Connect with us

Perkutut

Surya Barabai KalSel, Didikan Mentor Senior Jadi Kunci Sukses Mengembangkan Hobi Perkutut di Wilayahnya

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Barabai, salah satu wilayah yang berada di Kalimantan Selatan, saat ini menjadi daerah yang sudah di ramaikan dengan hobi perkutut dan menjadi tambahan aktifitas masyarakatnya. Keinginan masyarakat disana untuk menjadikan perkutut sebagai bagian dari kesibukan lain, dibuktikan dengan membuat tempat nongkrong yakni berupa lapangan yang mampu menampung mereka yang ingin menyalurkan hobinya.

Surya (dua kiri) diantara kung mania Barabai KalSel

Semakin hari perkembangan hobi perkutut di Barabai begitu terasa. Setiap kali ada kegiatan perkutut (lomba dan liga), Barabai masuk daftar sebagai peserta. Meski Barabai termasuk daerah yang baru menyandang predikat sebagai kung mania, namun pemahaman kung mania disana sudah mengalami perkembangan yang menggembirakan.

Setiap kali turun lomba, Barabai berhasil membawa pulang trophy juara sebagai persembahan prestasi perkutut orbitannya. Salah satu sosok yang berada di balik perkembangan hobi perkutut di Barabai adalah Surya. Sosok satu ini menjadi memiliki peran dalam perkembangan hobi perkutut disana.

Barabai kini memiliki aktifitas baru hobi perkutut

Kiprahnya yang sudah memberikan informasi dan menularkan ilmu perkutut kepada masyarakat disana, mampu menjadikan para pendatang baru semakin paham dan mengerti bagaimana harus memilih, memperlakukan dan menjadikan perkutut sebagai hobi yang mengasyikkan.

Surya telah menanamkan rasa percaya diri pada masyarakat di Barabai bahwa perkutut itu bisa memberikan manfaat, baik untuk menambah saudara, menghilangkan rasa stres, membuat prestasi dan yang pasti bisa membuat mereka senang. Kini, Barabai sudah menjadi daerah yang layak untuk diperhitungkan dalam kancah perkututan di Kalimantan Selatan.

Komunitas kung mania Barabai, paling muda diantara daerah di KalSel

Meski belum maksimal hasil yang dicapai, namun setidaknya Barabai bisa berbicara dan membuat prestasi membanggakan dalam setiap partisipasi dan dukungan terhadap gelaran konkurs perkutut. Barabai, daerah termudah di Kalimantan Selatan dalam menekuni hobi perkutut, namun sudah menunjukkan kemajuan.

“Alhamdulillah saat ini Barabai bisa ikut dalam kegiatan lomba di berbagai daerah di Kalimantan Selatan, seperti Banjarmasin, Banjar Baru, Kandangan, Rantau meski belum seratus persen mencapai hasil yang diinginkan, tapi kami sudah bisa menilai bahwa hasil itu sudah kami nilai bagus,” terang Surya.

Surya, berkat mentor handal kini mampu menularkan ilmunya pada masyarakat Barabai

Rudi Hartono dan Ijol adalah nama yang menjadi pernah tertularkan virus perkutut oleh Surya dan kini keduanya merupakan figur yang memiliki pengaruh dalam perkembangan hobi perkutut disana. Rudi Hartono adalah Ketua Pengda Barabai dan pemilik tempat latihan yang setiap minggu menjadi lokasi nongkrong kung mania Barabai.

Begitu juga dengan Ijol adalah sosok yang memiliki peran dalam meramaikan hobi perkutut disana. Aksi Surya juga berhasil mengajukan nama Ansori atau yang akrab dipanggil Aan untuk di didik menjadi seorang juri. H.Sugeng dan H.Usuf adalah figur yang membuat Surya makin giat dan gigih untuk terus memompa semangat masyarakat di Barabai untuk lebih eksis menekuni hobi perkutut.

Hobi perkutut kini jadi aktifitas baru masyarakat Barabai

“Saya senang dan bersyukur karena banyak pihak yang mendukung apa yang saya lakukan dalam meramaikan dan menyemarakkan hobi perkutut di Barabai. Saya yakin dengan dukungan seperti ini, maka cita-cita kami menjadikan Barabai lebih besar, akan bisa terealisasi,” ungkap Surya.

Apa yang dilakukan Surya dalam mengajak masyarakat disana untuk menekuni hobi, memang dilakukan dengan cara step by step. Pelan namun pasti. Karena sebuah hobi tidak bisa dicapai dengan instan dan tergesa-gesa. Sebuah butuh proses dan pemikiran yang matang, serta strategi yang tidak sampai membuat sisi lain menjadi korban.

Surya rutin ngajak masyarakat untuk menekuni hobi perkutut

Surya awalnya menyampaikan pada mereka bahwa untuk menekuni hobi perkutut memang tidak murah, tetapi mahal, namun bukan berarti tidak bisa dibeli. “Hobi perkutut itu memang mahal, tapi kalau kita serius, yang mahal itu akan menjadi murah. Itu ada caranya,” sambung Surya. Lebih lanjut disampaikan bahwa hobi perkutut adalah segala-galanya, namun bukan berarti mengesampingkan keluarga.

Surya memberikan solusi ketika akan menekuni hobi perkutut. “Awalnya kita beli yang murah dan terjangkau, dari sini kita kembangkan sehingga bisa menjadi lebih baik dan bisa menjadi jalan untuk membesarkan hobi,” kata Surya lagi. Menularkan ilmu seputar hobi perkutut, seakan menjadi agenda dan program Surya setiap kali menjumpai orang-orang baru.

Hobi perkutut kini sudah ditekuni masyarakat Barabai KalSel

Sampai akhirnya mereka sadar bahwa apa yang didapat, ternyata memiliki dampak terhadap kehidupan mereka. Surya sadar bahwa ilmu tentang perkutut didapat dari mentor yang merupakan kung mania senior. “Saya dapat ilmu tentang perkutut dari pada senior seperti Pak Winardi Win’s, Koh Hery Leon, Pak Sutrisno RIG. Ada juga Pak Ajiz Gambut. Dari beliau-beliau inilah saya mendapatkan banyak ilmu, kemudian saya tularkan pada yang lain,” ujar Surya.

Kini Surya juga lagi mengembangkan trah-trah andal dari materi Win’s dan Sumo. “Cita-cita saya dengan kandang ternak yang disupport oleh Pak Winardi Win’s dan mas Agus Anjar Sumo, bisa mencetak perkutut dengan kualitas 3 warna hitam, aamiin,” harap Surya.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.