Connect with us

Perkutut

Yudi Bali BF: BK Masuk Kandang, Didominasi Trah Kaswari

KONBUR Tayang

:

de
YUDI BALI BF: Mr. Yudi (kanan) bersama sang mekanik Mr. Salman, siap meramaikan perkututan di Bali.

NAMA Mr. Yudi begitu santer terdengar ketika paruh Liga Perkutut Bali 2019. Di tengah membludaknya peserta hanging di setiap lomba, tiba-tiba Mr. Yudi muncul dengan seekor gaco bernama Bintang Kaswari (BK) yang sukses tiga kali berturut-turut moncer di posisi puncak kelas piyik hanging. Sejak itulah Mr. Yudi begitu bersemangat berburu gaco untuk menghadapi Liga Perkutut Bali. Ada beberapa debutan anyar di antaranya Sultan, Tuan Muda dll yang ancang-ancang diturunkan di LPB 2020. Namun sayang, pandemi Covid-19 telah mengubah rencananya untuk bisa bermain di lapangan.

Tapi begitulah yang namanya hobi. Terlebih lagi orangtuanya Mr. Yudi adalah juga penghobi perkutut  yang kini masih menyimpan puluhan gaco lawas era 1990-an. Tak ada lomba maka untuk mengisi kekosongan seluruh gaco-gaconya dimasukkan ke kandang.

Di lantai dua di Jalan A Yani No. 37 Kampung Jawa Denpasar Utara, Mr. Yudi yang dimekaniki Mr. Salman membangun 7 kandang permanen aluminium atau total 13 pasang indukan.

Sebagai kung mania yang belum genap setahun terjun ke arena lomba, Mr. Yudi banyak dibimbing oleh rekan-rekan dan kerabatnya di Kampung Jawa yang sudah lebih dulu bermain perkutut, di antaranya H Sugik, H Edy, H Achmad Tousan.  ‘’Bersyukur baru belajar berlomba sudah bisa membawa pulang trofi, bahkan tiga kali berturut-turut yang kini Bintang Kaswari (Kaswari K01) masuk di kandang K11 yang dipasangkan dengan Kaswari K06.

Mr. Yudi mengaku Yudi Bali BF saat ini masih didominasi materi dari tetasan Kaswari BF yang rata-rata menelorkan burung juara di lapangan. Seperti di Yudi K2 yang bermaterikan Kaswari K09 (Mahkota Raja) yang dipasangkan dengan Kaswari Dewi Sinta yang merupakan cucu dari Irama Agung sudah meretaskan anakan umur 2 bulanan dengan suara depan ngayun tengah triple dengan pukulan bertenaga tebal dan menaruh ujung sopan, dimana ketika akan keluar ujung tempo ketukan tengah diperlambat.

‘’Ketika Salman mencoba mengaploud di medsos banyak yang tertarik. Bahkan rekan di Kampung Jawa ada yang ingin minang dengan harga yang lumayan, tapi saya belum mau lepas. Ini anakan pertama kandang saya dan kebetulan suaranya saya suka dan kata teman bisa dipakai lomba,’’ terang Mr. Yudi yang siap menurunkan di piyik hanging latber Ber-TAPA New Normal, Minggu ini.

Mr. Yudi yang didampingi Salman menyampaikan dari 13 kandang Yudi Bali BF, hampir seluruhnya bermaterikan Kaswari BF. Di antaranya K1: Kaswari K02 (Anak Menangis) dengan Kaswari K01 yang merupakan adik dari Jenggot Naga yang kini bermukim di Madura yang sempat ditawar sampai ratusan juta.

Di K2: Kaswari K09 (Mahkota Raja) dengan Kaswari Dewi Sinta (cucu Irama Agung), K3: Putra Geger dengan Hannan, K4: Kaswari K03 (anak Tak Gendong yang merupakan cucu dari Irama Agung) dengan Hanny.

K5: Bermaterikan Heva dengan Kaswari K08. K6: Kaswari K03 dengan Kaswari K01. K7: Antara Kaswari K02 (anak Menangis ) dengan Kaswari K06, K8: antara Kaswari K09 (adik Mahkota Raja) dengan PBM (anak Putra Geger).

K9: Antara Kaswari K01 dengan Kaswari K66, K10: Antara Kaswari K12 dengan Kaswari K08, K11: Antara Kaswari K01 (Bintang Kaswari) dengan Kaswari K06, K12: Antara Kaswari K01 (Sultan) dengan Kaswari K02 (anak Menangis) dan K13: Antara Kaswari K01 (Tuan Muda) dengan Kaswari K12.

de
MR. SALMAN: Kawal Yudi Bali BF agar produktif dan hasilkan tetasan yang berkualitas.

Mr. Yudi mengakui bahwa anakan Kaswari K01 yang menurunkan Jenggot Naga dan Kaswari K02 yang juga menelorkan di antaranya Black Mamba, Bupati dll memang mendominasi materi kandang Yudi Bali BF. ‘’Sebagai pemula saya sederhana saja. Dari suara indukannya semuanya tipikal air suara berirama, depan ngayun, tengah banyak dan ujung panjang. Tinggal nanti kalau sudah mulai berproduksi saya akan suntik lagi dengan materi lain yang sekiranya bisa lebih mengangkat lagi kualitas suaranya,’’ ungkap Mr. Yudi  yang keseharian melayani jasa pengolahan bumbu untuk kebutuhan hotel, restoran termasuk rumah makan. (gde)

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.