Connect with us

Ayam Bekisar

Omajago Gresik, Cari Ayam Bekisar Berkualitas dan Bergaransi, Disini Tempatnya

KONBUR Tayang

:

Kebutuhan akan ayam bekisar kelas kontes, sampai saat ini masih tetap terjadi. Perburuan yang dilakukan oleh mania untuk bisa mendapatkan ayam bekisar sesuai kualitas, tidak bisa dicegah lagi. Ketika informasi adanya ayam bekisar dengan kualifikasi bagus muncul, maka tidak butuh waktu lama, lokasi yang dimaksud akan dengan cepat menjadi target.

Ian, pemilik Omajago Gresik peternak ayam bekisar berkualitas

Para pemburu, akan langsung menuju titik dimana ayam bekisar tersebut berada. Kenyataan ini menjadi sebuah pemandangan yang selalu bisa kita lihat. Ayam bekisar dengan kualifikasi kontes, menjadi barang langka yang tetap menjadi perburuan pada penggila lomba. Terlebih lagi dengan kondisi yang tidak imbang.

Antara kebutuhan dengan stok ayam bekisar, ternyata sangat timpang. Jumlah kebutuhan masih sangat besar, sementara stok yang ada, tidak sebanding dengan angka yang dibutuhkan. Salah satu factor yang menyebabkan adalah bahwa untuk bisa mencetak ayam bekisar bagus, bukanlah pekerjaan mudah dan gampang.

Ian (tengah), sukses mencetak ayam bekisar kelas kontes

Namun demikian, bukan pula bahwa untuk bisa menghasilkan produk yang selama ini dicari, adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan. Omajago, peternak ayam bekisar di Gresik, bisa menjadi referensi bagi penggemar dan penggila ayam bekisar. Kenapa demikian, banyak alasan yang bisa dijadikan faktor penentu.

Pertama, metode breeding yang diterapkan selama ini berbeda dengan peternak lain. “Saya melakukan teknik breeding, tidak sama dengan peternak lain, semisal gebyah uyah (campur aduk) dalam memilih indukan. Saya benar-benar memperhatikan kualitas indukan yang akan dipakai,” terang Ian, pemilik Omajago.

Pemacek (ayam hutan) yang sudah breusia sekitar 8 tahun

Lebih lanjut disampaikan bahwa jika peternak lain lebih memilih dan menghasilkan banyak produk (kuantitas), namun tidak dengan apa yang dilakukan Ian. Kualitas merupakan tujuan dari apa yang dilakukan. Tidak perlu banyak mencetak produk, jika hasilnya juga kurang sesuai dengan harapan.

Setiap indukan yang akan dipakai, melalui seleksi ketat. Tidak semua indukan bisa masuk dan dipilih. Pemilihan indukan dilakukan dengan uji hasil atau kualitas. Awalnya calon indukan diternak, jika hasil dari anakan ternyata kurang bagus, maka tidak perlu menunggu waktu lama, maka calon indukan tersebut dianggap gagal.

Ayam buras, asal usul indukan betina yang digunakan sebagai babon

Dengan demikian, maka calon indukan tadi disingkirkan dari lokasi dengan cara dibuang atau dipotong. Untuk indukan betina, Omajago awalnya menggunakan betina ayam buras yang dikembangkan atau disilangkan guna mendapatkan calon indukan betina. Proses silangan ini memang membutuhkan proses atau waktu.

Meski bisa dikatakan lama, namun hasil yang didapat memberikan manfaat yang sesuai dengan harapan. Setiap tahun, Ian mengaku selalu melakukan metode ini untuk mendapatkan calon indukan baru, sehingga nantinya tidak sampai kehabisan stok. Tidak heran jika dilokasi ternak Omajago memiliki stok indukan dalam jumlah banyak, sampai ratusan ekor.

Ayam bekisar blorok, kini banyak jadi buruan para mania

Semua sudah melalui proses seleksi dan dinyatakan lulus uji. “Metode breeding yang saya lakukan yakni line breed yang banyak digunkan pada ternak perkutut,” ungkap Ian. Sebaliknya untuk indukan jantan (pemacek), Omajago Gresik hanya mengandalkan 1 ekor ayam hutan.

“Awalnya saya punya banyak ayam hutan, setelah melalui proses seleksi, ternyata yang layak untuk dipakai hanya 1 ekor, makanya sampai saat ini saya pakai terus, kalau tidak salah usianya sudah mencapai 8 tahun, namun sampai saat ini masih tetap produksi tanpa mengalami masalah,” sambung Ian lagi.

produk ternak bekisar Omajago Gresik, siap dilepas

Diakui bahwa selama ini, tidak ada calon indukan baik jantan (pemacek) ataupun betina (babon) yang bisa masuk seenaknya. Saat ini Omajago sudah tidak pernah memasukkan calon indukan baru dengan alasan, karena sudah memiliki indukan yang terbukti mampu menghasilkan anakan bagus/

“Sampai saat ini masih ada yang menawari calon indukan, baik ayam hutan ataupun babon. Meski menurut mereka bagus, tapi saya sudah tidak mau menambah indukan lagi karena indukan yang ada, saya rasa sudah tidak perlu mengalami penambahan. Kalaupun ada, saya dapatkan dari hasil pengembangan sendiri,” ungkap Ian lagi.

Ayam bekisar ekor panjang, produk Omajago Gresik

Kedua, kelebihan yang dimiliki Omajago jika dibandingkan dengan peternak lain adalah, babon yang digunakan. Menurut Ian, setiap calon pembeli bisa request jenis babon yang bisa dipakai. “Saya punya babon banyak, setiap babon memiliki jenis/tipe suara yang berbeda, namun tetap berkualitas bagus,” kata Ian lagi.

Beberapa indukan betina memiliki nama tersendiri, ada Rindu, Warkop, Sampokong, WK. ada juga beberapa ekor panjang buat penampilan serta Cemani kokok panjang. Selama ini setiap postingan yang disebar, Omajago selalu mencantumkan nama-nama babon yang dipakai, sehingga para pengikut/netizen pasti sudah paham.

Indukan betina hasil seleksi, kini siap mencetak bekisar unggulan

Nama-nama babon tersebut memang memiliki kualifikasi yang berbeda. Ada babon yang menghasilkan anakan sampai pada bandrol mahal diangka puluhan juta rupiah sampai dengan harga yang tidak sampai menguras kantong. Babon pencetak ayam bekisar ini sudah terbukti mampu menghasilkan anakan kelas kontes.

Ketiga, poin yang tidak kalah penting adalah garansi. Omajago Gresik selalu memberikan garansi bagi setiap produk yang dijual. Garansi yang dimaksud adalah uang kembali utuh 100 persen (tidak ada potongan satu rupiahpun) ketika produk yang dibeli, ternyata tidak sesuai dengan apa yang disampaikan.

Stok pakan dedak melimpah dan cukup buat waktu lama

Semisal ada pembeli yang mendapatkan produk dengan harga Rp 5 juta. Ketika ayam bekisar sudah terkirim ditempat tujuan dan ternyata tidak sesuai, maka uang bisa kembali 100 persen tanpa potongan. Atau juga saat membeli produk usia masih kecil, setelah dewasa dan kokok yang dihasilkan tidak sesuai alias koden, maka uang bisa kembali penuh.

Garansi diberikan dengan persyaratan yang harus diterapkan. Semisal saat membeli produk di usia satu minggu, maka Omajago memberikan tips perawatan dan perlakuan. Diharapkan pembeli mengikuti arahan dalam proses perkembangan produk tersebut. Dan jika ternyata masih tetap tidak sesuai, maka bisa kembali.

Ayam bekisar usia seminggu siap lepas ke pembeli

Garansi yang diberikan pada produk Omajago adalah bahwa ayam tidak masuk dalam kategori koden. “Garansi yang saya maksudkan disini adalah produk yang dibeli saat usia masih anakan, ketika sudah dewasa, ternyata masuk kategori koden (produk jelek), maka garansi itu berlaku,” sambung Ian lagi.

Garansi diberikan sebagai bentuk tanggungjawab Ian terhadap produk yang dihasilkannya dan kenyakinan bahwa produknya akan bisa membuat pembeli senang dan suka. “Saya melakukan berbagai bentuk eksperimen terhadap breeding ayam bekisar, makanya saya memberikan garansi karena saya yakin bahwa apa yang saya hasilkan, tidak akan membuat kecewa. Selama ini pembeli tidak ada yang complain akan kualitasnya,” jelas Ian mengakhiri obrolan.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.