Connect with us

Perkutut

Solusi Tepat Meminimalisir Cidera Penghuni Kandang Ternak dan Umbaran Saat Terjadi Gangguan, Ini Caranya

KONBUR Tayang

:

Perkembangan hobi perkutut saat ini begitu luar biasa. Tidak hanya di dunia perebutan posisi kejuaraan arena lomba saja, tetapi juga pada sisi pengembangan produk untuk mendukung semarak pertarungan di dalam arena. Perkutut seakan menjadi produk yang begitu popular dan berharga karena banyak dicari.

Harun saat memasng waring pada kandang ternak dan umbarang

Kenyataan itulah yang membuat pangsa perkutut saat ini memiliki prospek yang menggiurkan. Bukan saja peluang dari sisi penjualan produk, tetapi juga kebutuhan lainnya, salah satunya kandang ternak ataupun umbaran. Untuk yang satu ini, adalah tips yang bisa dipakai demi memberikan kepuasan bagi konsumen.

Kandang ternak ataupun umbaran yang banyak dipakai saat ini lebih banyak pada persoalan memberikan pada burung yang ada di dalam, sehingga terbebas dari predator pemangsa, semisal tikus, kucing ataupun jenis hewan lainnya. Untuk mendukung semua ini, kontruksi yang dipakai juga harus bagus dan mumpuni.

Waring, jaring pengaman untuk meminimalizir cider gangguan pada perkutut

Aman dari serangan predator tersebut. Artinya bahwa dengan penggunaan bahan yang bagus, maka burung aman dari serangan predator dari luar kandang. Lalu, bagaimana dengan kondisi burung yang ada di dalam kandang, apakah aman juga dari bahaya yang bisa mencelakakan burung yang tinggal di dalamnya.

Nah, ini juga harus mendapatkan perhatian, sehingga burung bisa aman berada di sana. Karena yang pasti, burung harus dalam kondisi aman dan tidak cidera, apalagi untuk burung lomba yang memiliki bandrol selangit dan harus selalu dalam kondisi yang sehat dan prima. Upaya untuk memberikan rasa nyaman dan tenang ketika burung ada di dalam kandang ternak dan umbaran, harus diperhatikan betul.

Kandnag umbarang yang dipasang waring, aman bagi perkutut

Harun, salah satu penggiat hobi perkutut di Pamekasan Madura mengatakan bahwa selama ini burung ketika berada dalam kandang ternak, ada kalanya mengalami masa sulit beradaptasi dengan pasangannya. Salah satu pasangan berusaha mengejar pasangan lainnya. Selama belum kena, pengejaran akan terus dilakukan.

Fase ini biasanya membuat salah satu burung cidera karena harus menambrak dinding kandang kareng ingin menghindari pengejaran tersebut. Akibatnya sayap berdarah ataupun bagian lain mengalami kondisi yang tidak diinginkan. Kenyataan ini biasanya dialami oleh pasangan baru ataupun burung yang dipaksa untuk berjodoh.

Pemasangan waring dilakukan pada bagian dalam kandang sebelum dipasang kawat

Penyebab lain bisa juga terjadi karena ada predator yang berusaha mengancan jiwanya ataupun burung merasa kaget mendengar suara yang tiba-tiba saja terdengar jelas dan membuat burung terganggu. Tentu amat disayangkan jika hal tersebut harus terjadi. Begitu juga ketika burung berada dalam kandang umbaran.

Biasanya saat kita akan menangkap, burung berusaha untuk menghindar. Proses ini kadangkala menimbulkan gesekan antara burung dengan dinding kandang umbaran yang terbuat dari kawat. Untuk itulah guna mengantisipasi terjadinya hal-hal demikian, Harus memiliki solusi jitu dan sudah terbukti untuk mengatasinya.

Membuat aman kandang umbaran dengan bantuan jaring waring

Cara yang sudah dilakukan Harun adalah dengan memberikan pengaman dalam kandang ternak ataupun umbaran. Pengaman yang dimaksudkan adalah dengan memberikan tambahan waring, sejenis jaring halus yang terbuat dari bahan yang aman. Waring berwarna hitam ini bisa dijadikan solusi mengatasi hal demikian.

“Saya kira kandang ternak ataupun kandang umbaran harus ditambahi waring pada bagian dalam agar burung bisa aman tinggal di dalam,” terang pemilik Mila Bird Farm Pamekasan. Pemasangan waring, dilakukan menyeluruh pada bagian kandang. Bahan ini dipasang menutupi seluruh permukaan kandang, namun posisinya berada di dalam dinding kawat.

Menurut Harun pemasangan waring dinilai lebih mudah dilakukan untuk kandang yang baru saja dibuat. Namun bukan berarti kandang lama, tidak bisa dipasang waring. Ketika kita akan memulai membuat kandang, setelah rangka selesai dibuat, maka waring dipasang terlebih dahulu pada bagian dalam rangka tersebut.

Kandang aman bagi perkutu dari cidera dengan pemasangan jaring waring

Pemasangan dilakukan menyeluruh, sama persis ketika akan membuat kandang. Jika seluruh waring sudah terpasang menyeluruh, maka barulah pemasangan kawat dilakukan berikutnya pada bagian luar rangka. Artinya bahwa akan ada dua lapisan pada kandang, yakni lapisan bagian dalam yang menggunakan waring serta bagian luar yang terbuat dari kawat.

Dengan pemasangan waring, maka dikatakan oleh Harun bahwa burung akan aman berada di dalamnya, baik saat akan kita tangkap atuapun saat burung dalam kondisi yang tidak aman karena terganggu.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.