Connect with us

Perkutut

Tartono DMT BF Depok: Kandang Terbatas Yang Penting Fokus Pada Kualitas

KONBUR Tayang

:

DMT BF Depok
Tartono didepan kandang ternak

Geliat komunitas perkutut di kawasan Depok pertumbuhannya semakin pesat. Ini tampak dari semakin bertambahnya  para kung mania pemula. Pemain senior juga masih tetap eksis dalam mengembangkan peternakannya. Tartono salah satunya. Pemilik DMT BF Depok kini semakin fokus pada produk ternakannya, karena targetnya mencapai kualitas.

Mengawali ternak seriusnya ditahun 2015 silam, Tartono terus mengembangkan kandang ternaknya, meskipun dalam kapasitas jumlah kandang terbatas. Yang penting, baginya materi-materi indukannya berkualitas dari trah peternak papan atas. Untuk itu dia lebih  memilih merampingkan jumlah kandang ternaknya. Intinya, kandang sedikit yang penting produknya maksimal.

Ditangani sendiri

Total kandangnya kini berjumlah tidak lebih dari 25 petak kandang. Ada 18 petak diteras kediamannya kawasan komplek Depok Mulya Tiga, sisanya 7  kandang dititipkan di kerabatnya, juga masih dikawasan Depok. “Ternaknya tidak banyak, sedikit yang penting fokus,” ungkapnya dirumahnya Jl Tanah Baru, Blok AH 2 (bawah Mesjid) Perumahan Depok Mulya 3,  Depok.

Trah-trah basic yang digunakannya saat mengawali peternakannya, dia lebih dominan menggunakan materi dari Cristal BF Surabaya dan TOP Depok. Perpaduan keduanya kemudian dilengkapi materi-materi ternakan dari Roma BF, WI Depok dan Shasha BF serta materi indukan lainnya.

“Tapi sekarang di DMT lebih dominan pakai materi hasil sendiri, rata-rata setiap kandangnya pakai DMT, ditambah materi ternakan lain,” ungkap Tartono yang menangani sendiri dalam perawatan burung-burungnya.

Hasilnya, juga tak kalah mewah. Sudah banyak ring DMT BF melahirkan anakan-anakan berkualitas istimewa. Ini pula yang membuat kalangan pelanggannya kerap menunggu produk-produk DMT BF.

Produknya juga sudah banyak tersebar ditangan para kungmania dari Jabodetabekser lainnya. Sebagai pemain senior, baru-baru ini Tartono juga didaulat memimpin gerbong P3SI Pengda Depok dikepegurusan yang baru periode 2021-2025. *agrobur.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.