Connect with us

Lomba

Songsong Perburungan Bali 2022, Agus Mahendra – Murliasa Sugal Kembali Pimpin GBKK

KONBUR Tayang

:

de
Peserta rapat gabungan GBKK. Siap bersinergi solidkan perburungan di wilayah Bali khususnya di wilayah GBKK.

MENYONGSONG dunia perburungan di Pulau Dewata khususnya di Bali Timur, organisasi Guyub Rukun Kicau Mania Gianyar Bangli Klungkung dan Karangasem (GBKK) menggelar rapat gabungan akhir tahun 2021 di Warung Bubun, Sukawati, Gianyar, Minggu, 26 Desember 2021 malam.

Rapat gabungan akhir tahun ini dihadiri pengurus GBKK 2020-2021, semua perwakilan EO yang tergabung di GBKK yakni Made Trisnawan dari PBI, Wayan Darmada dari P2BI, Mc Swett dari BnR, Agung Putra dari RI, Rahmad dari Ronggolawe Nusantara, Lukman dan Dewa Anjas dari OJI, Dekno Tatto dan Putu Agustina dari KHI, serta turut hadir pengelola gantangan di wilayah GBKK.

Rapat akhir tahun 2021 sebagai ajang silaturahmi di antara kicau mania yang tergabung di GBKK yang selama ini telah terjalin dengan baik, dengan agenda utama laporan pertanggungjawaban pengurus 2020-2021, pemilihan pengurus baru 2022-2024, evaluasi jadwal dan pelaksanaan lomba 2021 dan penyusunan jadwal lomba Bali Timur 2022.

Ketua Harian GBKK Murliasa Sugal didampingi Ketua Umum Agus Mahendra dalam laporannya menyampaikan, pada dasarnya penjadwalan lomba di wilayah GBKK tahun 2021 sudah berjalan lancar. Namun tidak memungkiri terjadi hambatan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan adanya benturan lomba besar antara EO anggota GBKK. Murliasa juga menyinggung soal pengurus GBKK yang tidak menerima honor dan seratus persen ngayah untuk menjaga guyub rukun GBKK tetap terkoordinasi, solid dan bersinergi. ‘’Iuran yang ditetapkan selama masa pandemi tahun 2021 sebesar Rp 50.000 setiap gelaran di hari Minggu hanya untuk menunjang aktivitas organisasi dan ramah tamah saat melaksanakan rapat,’’ papar Murliasa, yang kemudian laporan pertanggungjawaban ini diterima oleh peserta rapat.

Anggota GBKK siap amankan keputusan rapat untuk jadwal lomba 2022.

Ketika menginjak pemilihan pengurus baru GBKK 2022-2024, terjadi perdebatan yang alot dalam menentukan pengurus baru yang netral dan tidak tergabung dalam EO manapun. Akhirnya anggota rapat kembali menunjuk Ketua Umum Agus Mahendra dan Ketua Harian Murliasa Sugal melanjutkan untuk mengabdi sebagai pengurus GBKK masa bakti 2022-2024, namun sekretaris dijabat Agung Adnyana dan bendahara Oka Yansu.

Mengingat tahun 2022 sudah tinggal sepekan, penyusunan jadwal lomba di GBKK akan segera dilaksanakan. Namun telah diputuskan pada tahun 2022 (setahun), masing-masing EO mendapat rata-rata 7 kali melaksanakan lomba.  Apabila EO yang tergabung di GBKK menggelar lomba dengan tiket utama Rp 500 ribu, disusul tiket berikutnya Rp 300 ribu, Rp 200 ribu, Rp 100 ribu dan seterusnya dalam 1 gelaran, EO yang tergabung di GBKK wajib tiarap / meliburkan lomba seluruh Bali. Itu hanya berlaku untuk 2 kali lomba dalam 1 tahun. Apabila ada EO melaksanakan lebih dari 2 kali, maka jadwal lomba GBKK tetap berjalan sesuai jadwal. Pengecualian dengan event nasional PBI 2 kali tahun 2022 dimana akan dilaksanakan lomba nasional. Karena jadwal yang disusun telah disinkronkan dengan jadwal dari PBI.

‘’Jadi apa yang telah menjadi kesepakatan secara mufakat dan keputusan diambil bersama agar dijadikan pedoman dan dipatuhi oleh semua anggota GBKK baik EO dan pengelola gantangan,’’ papar Murliasa Sugal menegaskan.

Ia mengharapkan mudah-mudahan tahun 2022 menjadi tonggak bangkitnya kicau mania Bali pada umumnya, wilayah GBKK pada khususnya. Tentunya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam setiap pelaksanaan lomba burung di wilayah GBKK. Untuk iuran lomba setiap hari Minggu di wilayah GBKK sebesar Rp 100 ribu, dimana tanggung jawab pengambilan iuran dibebankan kepada masing-masing EO.  (gde)

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lomba

B16 Cup II Cibubur, Gelaran Megah Diawal Musim Lomba Tahun 2022, Ini Dia Daftar Juara dan Galery Fotonya

Published

on

B16 Cup II Cibubur
H Sadat (tengah) Owner B16 bersama Pengurus B16.

Even B16 Cup 2 di lapangan Taman Wiladatika Cibubur, Minggu (16/1) baru saja usai. Gelaran tersebut menjadi kemasan perdana awal tahun ini sejak even organiser tersebut terbentuk. Menggunakan 2 lapangan tidak kurang dari 1.508 lembar tiket ludes terjual.

Resmi Berbadan Hukum Menjadi Yayasan.

Ajang hari itu menjadi momen termegah diawal musim lomba tahun 2022 ini. Berikut daftar juara dan gallery sebagian foto para pemenangnya. *agrobur4.

Umi Murai Batu SS Boyong Tiket Utama.
Murai Batu Tengil Sukses Raih Dikelas Utama.
Om Bonni Semongko Juara kedua kelas utama.
H Abdul King Robin Rancap Rebut Juara 3 Besar.
H Dadi Cucak Hijau Juventus Hattrick.
Kiky Monanda Murai Batu Glamour Raih Sepeda Motor.
Andi JnJ  Duta Piala Kota Udang Juara Umum BC.
King SF Juara Umum  SF.
Penilaian Dikelas Utama.
Dibuka Kelas Khusus Komunitas Sikatan Rimba Dada Coklat (SRDC).
Tim Juri B16 Cup II.
Klik untuk memperbesar Daftar Juara.

Lanjutkan Membaca

Lomba

Tampil On Fire di B16 Cup II Cibubur, Murai Batu Rancap Bukti Burung Berkualitas

Published

on

Murai Batu Rancap H Abdul
H Abdul (bertopi) Rayakan Kemenangan Rancap.

Akhir tahun 2021 kemarin murai batu Rancap bikin kejutan setelah sukses mendulang gelar juara pertama di sebuah even bergengsi SMM di Kediri.  Ketika itu dia mewakili salah satu jawara murai batu blok barat yang moncer di blok timur. Kali ini giliran even B16 Cup 2 yang dijajakinya. Meskipun diajang ini dia hanya tembus ditiga besar kelas utama, namun sudah membuktikan kestabilannya sebagai burung berkualitas.

Dalam gelaran B16 Cup 2  di lapangan Taman Wialdatika Cibubur, Minggu (16/1) lalu  banyak diikuti sejumlah burung-burung murai batu terbaik  hari itu Rancap besutan H Abdul King Robyn Bogor dimainkan disesi Murai Batu MJA, salah satu kelas utama. Disesi ini Rancap tampil on fire. Memang sudah sejak jauh-jauh hari sang gaco dipersiapkan buat dimainkan dieven ini.

Tidak hanya kinerja lapangannya yang prima, didukung  kualitas materi lagunya yang mewah dengan isiannya yang komplet diantaranya tonjolan celilin, tengkek, lovebird dan cucak cungkok. Durasi kerjanya juga hebat dituntaskannya dari awal hingga menit akhir. Membuatnya layak dapat koncer.

Rekam jejak prestasi burung yang sudah lebih dari 3 tahun ditangannya ini juga  punya pengalaman dengan seabrek prestasi sejak ditangan H Abdul. “Alhamdulillah, hari ini Rancap juga bisa tampil maksimal, meskipun ketiga,” ungkap sang pemilik.

Kemenangannya digelaran tersebut, sekaligus membuktikan kalau burung ini memang bisa tampil hebat disejumlah even organiser (EO) alias jawara lintas EO. *agrobur4.

Lanjutkan Membaca

Lomba

Road To 2 PIB Cup 1, Udin Ngangak, Kunti, Marbell dan Pengkudu Terbaik

Published

on

de
Pemenang love bird terbaik, Udin Ngangak, Marbell, Kunti dan Pengkudu. (Foto: gde)

MENYONGSONG event akbar dalam rangka anniversary Penggemar Lovebird Bali (PLB) bertajuk PLB Cup 1 yang akan digulirkan Minggu, 20 Maret 2022, jajaran pengurus dan juri PLB memanaskan para penggemar love bird melalui ajang Road to 2 PLB Cup 1 yang diselenggarakan Minggu, 16 Januari 2022 di Gantangan Legian BC Kuta Badung.

Juri PLB, tetap kompak dan junjung sportivitas melalui kinerja profesional.

Luar biasa, di tengah menjamurnya gelaran lomba di Bali, ajang yang spesial melombakan satu jenis burung yakni paruh bengkok love bird ini mampu menghadirkan 342 peserta dari 15 kelas yang dibuka. Ada empat gaco yang sukses dinobatkan sebagai love bird terbaik setelah berjuang mengikuti seluruh kelas dengan nilai akumulasi poin tertinggi. Keempat burung tersebut yakni Udin Ngangak milik H. Alip dari CLB 300, Kunti milik Cahaya dari Cahaya SF, Marbell milik P. Kus dari Baja SF, dan Pengkudu milik Mr. Radit dari G.Pel SF.

Peserta ramai, lomba berjalan tertib tanpa teriak.

Tepat pukul 13.00 Wita, kelas Love Bird Fighter Adu Gengsi A dimulai. Sesaat naik para kontestan langsung tancap gass memuntahkan kekeannya. Seperti Lilo milik Dewa Siangan, Bocil debutan Gung Adex dan Batman Bali milik Mr. Frankie. Di akhir penilaian Lilo sukses meraup 4.672 poin disusul Bocil dengan 4.390 poin dan Batman Bali dengan 3.472 poin.

Jawara LB Fighter Adu Gengsi A

Di laga kedua kelas Love Bird Fighter Adu Gengsi B, giliran Sultan yang naik podium utama dengan nilai 3.534 poin, disusul Kanaya dengan 3.010 poin dan Udin Ngangak di tempat ketiga dengan 2.350 poin.

Jawara LB Fighter Adu Gengsi B 110K.

Di kelas LB Fighter PLB A, Batman Bali melaju ke puncak dengan 2.456 poin. Udin Ngangak dengan mengumpulkan 1.692 poin berada di posisi kedua disususl Lilo yang meraup 1.524 poin.

Jawara LB Fighter PLB A.

Di sesi berikutnya kelas LB Fighter PLB B, Udin Ngangak mulai panas. Udin langsung menyodok ke puncak dengan 3.532 poin. Lilo yang sempat bertengger di puncak memepet di posisi kedua dengan 3.056 poin. Dan Jameela milik Priya berada di posisi ketiga dengan 2.614 poin.

Jawara LB Fighter PLB B

Masih ada kelas LB Fighter Adu Nyali yang mengorbitkan Scorpio milik Imam di posisi puncak. Scorpio mengantongi 2.510 poin disusul Kanaya milik Linyo dengan 1.850 poin dan Udin Ngangak dengan 1.472 poin. Udin Ngangak yang sempat menduduki sekali di posisi puncak dan runner up, dan dua kali di posisi ketiga ditetapkan sebagai LB Fighter terbaik.

Di laga Paud, pada sesi A, Marbell dengan meraih 2.848 poin menempati posisi puncak. Di posisi kedua disabet Nakula milik Galung dengan 1.980 poin dan Rolex dengan 1.872 poin.

Jawara LB Paud A

Pada sesi LB Paud B, Jeje milik Mr. Dwix berhasil terdepan dengan 2.190 poin. Di tempat kedua ada Marbell dengan 1.780 poin disusul Muchta dengan 1.586 poin.

Jawara LB Paud B

Di sesi ketiga Paud C, Marbell kembali terdepan dengan 2.274 poin disusul Laknat Jr dengan 1.246 poin dan Bracuk Jr dengan 1.240 poin. Dengan hasil double winners dan sekali duduk di posisi kedua, Marbell dinobatkan sebagai Paud terbaik.

Jawara LB Paud C

Sementara itu, di kelas LB R1, Kunti milik Cahaya unggul di dua kelas A dan B. Kunti sempat dikawal Ricky dan Brioo di posisi kedua, dan Brioo akhirnya melaju ke puncak kelas R1 C. Kunti dengan hasil double winners dinobatkan sebagai R1 terbaik.

Jawara LB R1 A

Masih ada tiga kelas LB Baby yang menempatkan Pengkudu sebagai yang terbaik. Pengkudu sempat unggul di sesi Baby A, bersanding dengan Badrun debutan Kaqok. Namun di sesi B giliran Damar Wulan yang naik panggung bersama Indigo dan Seven.

Jawara LB Baby A

Pengkudu kembali unggul di sesi ketiga yang dipepet Damar Wulan di tempat kedua dan Soya di tangga ketiga.

Peserta ramai sampai akhir

Road to 2 PLB Cup 1 yang dikawal MC Mr. John Adnyana sejak sesi pertama sampai terakhir berjalan tertib tanpa teriak. Demikian juga para juri dengan sigap dan tepat memberikan penilaian kepada seluruh kontestan sehingga tidak ada komplin dari peserta. Di akhir lomba Mr. John mengundi seluruh doorprize baik burung love bird, tiga karung beras, kopi, dll. Panitia juga memberikan kejutan buat pemenang sebuah kerodong PLB limitid edition.

Jawara LB R1 B

Ketua PLB I Gede Ardika didampingi Mr. John Adnyana menyampaikan bahwa pada puncak ulang tahun PLB dengan tajuk PLB Cup 1 yang akan digulirkan 20 Maret 2022 di tiket kelas utama LB Fighter akan dibuka 500K G12, tiket 300K G24, dan tiket 200K G24.

Jawara LB R1 C

Mewakili PLB baik juri dan panitia, Gede Ardika menyampaikan terima kasih kepada seluruh love bird mania Bali yang telah berkenan hadir dan sekaligus mengundang kembali untuk hadir di ajang PLB Cup 1, 20 Maret nanti. ‘’Kami juga menyampaikan permohonan maaf jika selama penyelenggaraan Rad to 2 PLB Cup 1 ada hal-hal yang kurang berkenan. Apa pun saran dan kritik yang disampaikan akan menjadi pembelajaran bagi PLB untuk lebih baik lagi ke depannya,’’ tutup Gde Ardika. (gde)

Jawara LB Baby B
Jawara LB Baby C
Jawara LB Dewasa Umum Bangkit

Lanjutkan Membaca
Advertisement banner

Copyright © 2019 Media Agrobur. Powered by agrobur.