Connect with us

Derkuku

Latbernil Pengda PPDSI Bali, Pangeran Tak Tergoyahkan, Doraemon Unggul di Pemula

KONBUR Tayang

:

derkuku
Para jawara di kelas Pemula. Doraemon bertengger di puncak.

JELANG tutup tahun 2022, Persatuan Pelestari Derkuku Seluruh Indonesia (PPDSI) Pengda Bali kembali menggelar latihan bersama dinilai (Latbernil) yang diselenggarakan Minggu, 20 November 2022 di Lapangan TA Denpasar.  

Latihan tutup tahun ini dihadiri para penggemar derkuku di Bali diantaranya hadir Ketua Pengda PPDSI Bali Hariyanto, Ketua Bidang Penjurian Suripto, Bidang Lomba Rais Sugianto, Bendahara H Anang AMG, Komang Prancis, Ardhana, Wayan Suka, Made Tendha, IB Wirawan, Nyoman Sudiana, Mangku Ardika, Tim Racun Barat, Jefri Bayemi, Made Dirga, AA Wiranata, Risky dll.

derkuku
Jawara di kelas bebas, Pangeran duduki posisi puncak.

Ketua Pengda PPDSI Bali Hariyanto mengungkapkan Latbernil hari ini kemungkinan besar latber terakhir tahun 2022. Karena bulan depan sudah memasuki hari raya besar. Namun tidak menutup kemungkinan menggelar latihan-latihan bersama sebagai pemanasan memasuki musim lomba tahun 2023. “Recananya teman-teman kepingin latihan di markas Rimba BF pada 25 Desember mendatang sekaligus ikut merayakan Hari Raya Natal 2022,‘‘ ujar Hariyanto yang diamini Komang Prancis yang siap menjamu deku mania.

Pada kesempatan itu, Hariyanto menyampaikan terimakasih kepada seluruh penggemar derkuku yang sudah berkesempatan hadir di ajang Latbernil Pengda PPDSI Bali. “Kami juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam penyelenggaraan Latbernil ini ada hal-hal yang kurang berkenan,‘‘ ujar Hariyanto.

Para gelaran di pengujung tahun 2022 ini, Pangeran milik H Anang AMG kembali mempertahankan posisinya di kelas dewasa bebas sebagai juara pertama setelah tampil konsisten dari babak pertama hingga babak keempat berakhir. Pangeran bergelang AMG BF ini stabil menorehkan nilai lima warna.

anang
Pangeran kokoh di puncak sepanjang 2022.

Di posisi kedua disabet oleh Maharaja yang merupakan cucu dari Pangeran  yang juga bergelang AMG BF. Maharaja mengantongi tiga kali meraih nilai lima warna dan hanya di babak pertama mendapat 4 warna.

Singo Barong milik Hariyanto yang sempat sebagai runner up di laga sebelumnya, hari ini hanya sempat dua kali menyabet lima warna di babak kedua dan ketiga sisanya hanya empat warna. Singo Barong justru duel dengan Singo Edan milik Rais yang juga sama-sama mengantongi lima warna dua babak.

Gaco yang juga sempat meraih lima warna yakni Bruce Lee milik Ardhana dan Amuba debutan Komang Prancis. Bahkan Agung Adiputra, salah satu juri yang bertugas mengungkapkan ada gaco di kelas bebas ini yang bisa menjadi burung masa depan karena kualitasnya bagus walau hanya bunyi satu babak.

Doraemon moncer di Pemula.

Di kelas Pemula, Doraemon milik Ardhana bergelang Wiana BF sukses memetik kemenangan setelah bersaing ketat dengan Delon milik Nang Dela dan Galaxy debutan Jefri Bayemi. Ketiga gaco ini sama-sama memetik 4 warna di empat babak yang diikuti. Namun juri memutuskan Doraemon berhak menyandang juara pertama dengan beberapa pertimbangan nilai plus dari kualitas suaranya.

Meski demikian, beberapa gaco lainnya juga rata-rata memiliki kualitas empat warna seperti Lubdaka, Jimbaro  dan Sanjaya yang mengantongi tiga kali empat warna, Indra Belaka dan Kedewatan dua kali meraih 4 warna dan Kologeni dan Jimbar sama -sama mengantongi satu kali empat warna.

Hadiah doorprize utama didapat salah satu penggemar derkuku yang diserahkan Ketua PPDSI Bali Hariyanto..

“Biasanya hujan, hari ini malah panas terik bikin burung gak mau maksimal bunyi,‘‘ terang Suripto yang salah satu gacoannya Panglima hanya bertengger di posisi kedelapan. Namun Ketua Bidang Penjurian PPDSI Bali ini tetap semangat untuk hadir ke lapangan. Karena lomba tak semata mengejar trofi, tetapi lebih dari itu bisa menikmati proses perjalanan dari ternak, merawat hingga mengantar ke lapangan dan tentunya bisa bersilaturahmi sesama rekan sehobi. “Itu cukup membahagiakan dan soal juara itu adalah bonus yang patut disyukuri,‘‘ ujarnya.  (gde)

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.