Connect with us

Ternak

Breeder Murai Batu Ring Den Bagoes SF Surabaya: Up-Date Formasi Indukan Kandang, Demi Tingkatkan Kualitas Lapangan

KONBUR Tayang

:

Breeder Murai Batu ring Den Bagoes SF Surabaya
RING DEN BAGOES SF SURABAYA. Siap meramaikan kelas murai batu.

Nama Ring Den Bagoes SF, penangkar/peternak (breeder) jenis burung Murai Batu (MB) milik Mr.Dany Denbagoes Surabaya. Akhir-akhir ini mulai jadi perhatian Kicau Mania, khususnya bagi komunitas Murai Batu Indonesia.

Pasalnya, beberapa hasil tetasan dari beberapa kandangnya. Ternyata bukan hanya mampu bersaing dengan jawara-jawara Murai Batu papan atas. Tapi jago-jago muda produk asli ring Den Bagoes BF itu, juga mampu menuai prestasi juara. Meski menurutinya masih belum maksimal.

Mr. DENY DENBAGOES. Di depan kandang-kandangnya yang baru direnovasi.

Seperti Pasopati Jr, Ceklek Jr, Taruna Jr  dan Sadewo Jr. Dan perlu diketahui, semuanya itu adalah turunan dari trah-trah dari murai jawara lintas EO. Seperti Pasopati, Ceklek, Sadewo maupun Taruna yang sampai saat ini masih jadi pejantan handal di kandang Den Bagoes BF.

Menurut Mr.Dany Denbagoes, ia tak mengira kalau beberapa kandanganya itu bisa menetaskan burung-burung prestasi. Karena awalnya ia hanya coba-coba untuk belajar ternak murai batu. Dengan membangun kandang seadanya di rumahnya yang ada di Taman Jambangan Indah 2 Surabaya.

PEJANTAN TANGGUH. Siap mencetak anakan kualitas.

Namun setelah mengetahui hasil oplosan kandangnya, selain mampu meretas prestasi juara dan banyak diburu oleh Kicaumania. Kini ia mengaku lebih serius lagi, untuk mengembangkan ring Den Bagoes. Selain dengan merenovasi 10 petak kandangnya, kini ia juga meng up-date formasi materi indukannya.

PEJANTAN EKOR24-UP. Siap masuk kandang.

Beberapa koleksi indukan trah murai jawara, kini sudah siap untuk di croosbreeding. Baik dengan murai trah-trah hasil kebun sendiri, maupun dengan trah darah dari ring peternak luar. Dan ini ia lakukan, demi mendapat anakan murai yang lebih berkualitas dan lebih berprestasi lagi di lapangan nanti.

FORMASI INDUKAN. Sesuai dengan keinginan.

Dan untuk mendapat hasil anakan atau tetasan dari ring Den Bagoes yang sesuai harapannya. Mr.Dany terlihat sangat selektif, saat meramu formasi materi indukan isi kandang-kandangnya. Terutama trah-trah indukan murai dari peternak luar yang akan disilangkan dengan trah dari ring sendiri.

“Betul, persaingan kelas murai batu sekarang ini lebih berat dan berbobot. Jadi kita harus mempersiapkan jago yang kualitasnya lebih bagus lagi. Baik mental, irama lagu, volume gaya maupun durasi kerjanya. Kalau tidak, jago kita akan susah untuk bersaing,” tutur Mr. Dany.

Dari total 10 kandang, tambah Mr.Dany. Denbagoes, beberapa kandang sudah ada yang berpasangan. Seperti Kandang 1, jantan Taruna (jago lapangan) disilangkan dengan betina Drogba Jr (ring Den Bagoes). Lalu Kandang-2, jantan bisa Ceklek yang sekarang masih mabung dengan betina Kota Agung (ibu Pancasona).

PROSES PENJODOHAN. Harus sabar menunggu.

Lalu Kadang-3, jantanya burung dari luar, tapi sering prestasi yang pernah ditawar mahal dengan ekor 24 up, disilangkan dengan betina Maradona. Kemudian Kandang-4, jantan Pare yang disilangkan dengan betina Mahkota Agung. Dan Kandang-5, jantan Sukri burung muda hutan, disilangkan dengan adiknya Ceklek Jr.

Mr.DENY DENBAGOES. Saat mengecek proses penjodohan silangan baru.

Selanjutnya untuk Kandang 6, jantan Mojopahit disilangkan dengan betina ring Superman BF yang didapat dari Alex “Superman” Gresik. Kandang 7, jantan Sadewo (gaco lapangan) disilangkan dengan betina (saudara Eskotis) dari Erik pemilik murai jawara dengan nama Eksotis. Dan satu kandang khusus trah blorok dan satu kandang lagi masih proses penjodohan.

“Itulah beberapa formasi Kandang yang sudah terisi. Dan sengaja, hampir semua kandang di sini indukannya didominasi oleh anakan ring sendiri. Karena dengan trah sendiri kita sudah tau, kutitasnya seperti apa, saudara-saudara seperti apa. Jadi lebih enak dan lebih marem-ah,” tandas Mr.Dany.

Dan menurut Mr.Dany, kandang-kandang yang ditonjolkan bakal menetaskan anakan-anakan bagus. Yaitu anakan dari (Taruna X Drogba Jr), anakan  (Sadewo X betina saudara Eksotis) dan anakan dari  (Sukri X Adik Ceklek Jr).

SEPASANG INDUKAN TRAH JAWARA. Siap ditunggu generasi berikutnya.

“Ya itu prediksi dan harapan saya, mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan keinginan. Mencetak anakan yang punya kualitas di lapangan, mainnya nagen, volume tembus dan durasinya juga dapat. Karena terus terang, saya juga masih belajar dan terus belajar soal ternak,”  Sambung Mr.Dany.

Kemudian soal harga anakan ring Den Bagoes, Mr.Dany juga mengaku tidak bisa membandrol dengan harga tinggi. “Betul, apalagi yang ngambil teman sendiri. Paling ya mahal sekitar 3 sampai juta saja. Kecuali Pastol (lepas trotol) sudah prestasi juara, tentu harganya lain. Bisa sekitar 15 sampai 20 juta,” pungkas Mr.Dany saat ditemui di rumahnya.  *agrobur.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.