Connect with us

Perkutut

Yosorati Cup Sumberbaru Jember, Lanjutan LAM Seri-7: Argentina, Satria Bergitar dan Dinar, Sukses Ungguli Pesaingnya

KONBUR Tayang

:

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
TIM JURI DAN PANITIA. Sukses mengawal gelaran Yosorati Cup 2020 Sumberbaru Jember.

Perburuan poin Liga Anak Manja (LAM) dan Diana FM putaran ke-7, kembali terjadi digelaran bertajuk “Yosorati Cup”. Dan tercatat hampir semua jawara-jawara perkutut terbaik yang ada wilayah timur Jawa Timur. Seperti Malang, Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. Tumplek blek di lapangan Kecamatan Sumberbaru, Jember, hari Minggu 23 Februari 2020 kemarin.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
KADES YOSORATI (TENGAH). Saat membuka acara didampingi H.Badri Kiri) dan tamu kehormatan H.Faisol JBM.

Adu kualitas anggung merdu dari masing-masing jawara perkutut yang dikerek di 5 blok gantangan (1 blok dewasa, 2 blok piyik yunior dan 2 blok piyik hanging). Selain jadi tontonan yang menarik, juga terjadi persaingan seru dan ketat antar jawara. Cuaca yang sangat cerah saat itu, seakan ikut mengiringi pertarungan seru para jawara untuk berburu poin maksimal.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
SUSANA PERSAINGAN DI KELAS DEWASA DAN PIYIK YUNIOR. Cukup ramai dan seru.

Dan pertarungan perburuan pun dimulai tepat pukul 08.00 WIB, itu setelah Kepala Desa Yosorati yang didampingi H.Badri selaku ketua panitia, selesai memberi sambutan dan sekaligus membuka acara tersebut. Dan begitu peluit dibunyikan oleh koordinator juri, arena pun berubah menjadi ramai. Baik oleh hingar bingar suara anggung jawara-jawara perkutut yang dikerek, maupun teriakkan para joki serta pemilik dari masing-masing jago berlaga.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
JOKI DAN PEMILIK. Fokus memperhatikan kerja jagonya.

Atmosfir persaingan di babak pertama pun langsung memanas, itu terlihat dari kejar mengejar nilai dari menit ke menit. Di kelas dewasa, tercatat ada 4 jago yang langsung tampil ngejoss dan jadi perhatian juri yang bertugas. Terlihat keempat jago tersebut saling mengungguli agar bisa mengamankan nilai tertinggi di babak ini.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
SUASANA LOMBA. Tetap kondusif.

Di kerekan 15 ada Krakatau milik KH.Muhaimin Besuki, lalu di kerekan 32 ada Dovi andalan Didik Afandi Krenjengan. Di kerekan 37 ada Raider milik Moh. Hidayat paiton dan di kerekan 38, ada Argentina milik Made Mindrajaja Bali yang dikawal langsung oleh tim Anak Manja Jember.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
SANTAI. Sambil mensupport jagonya.

Namun setelah keempatnya persaing ketat disepanjang babak pertama, akhirnya keempat pun sama-sama kuat dan mendapat koncer tiga warna (nilai 43½). Persaingan ketat pun terus berlanjut, tapi kali ini hanya 3 jago yang mampu mempertahankan kestabilan kerjanya hingga babak ke empat, yaitu Dovi, Raider dan Argentina.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
USAI 4 BABAK PENILAIAN. Tinggal menunggu hasil rekap.

Bahkan ketangguhan 3 jago tersebut betul-betul teruji sampai detik-detik babak ke empat berakhir. Terbukti, dari babak pertama sampai babak keempat, 3 jago tersebut mendapat nilai sama kuat, yaitu 43½ rata. Namun hanya keteria penilaian yang menentukan keunggulan dari ketiganya, yaitu suara depan, tengah dan ujung.

Dimana akhirnya, dewan dan perumus sepakat memilih Argentina sebagai terbaik pertama. Dan disusul kemudian oleh Dovi sebagai runner up, lalu Raider menampati posisi ke tiga. Sedangkan Krakatau yang hanya mampu mendapat nilai 43½, 43¼, 43¼, 43¼ harus puas menempati posisi ke empat.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
JUARA KELAS DEWASA. Argentina mampu melaju mulus.

Namun  pertarungan yang paling ramai, seru dan ketat terjadi di kelas piyik yunior atau kelas setegnah kerek. Pasalnya, banyak jago-jago muda masadepan yang punya kualitas mumpuni untuk bersaing. Seperti babak pertama, tercatat ada 6 jago anyar yang bersaing ketat untuk merebut nilai tertinggi.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
JUARA KELAS PIYIK YUNIOR. Satria Bergitar berhasil unggul.

Bahkan menjelang babak pertama kurang beberapa menit berakhir, ke enam  jago tersebut sudah sama-sama mendapat koncer tiga warna (nilai 43½). Yaitu Kerekan 61 ada nama Panglima NPD besutan Didik Afandi Krenjangan. Lalu kerekan 69 yang ternyata kandas saat memasuki babak berikutnya. Kemudian kerekan 80, ada Berlian Putih milik Dayat Malang. Kerekan 100 ada nama Kresna milik H.Gufron Tanggul.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
SATRIA BERGITAR. Usai diturunkan dari kerekan.

Lalu kerekan 102 ada nama Berlian Timur andalan Fathulloh Malang, kerekan 109 ada nama Satria Bergitar yang diusung oleh H.Faisol JBM Malang. Dan ada nama Burung Alas milik Didik S Kalisat Jember yang di kerekan 116. Tapi memasuki detik-detik terakhir, Satria Bergitar yang memang terlihat lebih ngotot, mampu mengunci babak pertama ini dengan mendapat koncer 3 warna hitam (nilai 43¾).

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
JUARA PIYIK HANGING. Milik Dinar.

Persaingan pun terus berlanjut ke babak kedua, dan diakhir babak ini tercatat ada 11 burung yang mendapat koncer 3 warna. Memasuki babak ke tiga, persaingan semakin panas dan ketat untuk merebut nilai tetinggi. Dan dibabak ini, ada 3 burung yang sama-sama mendapat koncer  3 warna hitam, yaitu Panglima NPD, Berlian Timur dan Satria Bergitar.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
ZAINURI (KIRI). Sukses mengawal Dinar merebut juara 1 piyik hanging.

Namun dibabak penentuan yaitu babak terkahir, Panglima NPD dan Bintang Timur yang berusaha keras untuk bisa mengimbangi perolehan nilai yang sudah didapat oleh Satria Bergitar seperti di babak pertama yaitu nilai 43¾. Akhirnya keduanya harus puas, setelah hanya mampu mendapat koncer dua warna hitam (nilai 43¼ ) saja.

Dengan begitu, Satria Bergitar yang di dua babak unggul dengan koncer 3 warna hitam, akhirnya sukses merebut podium pertama. Sedangkan Panglima NPD yang sebetulnya masih saudara dengan Satria Bergitar. Karena sama-sama lahir dari kandang BN (Benny) BF, harus puas sebagai runner up. Lalu disusul kemudian oleh duet Berlian Timur dan Berlian Putih.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
DOORPRIZE MOTOR. Berhasil diboyong oleh kungmania Kraksaan.

Sedangkan untuk kelas piyik hanging. Nama Dinar milik Zainuri Probolinggo yang pekan kemarin juga sukses meraih tempat terhormat di latber Pesona Mastrip Probolinggo. Kali ini, jago muda begelang Seroja itu juga sukses menjadi yang terbaik pertama. Setelah di dua babak terakhir yaitu babak tiga dan empat, berhasil unggul dengan nilai 43½.

“Alhamdulillah, meski di dua babak awal Dinar kurang kerja dan hanya mendapat nilai 43¼ saja. Namun di dua babak terakhir, Dinar mampu menunjukkan performa terbaiknya dan kembali bisa membawa pulang tropy juara 1. Ya mudah-mudahan kedepan bisa lebih bagus dan stabil lagi kerjanya,” tutur Zainuri owner dari Pattimura BF.

Yosorati Cup Liga Anak Manja Jember
TIM PANITIA. Sukses mengemas gelaran Yosorati Cup 2020 dengan lancar.

Dan di kesempatan terakhir, H.Badri selaku ketua panitia sekaligus sebagai penanggung jawab acara. Mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kehadiran kungmania. “Betul hanya itu yang bisa saya sampaikan. Dan tak lupa, saya atasnama panitia juga mohon ma’af, bila masih ada kekurangan. Selamat jalan teman-teman semua semoga selamat sampai di rumah,” pungkas H.Badri usai menyerahkan doorprize sepeda motor kepada yang beruntung. *agrobur2.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.