Connect with us

Lomba

Songsong Perburungan Bali 2022, Agus Mahendra – Murliasa Sugal Kembali Pimpin GBKK

KONBUR Tayang

:

de
Peserta rapat gabungan GBKK. Siap bersinergi solidkan perburungan di wilayah Bali khususnya di wilayah GBKK.

MENYONGSONG dunia perburungan di Pulau Dewata khususnya di Bali Timur, organisasi Guyub Rukun Kicau Mania Gianyar Bangli Klungkung dan Karangasem (GBKK) menggelar rapat gabungan akhir tahun 2021 di Warung Bubun, Sukawati, Gianyar, Minggu, 26 Desember 2021 malam.

Rapat gabungan akhir tahun ini dihadiri pengurus GBKK 2020-2021, semua perwakilan EO yang tergabung di GBKK yakni Made Trisnawan dari PBI, Wayan Darmada dari P2BI, Mc Swett dari BnR, Agung Putra dari RI, Rahmad dari Ronggolawe Nusantara, Lukman dan Dewa Anjas dari OJI, Dekno Tatto dan Putu Agustina dari KHI, serta turut hadir pengelola gantangan di wilayah GBKK.

Rapat akhir tahun 2021 sebagai ajang silaturahmi di antara kicau mania yang tergabung di GBKK yang selama ini telah terjalin dengan baik, dengan agenda utama laporan pertanggungjawaban pengurus 2020-2021, pemilihan pengurus baru 2022-2024, evaluasi jadwal dan pelaksanaan lomba 2021 dan penyusunan jadwal lomba Bali Timur 2022.

Ketua Harian GBKK Murliasa Sugal didampingi Ketua Umum Agus Mahendra dalam laporannya menyampaikan, pada dasarnya penjadwalan lomba di wilayah GBKK tahun 2021 sudah berjalan lancar. Namun tidak memungkiri terjadi hambatan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan adanya benturan lomba besar antara EO anggota GBKK. Murliasa juga menyinggung soal pengurus GBKK yang tidak menerima honor dan seratus persen ngayah untuk menjaga guyub rukun GBKK tetap terkoordinasi, solid dan bersinergi. ‘’Iuran yang ditetapkan selama masa pandemi tahun 2021 sebesar Rp 50.000 setiap gelaran di hari Minggu hanya untuk menunjang aktivitas organisasi dan ramah tamah saat melaksanakan rapat,’’ papar Murliasa, yang kemudian laporan pertanggungjawaban ini diterima oleh peserta rapat.

Anggota GBKK siap amankan keputusan rapat untuk jadwal lomba 2022.

Ketika menginjak pemilihan pengurus baru GBKK 2022-2024, terjadi perdebatan yang alot dalam menentukan pengurus baru yang netral dan tidak tergabung dalam EO manapun. Akhirnya anggota rapat kembali menunjuk Ketua Umum Agus Mahendra dan Ketua Harian Murliasa Sugal melanjutkan untuk mengabdi sebagai pengurus GBKK masa bakti 2022-2024, namun sekretaris dijabat Agung Adnyana dan bendahara Oka Yansu.

Mengingat tahun 2022 sudah tinggal sepekan, penyusunan jadwal lomba di GBKK akan segera dilaksanakan. Namun telah diputuskan pada tahun 2022 (setahun), masing-masing EO mendapat rata-rata 7 kali melaksanakan lomba.  Apabila EO yang tergabung di GBKK menggelar lomba dengan tiket utama Rp 500 ribu, disusul tiket berikutnya Rp 300 ribu, Rp 200 ribu, Rp 100 ribu dan seterusnya dalam 1 gelaran, EO yang tergabung di GBKK wajib tiarap / meliburkan lomba seluruh Bali. Itu hanya berlaku untuk 2 kali lomba dalam 1 tahun. Apabila ada EO melaksanakan lebih dari 2 kali, maka jadwal lomba GBKK tetap berjalan sesuai jadwal. Pengecualian dengan event nasional PBI 2 kali tahun 2022 dimana akan dilaksanakan lomba nasional. Karena jadwal yang disusun telah disinkronkan dengan jadwal dari PBI.

‘’Jadi apa yang telah menjadi kesepakatan secara mufakat dan keputusan diambil bersama agar dijadikan pedoman dan dipatuhi oleh semua anggota GBKK baik EO dan pengelola gantangan,’’ papar Murliasa Sugal menegaskan.

Ia mengharapkan mudah-mudahan tahun 2022 menjadi tonggak bangkitnya kicau mania Bali pada umumnya, wilayah GBKK pada khususnya. Tentunya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam setiap pelaksanaan lomba burung di wilayah GBKK. Untuk iuran lomba setiap hari Minggu di wilayah GBKK sebesar Rp 100 ribu, dimana tanggung jawab pengambilan iuran dibebankan kepada masing-masing EO.  (gde)

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.