan ingin belajar, maka mereka kini sudah berkembang pesat,” ungkap Surya lagi.

Keberhasilan ini akhirnya mengilhami mereka untuk dilegalkan dalam satu organisasi bernama Pengurus Daerah (Pengda). Mereka yang selama ini terkoordinir dalam satu paguyuban, berharap ada wadah yang lebih resmi dan tinggi, sehingga keberadaan mereka bisa terkoordinir dengan baik. “Teman-teman di Barabai berharap dibentuk Pengda,” tegas Surya.

Komunitas kung mania Barabai, makin kompak dan solid

Hal ini dibenarkan Rudi Hartono, selaku penanggungjawab lokasi latihan. “Memang benar, teman-teman di Barabai minta dibentuk Pengda, alasannya untuk lebih menyemarakkan hobi perkutut disini. Mereka menilai alangkah bagusnya jika dibentuk Pengda,” papar Rudi Hartono. Nampaknya seluruh komunitas yang berjumlah 25 orang dan aktif, menginginkan hal tersebut.

Untuk lebih mempercepat proses pembentukan Pengda, mereka menyusun draf yang akan diusulkan ke Pengwil Kalimantan Selatan. “Saat ini kami sedang menyusun dan membuat draf untuk pembentukan Pengda Barabai, jika sudah final dan tidak mengalami perubahan lagi, maka kami akan segera mengirim dan mengusulkan ke Pengwil,” sambung Rudi Hartono. Rencana tersebut disambut dengan suka cita oleh kung mania di Barabai.

Agenda rutin tiap minggu adakah ngerek bareng

Mereka mengaku sudah tidak sabar untuk segera dilantik sebagai Pengurus Pengda dan segera menyusun program ke depan untuk kemajuan hobi perkutut disana. Rudi Hartono berharap nantinya, jika Pengda Barabai sudah terbentuk dan resmi dilantik, maka semarak hobi perkutut disana bisa lebih semarak dan berkembang lebih pesat lagi.

Harapan tersebut juga diinginkan Surya. “Kalau nanti Pengda sudah terbentuk dan resmi dilantik, maka saya yakin dan percaya bahwa rekan-rekan disini akan semakin semangat menekuni hobi perkutut. Dan setidaknya mereka akan lebih eksis dalam menyemarakkan hobi. Mudah-mudah rencana dan keinginan kami bisa segera terwujud,” harap Surya lagi.

Lapangan milik komunitas kung mania Barabai

Dai informasi yang didapat mediaagrobur.com formasi Pengda Barabai, untuk posisi ketua akan diserahkan pada Rudi Hartono, Wakil akan diberikan pada Ikhwanul, posisi sekertaris akan dipegang H.Sugeng, Bendahara diserahkan pada Apriansyah, Humas akan dikendalikan oleh Surya dan Bidang Lomba & Penjurian akan diberikan pada Aan.

Formasi ini sepertitnya sudah melalui pemilihan dan pesertujuan bersama. Mereka begitu kompak dan solid dalam menekuni hobi perkutut. Inilah yang menjadi salah satu modal bagi Barabai dalam memajukan hobi yang saat ini mereka lakoni.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.