Connect with us

Puter Pelung

Latber Ceria PPPPSI Bali, Kedepankan Semangat Kekeluargaan

KONBUR Tayang

:

CERIA
Semangat penggemar puter pelung di Bali. Tata kembali gelaran lomba puter pelung di Bali.

PERKUMPULAN Penggemar dan Pelestari Puter Seluruh Indonesia (P4SI) wilayah Bali pada Minggu, 16 Juni 2024 menggelar latber ceria di Gantangan Gunung Galunggung Ubung Denpasar. Seperti visi dan misi awal dibentuknya P4SI Bali yakni mengedepankan pada semangat kekeluargaan untuk mengembangkan dan melestarikan burung puter khususnya di Bali. Sebagai sebuah keluarga besar penggemar puter pelung, tentu semangat saling asah, saling asih dan saling asuh menjadi yang utama.

Sesuai dengan marwah P4SI Bali ini pula, belum lama ini para sesepuh puter pelung nasional menghibahkan tetasan-tetasan terbaiknya kepada P4SI Bali untuk dikembangkan oleh para penggemar puter pelung di Bali. Dengan tujuan para penggemar di Bali agar memiliki burung-burung berkualitas sehingga lomba atau latber menjadi semakin menarik. Hibah yang dicontohkan oleh sesepuh puter pelung nasional juga ditiru oleh para penggemar puter pelung di Bali. Sebut saja Ketua P4SI Bali Made Tendha begitu terbuka lebar untuk menghibahkan puter kepada rekan-rekan sehobi, juga Komang Prancis pemilik Rimba BF yang selalu mensupport burung lomba kepada penggemar puter atau derkuku. Tak ketinggalan Wayan Miasa dari OMG BF yang juga seringkali memberikan dukungan gaco-gaco kepada pemula. Tentunya juga dukungan material oleh para dedengkot perburungan Bali di antaranya Hariyanto pemilik TA BF, Rais Sugiyanto pemilik Sakti BF, dr. Ardhana pemilik Wiana BF, Agung Wiranata yang rela berpeluh-peluh ikut di kepanitiaan termasuk para juri yang setia menjaga sportivitas lomba dll yang tujuannya adalah agar perburungan khususnya penggemar puter pelung semakin ramai di Bali.

Kedepankan silaturahmi, bangun keceriaan.

Oleh karena itu, pada gelaran Latber Ceria P4SI Bali ini, para penggemar puter pelung Bali menyatukan diri untuk mengembalikan marwah organisasi sebagai pelestari dan perekat tali silaturahmi. Bahkan akan siap melawan jika ada orang yang berniat ingin mengeruk keuntungan pribadi di tengah semangat membangun organisasi puter pelung ini atau ingin merusak citra organisasi ini.

‘‘Kami sejak awal ada disini ingin secara bersama-sama membesarkan organisasi puter pelung di Bali. Kami tidak bisa berkata-kata atas kebaikan para sesepuh di Bali yang telah memberikan dukungan di setiap lomba baik doorprize, burung lelangan, baju kaos, ada yang berupa camilan dll agar panitia lomba tidak selalu rugi. Semangat ini tentunya kami harus pertanggungjawabkan. Dan karena itu, pada kesempatan ini kami bersama rekan-rekan ingin menata organisasi dan lomba puter pelung di Bali agar semakin berkualitas,‘‘ ujar Ketua PPPSI Bali Made Tendha.

Salju tampil sebagai runner up.

Atas perjuangan rekan-rekan puter pelung mania, Made Tendha mewakili organisasi mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya. Atas kepercayaan ini, pihaknya akan terus berbenah demi kemajuan puter pelung di Bali.

Petir tampil terdepan.

Selain menggelar latber ceria seperti hari ini, bulan depan P4SI Bali akan kembali menggelar latber. Untuk event bulan depan panitia akan membuka kelas pemula maksimal 4 warna. Pada pakem kelas ini, jika ada burung yang meraih nilai di atas 4 warna maka akan didiskualifikasi atau tidak masuk di daftar kejuaraan. Namun burung tersebut akan tetap dinilai untuk memberikan pemahaman kepada pemilik burung bahwa burung tersebut untuk di lomba berikutnya agar diturunkan di kelas madya atau utama.

‘’Kami membuka kelas khusus ini agar rekan-rekan yang memiliki gaco terbatas bisa ikut menurunkan burung sambil menikmati latihan bersama,’’ ujar Made Tendha.

ceria

Sementara pada latber ceria hari ini, Petir milik Rafa berhasil menduduki posisi puncak disusul Salju milik Bolang dan Megatron milik Made Tendha di tempat ketiga. Latihan berjalan lancar dan penuh kekeluargaan. (gde)

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.