Connect with us

Ternak

Om Aris Kin Kin BF Bogor: Prestasi Digantangan, Juga Sukses Cetak Lovebird dan Murai Batu Trah Juara

KONBUR Tayang

:

Aris Kin KIn BF Bogor
Om Aris kembangkan lovebird trah berdurasi ngekek panjang.

Nama Kin Kin Bird Farm dari Bogor awalnya lebih dikenal pencetak lovebird berdurasi dari trah indukan juara. Lebih dari 10 tahun Om Aris main di lapangan sekaligus sukses beternak jenis lovebird. Kini dia sukses menampilkan murai batu Morvhin  jawara yang sedang moncer  prestasinya, dan turut melejitkan namanya sebagai salah satu pemilik murai batu terbaik di Jabodetabek.

Mengawali hobinya diburung Om Aris memulai dengan beternak lovebird sekaligus sebagai pemain. Ketika itu banyak burung-burung unggulannya yang tampil ditangga juara, kemudian akhirnya burung-burung eks juara tersebut masuk kandang ternak untuk dikembangkannya hingga puluhan pasang.

Ternak murai batu, anakannya laris manis.

Dari kandang ternak ini dia banyak mencetak burung-burung lovebird hebat diatas gantangan. Nama-nama lovebird Semangka, Blueberry dan lainnya saat itu acapkali meraih gelar juara disetiap gelaran yang diikutinya.

Untuk lovebird Om Aris memang lebih dominan menamainya dengan menggunakan nama-nama buah-buahan. Sementara, untuk jenis murai batu dan jenis kicauan lainnya dia menggunakan ciri khas obat-obatan. Diantaranya ada Morvhin yang prestasinya saat ini sedang melejitkan namanya sebagai jawara murai batu terbaik. “Biar punya ciri khas, “ ujarnya.

Dimurai batu, selain Morvhin sebelumnya dia punya Amoxilin. “Sudah lama burung ini sold out alias sudah terjual kebetulan ada yang meminatinya. “Ya, sudah kali lepas, “ ungkapnya.

Thropi juara dari Lovebird dan Murai batu.

Kini selain ternak lovebird yang masih dijalaninya, Om Aris juga menangkarkan murai batu. Ada 2 pasang indukan yang sudah berproduksi, yang ditempakan dihalaman belakang kediamannya Perumahan Bumi Sentosa, Ciluar, Bogor.

Meski murai batu ternakannya ini baru tiga kali produksi anakannya laris manis. Boleh jadi, karena dia menggunakan materi indukan pejantan unggulan eks juara dilapangan, diantaranya bernama Panadol. Begitu juga materi indukan betinanya, hasil seleksi pilihan.

Bahkan dia tidak sempat menyimpan trotolannya hingga besar, karena baru dipanen sudah langsung dipesan rekan-rekannya. Anakannya dibanderol Rp 3 juta untuk seekor trotolan murai batunya.“Baru panen sampai trotolan langsung ada yang pesan, “ ungkapnya.

Selain ternakbeternak dan main dijenis lovebird serta murai batu dia juga sukses menampilkan jenis cucak hijau ketangga juara, diantaranya ada Bodrex dan dua gaco lain andalannya. Yang jelas, kini dimusim lomba tahun 2022 ini khusus dimurai batu dia tetap mengandalkan Morvhin sebagai gaco utamannya di lapangan.  *agrobur4.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.