Connect with us

Perkutut

Ababil Bird Farm Sampang, Produknya Terus Diburu Kung Mania, Kabar Terbaru Sunardi King Pamekasan Boyong Trah Jawara

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Nama besar Ababil Bird Farm sebagai salah satu peternak asal Sampang yang sukses mencetak produk unggulan. Beberapa nama popular perkutut bergelang Ababil berhasil menembus urutan kejuaraan dalam konkurs, baik lokal, regional ataupun nasional. Sebut saja Ratu Bilqis, Aura Agung, Idola Agung, Wiro Sableng, Anak Manja dan nama lainnya.

Sunardi King Pamekasan (kanan) boyong produk unggulan trah jawara Ababil Sampang

Prestasi inilah yang membuat Ababil masih menjadi jujukan kung mania. Tidak sedikit dari mereka yang sudah sampai markas Ababil di Sampang demi mendapatkan apa yang dicari selama ini. Selain produk untuk kelas konkurs, mereka juga membawa pulang perkutut dengan kualitas untuk materi kandang.

Advertisement

“Tidak semua rekan-rekan cari perkutut ke Ababil untuk lomba. Ada juga yang mau dibuat indukan,” terang H.Abd.Aziz. Bagi mereka yang memboyong produk untuk kelas lomba, biasanya digunakan untuk mengorbitkan namanya karena reputasi perkutut bergelang Ababil yang sudah terbukti banyak melahirkan jawara.

Begitu juga mereka yang membawa materi indukan, dipakai untuk pengembangan kandang ternaknya.“Macam-macam tujuan mereka datang ke sini, ada yang cari untuk dilomba dan tidak sedikit yang mau dipakai untuk mengembangkan materi indukan ternaknya,” ungkap H.Abd.Aziz.

H.Abd,Azizi (kanan) pemilik Ababil Bird farm Sampang

Dan hampir setiap saat, markas Ababil Bird Farm tidak sepi dikunjungi kung mania, baik yang berasal dari Sampang ataupun luar kota. “Alhamdulillah produk Ababil sudah dikenal tidak hanya di Sampang saja, tetapi hingga ke luar kota dan luar pulau,” sambung pemegang dan pembimbing jamaah haji Travel Tour & Umroh PT Zahra Ibada Umat (ZIU).

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, Ababil Bird Farm kedatangan Sunardi King Bird Farm Pamekasan. Saat berada disana, ada suara indah yang diperdengarkan oleh indukan jantan dari kandang Ababil K.6 (Song Sang 708). “Saya dengar indukan jantan kandang K.6 bagus, makanya saya berani ambil anaknya,” terang Sunardi.

Saat ini indukan jantan Song Sang 708 tersebut dipasangkan dengan TL 666. Menurut H.Abd.Aziz, sebelumnya betina TL 666 pernah dipasangkan dengan indukan jantan Padma, menghasilkan produk unggulan, salah satunya Anak Manja dengan gelang Ababil 99. Prestasinya berhasil menembus urutan 3 LPM di Kelas Dewasa Senior.

Bukti transaksi yang dilakukan Sunardi King Pamekasan dan H.Abd.Aziz Ababil Sampang

Prestasi lainnya adalah juara 3 Piala Raja Yogya di Kelas Yunior, juara 2 LP-Jatim Tuban Kelas Dewasa Yunior. Bahkan saat diikutkan dalam LPI di Bali beberapa tahun lalu, pernah menyabet uruatan 3 Kelas Piyik Senior. Kenyataan itulah yang membuat Sunardi merasa yakin untuk mengambil hasil ternak Ababil.

Alasan lain adalah bahwa selama ini trah Ababil yang melekat kuat dari farm ini menjadi faktor Sunardi yakin untuk memboyong produk tersebut. Idola Agung misalnya, satu diantara produk unggulan Ababil, prestasinya pernah meraih juara 4 LPI Bogor minggu kemarin. Turun di kelas Dewasa Yunior, Idola Agung menempati nomor kerekan 216.

Raihan bendera yang berhasil didapat adalah babak 1 dapat bendera tiga warna usulan, babak 2 bendera tiga warna hitam, babak 3 dapapt bendera dua warna kareng kurang bunyi dan babak 4 bendera tiga warna hitam. Bahkan indukan betina kandang Ababil K,6 (TL 666) pada gelaran yang sama meraih juara 10 Piyik Senior.

Dengan raihan bendera babak 1 dapat tiga warna, babak 2 dapat tiga warna, babak 3 dapat tiga warna dan babak 4 tidak bunyi. Prestasi inilah yang akhirnya membuat Sunardi merasa yakin untuk membawa beberapa produk Ababil. 2 ekor betina dan 1 ekor jantan menjadi transaksi awal.

Kandang Ababil Sampang, penghasil produk unggulan

Kemudian berlanjut dengan membawa serta ponakan Sami Agung yang masih kental dengan trah Ababil K.6 “Pak Sunardi ambil produk Ababil untuk materi kandang, menurut pengakuannya untuk mengembangkan indukan ini di kandang ternak King Pamekasan. Mudah-mudahan bisa mengembangkan dan sukses serta berhasil,” harap H.Abd.Aziz.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Sunardi King Bird Farm Pamekasan, masih akan terus berlanjut untuk memburu produk Ababil. “Pak Sunardi King nampaknya masih ingin terus memburu produk Ababil seperti trah Wiro Sableng cucu dari K.13, ponakan Aura Agung yang sempat mengukir prestasi dalam gelaran di Pamekasan sebagai juara 1 Kelas Piyik Yunior trah Aura agung,” ungkap kung mania yang juga seorang Ustadz.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.