Connect with us

Perkutut

Yono “Sae Star BF” Paiton-Probolinggo: Resmikan Home Base Barunya

KONBUR Tayang

:

SAE STAR BF Problinggo
SAE STAR BF PAITON-PROBOLINGGO. Yono bersama Istri dan putri tercintanya.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Tahun 2017, adalah awal Yono Paiton memulai hobi barunya, yaitu burung perkutut. Dan dari sinilah keinginan Yono untuk bisa aktif berbaur bersama komunitas perkutut (kung mania) tanah air dimulai. Baik berbaur bersama kung mania di arisan, di latber maupun di lomba-lomba besar burung perkutut.

Dan yang membuat Yono makin semangat untuk menekuni hobi burung klangenan (perkutut). Bukan hanya karena ia mendapat support dari sesama penghobi perkutut yang ada di wilayah Probolinggo dan sekitarnya saja. Tapi sang istri tercinta, selain mendukung penuh keinginannya. Ternyata sang istri, juga ikut eksis di dalam hobi perkutut tersebut.

SYUKURAN PINDAH HOME BASE. Hanya dihadiri oleh beberapa kung mania dan juri saja.

Bak gayung bersambut, untuk mendukung eksistensi di hobi tersebut. Yono dengan seijin sang istri, mulai berburu perkutut kelas lomba. Dan tak butuh waktu lama, beberapa ekor perkutut kualitas pun mulai dikoleksinya.

“Ya Alhamdulillah, berkat dukungan penuh sang istri serta bantuan teman-teman di sini. Saya mulai mengoleksi beberapa ekor perkutut kualitas dari peternak-peternak Probolinggo. Dan sinilah saya bersama istri, mulai eksis hadir di latber-latber seputaran wilayah Probolinggo,” cerita Yono.

Dan seiring dengan berjalannya waktu, jago-jago perkutut lomba koleksi Yono pun makin bertambah. Begitu pula dengan level lomba yang di hadiri Yono bersama istrinya, juga semakin melebar. Yang semula hanya di seputaran Probolinggo, kini setiap ada lomba besar di luar kota. Pasangan suami istri ini nyaris tak pernah absen dan selalu hadir.

REGISTER P3SI. Jadi bukti kelegalan farm SAE STAR.

Bahkan ketika Yono tidak bisa hadir karena kesibukan kerjanya di luar pulau. Sang istri tercinta inilah yang tetap menjalankan eksistensinya hadir di lomba bersama putra putrinya serta kru. Dan seringnya sang istri hadir di lomba dalam dan luar kota. Menjadikan nama Ny.Yono, lebih dikenal oleh kung mania Jawa Timur.

Bahkan dialah satu-satunya “Srikandi Perkutut” di Jawa Timur yang selalu eksis hadir di lomba-lomba. “Betul, karena istri yang memang paling sering turun ke lomba-lomba dengan ditemani putra atau putri saya dan bersama sopir. Tapi tetap dengan seijin saya,” tutur Yono.

Sambil menyelam minum air serta selalu berusaha dan terus belajar. Itulah prinsip yang dipegang oleh Yono, ketika ia mulai pertama melakoni hobi perkutut. Artinya saat ia aktif berbaur bersama kung mania senior, baik itu juri, pemain maupun peternak. Ia selalu menimba ilmu dengan sering bertanya dan belajar soal perkutut, kepada para seniornya tersebut. Mulai dari bagaimana memoles atau merawat perkutut agar bisa kerja saat turun lomba. Sampai bagaimana cara beternak yang baik dan berhasil.

SAE STAR BF. Akan tetap eksis turun di lomba.

Dan selama kurun waktu kurang lebih 2 tahun, tepatnya akhir tahun 2018. Yono pun membangun kandang ternak, dengan nama SAE STAR BF, nomor Register : 2405/P3SI/2018. Di rumahnya, Perum Sukodadi Indah Residen, Blok F.12, Sukodadi, Paiton, Probolinggo. Jumlahnya pun hanya 6 petak kandang saja, menyesuaikan tempatnya yang memang terbatas.

“Betul, itu saya lakukan berkat bimbingan dan dukungan dari para senior. Seperti pak Hardiyo (Arum BF), abah Kholil (Ulya BF), pak Zainuri (Pattimura BF), abah Sholehudin (Sofa Antique), mas Didik (NPD BF), mas Dhanang (Artoda BF) dan juga petunjuk dari mas Joni (jurnas). Serta soal merawat perkutut dari H.Si Doel SDL BF Surabaya,” terang Yono.

KANDANG BARU SAE STAR. Tertata indah dan rapi.

Dan meterinya kadangnya menurut Yono, banyak diisi dari peternak-peternak lokal Probolinggo. Serta koleksi beberapa jago kualitas dari peternak papan atas, yang ia buat main selama itu. Dan berkat ketekunan dan usaha Yono bersama istri saat fokus mengelola farm SAE STAR. Hasilnya pun tak mengecewakan, karena ada beberapa kandangnya yang mengeluarkan burung kualitas lomba.

“Alhamdulillah, dari Kandang 01, muncul nama Unyil yang sering masuk nominasi lomba. Ada Kardiman yang sekarang dipegang H.Si Doel Surabaya, juga sudah prestasi di lomba dan Patricia. Lalu dari Kandang 02, lahir Ketap Ketip dan dari Kandang 03, lahir Bule. Dan Alhamdulillah, semua burung yang moncer tersebut, sudah mengalir basic dari ring SAE STAR BF,” tambah Yono.

KONSEP MINIMALIS. Membuat suasana jadi nyaman.

Namun seiring dengan perjalan waktu, SAE STAR BF pun terus berkembang pesat. Tapi berhubung tempatnya yang memang sangat terbatas dan tidak mungkin untuk menambah kandang lagi. Akhirnya Yono menitipkan beberapa pasang materi indukannya, ke temannya sesama peternak.

Dan untuk mengantispasi SAE STAR BF yang terus berkembang. Mulai awal tahun 2021, Yono rela menyulap rumah yang lama tidak ditemapti. Manjadi home base baru bagi SAE STAR BF. Dimana di home base baru itu, dibangun 21 petak kandang yang konsep penataannya ia rencanakan sendiri.

“Ya untuk konsep penataan kandang  saya yang bikin, karena memang tempatnya tidak terlalu luas. Tapi untuk pembuatan kandang-kandangnya, mas Dhanang Artoda BF yang ngerjakan. Dan Alhamdullilah sesuai rencana, awal bulan ini sudah rampung semua. Semua kandangnya juga sudah ada isinya, tinggal mencari hari untuk acara syukuran pindahan saja,” tambah Yono lagi.

KUNG MANIA YANG HADIR. Saat selfi di depan kandang.

Dan hari Selasa, 15 Juni 2021 lalu, adalah hari yang sangat membahagiakan bagi Yono bersama keluarga. Pasalnya sore sekitar pukul 03.00 WIB, SAE STAR Bird Farm (BF) resmi pindah di home base barunya, yaitu di Jalan Pakuniran Gg. CIA no. 423, Sukodadi, Paiton, Probolinggo.

“Terima kasih kepada kung mania dan beberapa teman-teman juri yang sudah hadir, ikut mendo’akan pindahan hom base SAR STAR BF. Dan saya bersama keluarga mohon maaf kepada kung mania lainnya yang tidak sempat kami undang. Karena terus terang acara ini boleh dibilang mendadak. Sebab saya mohon ijin cuti dari perusahaan hanya beberapa hari saja,” ucap Yono.

Dan jelas kehadiran SAE STAR BF ini, akan menambah ramai dunia perkutut Indonesia. “Ya harapan saya, SAE STAR BF bisa memberi kontribusi positif untuk perkembangan dunia perkutut. Syukur-syukur perkutut jebolan kandang SAE STAR, bisa menuai prestasi tertinggi di pentas liga perkutut Indonesia nanti,” tutupYono yang diamini oleh semua yang hadir. *agrobur2.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.