Connect with us

Lomba

SSC Cup 1 Sumberbaru-Jember: Sukses, Rojo Koyo Dominasi Tropy Juara Ekor Klewer

KONBUR Tayang

:

SSC Cup 1 KHI Jember
SSC CUP 1 FEAT KHI JEMBER. Mr. Denny Prasetya, saat menerima cindera mata dari KHI Jember.

Gelaran perdana lomba burung berkicau bertajuk “SSC Cup 1” yang digagas oleh duet motor KHI Jember, yaitu Mr.Coco Abas dan Mr. Afuy. Bersama Mr. Deny Prasetya, salah anggota Dewan Propinsi Jatim dari Partai Nasdem. Pada hari Minggu 14 Agustus 2022 kemarin, di Gantangan SBR Community Sumberbaru, Jember. Ramai dihadiri Kicaumania dari berbagai kota.

Menurut Mr. Afuy, selaku Ketua KHI (Konservasi Hebat Indonesia) Jember. Even Seduluran Salawase Center (SSC) ini sengaja digelar dengan menggandeng KHI Jember sebagai partner. Karena selain Mr. Denny Prasetya selaku Ketua SSC ingin mewadai aspirasi komunitas perburungan di wilayah Jawa Timur, khususnya Jember dan sekitarnya.

Mr. DENNY PRASETYA KETUA SSC. Siap mewadai aspirasi kumonitas perburung Jember dan sekitarnya.

Anggota Dewan ini juga menilai KHI, yang merupakan EO (Even Orgniser) Nasional. Panitia dan tim Juri KHI, selalu mengedepankan lomba yang fair play disetiap gelarannya. Dimana burung yang berhasil menjadi juara di KHI, adalah murni karena kualitas dan fakta kerja di lapangan saat itu. Dan bukan juara karena settingan atau pengondisian panitia maupun tim juri.

“Betul, itu yang jadi pertimbangan pak Denny Prasetya. Saat ketemu pertama dan mengajak kerjasama di dunia perburungan, khususnya lomba. Dari sinilah, akhirnya KHI bersama SSC sepakat kerja bareng untuk bikin lomba,” terang Mr. Afuy.

KRU PANITIA DAN TIM JURI KHI. Sukses mengemas gelaran SSC Cup 1 tanpa ada kendala apapun.

Hal senada juga disampaikan oleh Mr.Coco Abas, selaku Koordinator KHI Jawa Timur. Ia juga membernarkan apa yang disampaikan oleh Mr. Afuy. Bahkan ia menambahkan, kalau rencana bikin even kerja bareng KHI dan SSC ini sudah cukup lama.

BREFFING JURI. Jadi tradisi KHI sebelum bertugas.

“Ia betul, rencana bikin gelaran SSC Cup ini memang sudah cukup lama. Namun karena pertimbangan waktu dan jadwal dari even KHI sendiri yang memang cukup padat. Dan alhamdulillah, hari ini gelaran SSC Cup 1 feat KHI Jember bisa terlaksana dengan baik, lancar, aman dan kondusif,” tutur Mr. Coco Abas.

Dan apa yang ditunjukkan oleh panitia maupun tim Juri KHI Jember, soal lomba yang fair play dan sesuai fakta lapangan digelaran perdana SSC Cup ini memang terbukti. Pasalnya, dari awal lomba dimulai sampai akhir sesi. Tak ada kendala atau satu-pun komplain dari Kicaumania (peserta) yang hadir.

SUASANA SANGAT KONDUSIF. Meski banyak peserta yang masuk arena gantangan.

Bahkan saat lomba berlangsung, banyak peserta yang masuk dalam arena Gantanganyang memang tanpa ada pagar pembatas. Namun semua peserta mau mematuhi aturan yang sudah disampaikan oleh panitia. Yaitu lomba tanpa teriak, tanpa ada tepuk tangan, tanpa membunyikan peluit atau alat apapun yang mengganggu jalannya penilaian.

TANPA TERIAK. Peserta mau mematuhi aturan panitia.

Dan inilah beberapa burung-burung hebat yang dinlai layak oleh tim Juri KHI untuk memboyong tropy juara. Di kelas yang paling ramai dan paling ketat persaingnya, yaitu kelas Murai Batu (MB) atau kelas burung ekor klewer (panjang).

Mr.RONNI (TENGAH) DAN Mr.EKO (KANAN). Sukses mengawal Rojo Koyo dan Sultan Kharisma moncer di kelas Murai Batu.

Duet Rojo Koyo dan Sultan Kharisma yang jadi andalan Mr. Yogi Kharisma, punggawa dari G2k BC Jember. Dua amunisi yang memang punya kualitas kombinasi lagu roll tembak mewah plus volume tembus. Rojo Koyo yang dikawal Mr.Roni dan Sultan Kharisma dikawal Mr.Eko,  hari itu benar-benar tampil dengan performa terbaiknya.

PARA JUARA. Puas dengan kerja tim juri.

Buktinya, tarung tiga kali di kelas MB SSC, MB KHI dan MB Hebat. Rojo Koyo mampu mendominasi tropy juara, dengan sukses memboyong  juara 1 dua kali dan sekali juara 3. Sedangkan Sultan Kharisma masuk juara 2, 3 dan 2.

“Alhamdulillah, baik Rojo Koyo maupun Sultan Kharisma, hari ini keduanya sama mau kerja bagus. Saya puas dengan penjurian KHI, karena penilaiannya sesuai dengan fakta dan kualitas kerja burung di lapangan. Terima kasih panitia dan tim juri yang bertugas,” kata Mr. Roni dan Mr. Eko.

Selanjutnya di kelas Cucak Hijau (CH) yang juga kalah seru persaingannya. Di kelas yang paling  bergengsi yaitu kelas CH SSC, Mutiara Timur yang diusung oleh Mr.Awek dari Madura. Rupanya mencuri tropy juara 1 kelas ini, setelah bersaing ketat dengan Pasopati milik Mr. Wahyu dari Tempeh Lumajang.

Sedangkan untuk kelas CH Hebat, tropy juara satunya berhasil direbut oleh Ekor Mas milik Mr.Nono yang juga dari Sumenep, Madura. Namun untuk kelas CH Militan, Onde yang jadi andalan Mr.Aris dari Lumajang SF. Hari itu juga sukses mencuri juara satunya, setelah lolos dari hadangan Idola milik Mr. Yusuf punggawa Sadis Team.

Sementara untuk tiga kelas cendet, masing-masing tropya juara satunya berhasil diboyong oleh 3 burung berbeda. Di kelas Cendet SBR, tropy juara 1 berhasil direbut Barbara milik Mr.Ivan Soponyono. Di kelas Cendet Bintang, tropy juara 1 berhasil diboyong Rampok milik Acong Wonoerjo. Dan kelas Cendet Komunitas, tropy juara 1 sukses dibawa pulang Hitam Putih Jr milik Mr.Lori Lapas.

Kemudian untuk dua sesi kelas Kenari. Di kelas Kenari SBR, nama Jendral Muda milik Mr.Rizal dari Barongan SF yang berhasil merebut tropy juara satunya. Sedangkan untuk kelas Kenari Bintang A, tropy juara satunya mampu direbut Me Chat yang jadi andalan Mr. Edy Sing Song Balung.

Dan untuk dua sesi kelas Love Bird (LB) Fighter, yaitu LB Fighter SBR dan LB Fighter Bintang A. Masing-masing tropy juaranya berhasil diboyong oleh Rengganis milik Mr.Bambang Tempeh, Lumajang. Dan Bunga Desa yang diusung oleh Mr.Acok dari M.U BC Kencong.

KOMUNITAS LAPAS. Siap mendukung gelaran KHI berikutnya.

Itulah beberapa burung hebat yang sukses memboyong tropy kemenangan di event perdana SSC Cup bersama KHI Jember. Namun melihat burung-burung hebat lainnya yang juga sukses membawa tropy kejuaraan di masing-masing kelas. Selengkapnya bisa langsung klik link Daftar Juara di bawah ini.

“Sekali lagi, saya atasnama KHI Jember, panitia dan tim Juri bertugas. Mengucapkan banyak terima kasih kepada semua yang hadir dan mohon ma’af jika masih banyak kekurangan. Dan tunggu even SSC bersama KHI berikutnya yang akan kami kemas lebih besar lagi. Namun untuk tanggal dan tempatnya, menyusul,” tutup Mr. Afuy dan Mr. Coco Abas. *agrobur.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.