Connect with us

Perkutut

Totalitas H.Aziz AZ Pamekasan Tekuni Hobi Perkutut, Manfaatkan Lahan Kosong Disekitar Kediaman Jadi Lokasi Latihan

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Eksistensi H.Aziz dalam menekuni hobi perkutut sudah tidak bisa dibantah lagi. Menjelajah konkurs dari satu kota ke kota lain, seakan sudah menjadi rutinitas yang harus dilakoni. Tak ada kata mundur ketika sang orbitan dalam kondisi top form untuk menjajal kemampuan para rival di arena lomba.

Rutinitas kung mania Pamekasan latihan di lapangan AZ BF

Bagi H.Aziz, turun ke lapangan adalah salah satu cara untuk menyalurkan hobi dan liburan. “Perkutut adalah hobi saya, makanya pada saat burung-burung saya sudah siap di lomba, maka saya akan berangkat kemana saja lomba itu akan digelar,” jelas Ketua P3SI Pengda Pamekasan.

Soal kalah dan menang, itu sepenuhnya diserahkan pada penampilan sang orbitan ketika berhadapan dengan lawan. Setidaknya satu tujuan yakni menyalurkan hobi sudah bisa dilakukan dan dinikmati. Hobi tersebut semakin dikejar ketika keluarga yakni istri tercinta memberikan dukungan.

Lapangan AZ, saat ini berdiri tiga blok kerekan

“Alhamdulillah istri saya dan keluarga, mendukung sekali hobi perkutut yang saya jalani. Ini membuat saya semakin semangat untuk terus berlomba,” ungkap H.Aziz lagi. Bahkan tidak jarang sang istri ikut serta menemani ketika harus tarung ke luar kota sekalipun. “Kalau tidak ada urusan di rumah, istri saya selalu ikut. Makanya saya semakin semangat untuk berlomba,” sambung pemilik AZ Bird Farm.

Demi memaksimalkan hobi yang ditekuni, H.Aziz membangun lapangan permanen di sekitar tempat tinggalnya. Saat ini ada sekitar 3 blok kerekan yang sudah berdiri tegak. “Di lapangan AZ sudah berdiri 3 blok kerekan yang saya pasang di belakang rumah, biasanya dipakai teman-teman untuk latihan setiap Selasa,” lanjutnya lagi.

Dukungan sang istri memberikan tambahan semangat

Rencana jumlah blok yang sudah terpasang akan ditambah menyesuaikan lokasi yang masih sanggup untuk menampung 6 blok kerekan. “Saya memang punya rencana untuk tambah kerekan, agar bisa lebih banyak jumlahnya, sehingga bisa dipakai untuk latber ataupun kegiatan lain,” kata H.Aziz lagi.

Diakui oleh H.Aziz bahwa kerekan yang sekarang ada di lapangan AZ tidak langsung berjumlah 3 blok. Ada proses yang terjadi dimana jumlah tiang untuk mengerek burung-burung, sehingga sampai mencapai seperti jumlah sebanyak saat ini. Akhirnya kini bisa dimanfaatkan oleh kung mania yang ingin latihan di tempat tersebut.

Semangat kung mania mengikuti latihan di AZ

H.Aziz mengakui bahwa dengan berdirinya tiang kerekan, bisa dimanfaatkan untuk menjajal setiap calon jawara miliknya dan juga dipakai untuk memastikan apakah jawara orbitan, siap kembali ke lapangan untuk menambah koleksi trophy kejuaraan. Selama ini beberapa orbitan yang akan ditake over, ada yang diuji menempati lapangan tersebut.

“Setiap ada burung yang mau dipantau, biasanya saya lakukan di kerekan belakang rumah, jadi saya tidak perlu datang jauh-jauh hanya untuk memastikan burung yang akan saya beli, begitu juga kalau mau lomba untuk mengecek apakah burung sudah siap dilombakan atau belum,” kata H.Aziz lagi.

Peserta latihan selalu memenuhi kerekan yang ada

Bahkan di lapangan itulah rekan-rekan sesama kung mania di Pamekasan bisa saling sharing, belajar dan berbagi pengalaman. Tidak jarang pula, lapangan milik H.Aziz dijadikan transaksi perkutut. Kondisi inilah yang menjadi alasan mengapa lapangan AZ Bird Farm bisa dipilih mereka sebagai salah satu lokasi untuk berkumpul dan bersilaturrahmi.

“Saya selalu terbuka untuk siapapun yang mau latihan disini. Pokoknya setiap Selasa, disini ada latihan. Siapapun bisa datang, baik dari Pamekasan ataupun dari luar,” ungkapnya pemilik sederet bintang lapangan seperti Putra Madura, Sultan, Gemilang dan Atlas.

Suasana saat latihan Selasa di lapangan AZ BF

Setidaknya dengan lokasi yang ada, H.Aziz makin lengkap memiliki fasilitas untuk melatih burung perkutut orbitannya dan tidak perlu lagi mencari lokasi yang bisa digunakan untuk sekedar memastikan orbitan miliknya siap ataupun tidak menjelang turun tarung.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.