Connect with us

Puter Pelung

Latbernil Sabda Alam P4SI Bali: Duel Maut Jhon Key dan Auul, Garuda Melejit di Madya

KONBUR Tayang

:

pp
Jawara di kelas Utama

PERKUMPULAN Penggemar dan Pelestari Puter Seluruh Indonesia (P4SI) Pengurus Daerah Bali menutup tahun 2022 dengan menggelar Latbernil bertajuk ‘’Sabda Alam Suara Abadi’’ pada Minggu sore, 18 Desember 2022 di Gantangan Gunung Galunggung (3G) Ubung Denpasar Bali. Latbernil yang digelar dalam rangka HUT ke-2 PPPPSI Bali ditandai pemotongan tumpeng secara sederhana.

pp
Rayakan HUT ke-2 P4SI Bali.

Hadir pada acara tersebut Ketua P4SI Bali Made Tendha beserta pengurus P4SI Bali, para sesepuh puter pelung seperti Komang Prancis, Hariyanto, Rais Sugiyanto, Imam H, Kang Black, Mangku Ardika, Made Suta, Ketut Wijana, Md Dirga, Gustu Amuba, Herper, Suripto, Widi, dua juri Agung Adiputra dan Gde Yudana dan lain-lain. Mereka hadir penuh suka cita menyanyikan lagu ‘’Selamat Ulang Tahun’’ sebagai wujud syukur P4SI Bali yang telah berusia dua tahun di kepengurusan P4SI Bali di bawah komando Made Tendha bersama para pengurus dan dukungan seluruh puter pelung mania Bali.

Sejak P4SI Bali dibentuk hingga Minggu, 18 Desember 2022 sudah banyak program kerja dilaksanakan. Mulai dari aksi sosial ke beberapa panti asuhan, menggelar lomba secara rutin setiap bulan, ikut bersama berlomba keluar daerah Bali seperti ke Lombok, mengikuti rakernas P4SI dan mendorong peternak-peternak puter pelung tumbuh di Bali melalui support materi dari P4SI Pusat. ‘’Hasil kerja bersama yang selalu mengedepankan guyub rukun ini patut disyukuri hari ini dan berharap ke depan P4SI Bali lebih baik lagi,’’ ujar Ketua Pengda P4SI Bali Made Tendha.

Jawara di kelas Madya.

Sebagai penghormatan, potongan tumpeng pertama diserahkan kepada Kang Black, peserta terjauh dari Jembrana dan dilanjutkan tumpeng kedua diserahkan kepada Komang Prancis yang salah satu gaconya Jhon Key sukses memetik kemenangan di kelas utama.

Pada kesempatan itu, Made Tendha mengucapkan terimakasih kepada seluruh puter pelung mania yang sudah memberikan dukungan atas terselenggaranya Latbernil Sabda Alam  sekaligus dirangkaikan HUT ke-2 P4SI Bali ini. Sederet sumbangan datang dari Imam Hariadi, Anang AMG, PU BF, Amuba BF, UD Sanjaya, TA BF, Herper BF, MDK BF, Swam BF, GNS BF, DS BF, Ketut Wijana, XPDC BF, Wiana BF dan lain-lain sehingga penyelenggaran Latbernil Sabda Alam berlangsung meriah.

pp
Jawara di Kelas BOB

‘’Kami juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam penyelenggaraan latbernil ini ada hal-hal yang kurang berkenan,’’ ujar Tendha.

Di balik canda ria HUT ke-2 P4SI Bali, para PP mania demikian tegang ketika berlangsungnya dari babak ke babak kelas Utama dan Madya dan puncaknya di kelas BOB.

Doorprize kompor gas diraih Imam Hariadi.

Diawali babak pertama kelas utama, Jhon Key milik Komang Prancis yang digantang di nomor 02 pelan-pelan tapi pasti meraih nilai lima warna. Nilai yang sama juga disabet Auul milik Kang Black yang berada di nomor 29. Namun di babak kedua, tercatat 7 kontestan berhasil meraih nilai lima warna. Sedangkan di babak ketiga tersisa lima gaco meraih lima warna termasuk Jhon Key dan Auul yang tampil stabil.

Kang Black terima potongan tumpeng dari Ketua Pengda P4SI Bali.

Di babak keempat menjadi babak penentu untuk menduduki posisi puncak antara duel Jhon Key dan Auul. Kali ini sebanyak 6 gaco berhasil meraih nilai lima warna. Tapi dari perhitungan dewan juri, John Key menempati posisi puncak disusul Auul sebagai runner up.

Komang Prancis terima tumpeng dari Ketua Pengda P4SI Bali.

Di kelas Madya, Garuda milik Ketut Wijaya tak terbendung naik podium utama. Garuda merupakan kontestan satu-satunya yang berhasil meraih nilai lima warna di kelas Madya. Garuda sempat meraup nilai 4 warna di babak pertama tetapi tiga babak berikutnya Garuda melesat dengan nilai lima warna setelah menunjukkan anggungannya yang super mewah. Di posisi kedua disabet Jason lanjut Heri dan Lubdhaka yang sama-sama mengantongi nilai 4 warna di empat babak yang diikutinya.

Setelah empat babak berlangsung, panitia melanjutkan kelas BOB yang diikuti oleh 5 terbaik utama dan madya. Namun ada dua tambahan peserta karena ingin menjajal jagoannya di kelas BOB yang setiap babak diberi tempo waktu 15 menit.

Komang Prancis, Rais Sugiyanto dan Mangku siap ramaikan PP 2023.

Sejak babak pertama berlangsung ketegangan mulai terasa. Empat gaco tercatat meraih bendera lima warna yakni Jhon Key, Auul, Lembu Sura, dan gantangan 12 milik Made Suta. Di tengah suasana tenang di senja hari itu, suara puter begitu jelas terdengar. Auul yang begitu tenang langsung memanggung. Begitu juga Jhon Key mengikutinya dengan anggungannya yang juga ciamik. Dua gaco ini pun sama-sama meraih lima warna.

Panitia bersama dewan juri begitu tulus bekerja demi PP Bali semakin ramai.

Di babak ketiga Auul dan Jhon Key kembali duel. Silih berganti bendera ditancapkan dan akhirnya keduanya meraih nilai lima warna. Di babak ketiga ini lembu Sura juga tampil apik dan meraih nilai lima warna setelah Hariyanto sang pemilik memutar haluan dari sisi barat gantangan memperhatikan kandidatnya berbunyi. “Angel angel, memang berat main puter pelung,‘‘ gumam Hariyanto yang sengaja transfer PP dari Jawa untuk bermain di HUT ke-2 P4SI Bali ini.

Suasana kelas BOB menegangkan, hingga Hariyanto mondar-mandir karena Lembu Sura tak mau bunyi.

Hari semakin malam di tengah dedalu yang mulai ramai mendekati lampu penerangan, Auul kembali unjuk kebolehan dengan nilai lima warna. Kali ini Copet milik Imam tampil nancep sehingga juri memberikan nilai lima warna sedangkan Jhon Key hanya bertahan di empat warna karena enggan memanggung. ‘‘Keren..keren lomba hari ini, bikin degdegan juga, setelah finish terdepan di Utama akhirnya disalip di tikungan BOB,‘‘ ucap Komang Prancis bergurau mencairkan suasana.

Dengan pertarungan empat babak penuh ini, Auul berhak menyandang peringkat pertama BOB disusul Jhon Key di posisi runner up. Latbernil diakhiri undian doorprize, burung lelangan dan penyerahan trofi kejuaraan. (gde)

PP mania santap sore hanya nasi jenggo.
Para kontestan yang berhasil masuk 10 terbaik.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.