Connect with us

Perkutut

Shafa Bird Farm Surabaya, Segera Rampungkan Proyek Besar Kembangkan Indukan Trah Cristal D.5 dan Trah FDR Hilton

KONBUR Tayang

:

Nama Cristal Bird Farm sampai saat ini masih menjadi jujukan beberapa peternak untuk mengembangkan materi indukan. Tidak sedikit dari mereka yang menempatkan trah Cristal sebagai penghuni kandang ternaknya. Satu diantara sekian banyak peternak perkutut yang memilih Cristal sebagai indukan adalah Shafa Bird Farm.

Deddy pemilik Shafa Bird Farm Surabaya

Peternak yang ada di wilayah Gunung Anyar Surabaya ini mengaku bahwa indukan Cristal dan beberapa indukan trah lain seperti FDR dan Talenta. Bahkan TL 444, HIKL N.30 menjadi fokus pengembangan yang diyakini bakal mendongkrak kualitas produk ternak perkututnya.

Dari indukan trah tersebut, Deddy sang pemilik farm mengaku sudah menemukan hasil yang dirasa sudah membuktikan bahwa anakan yang dihasilkannya banyak disukai kung mania. sampai saat ini Deddy sang pemilik farm mengaku jarang menyimpan hasil ternak karena langsung diborong pembeli.

Deddy Shafa segera rampungkan proyek besar

“Alhamdulillah saya tidak pernah menumpuk produk sampai lama, kandang yang biasa saya pakai untuk menampung hasil ternak, selalu kosong,” terang Deddy. Selama ini dirinya mengaku tidak pernah melepas produk tanpa pantau. Semua dilakukan dengan sistem pantau, cocok baru nego harga.

“Sebenarnya banyak yang tidak mau pakai pantau, tapi saya tetap harus terpantau karena saya tidak ingin mereka kecewa, soal harga itu semua bisa diatur, yang terpenting pembeli puas dan tidak ada ganjalan dikemudian hari,” imbuhnya. Seiring perjalanan waktu, banyak kung mania yang mengusulkan booking.

Shafa BF buktikan mampu cetak perkutut berkualitas

Rata-rata yang mengusulkan demikian pernah mendapatkan produk ternaknya dan paham betul trah-trah indukan yang dipakai serta merasa puas dan cocok. Namun demikian Deddy Shafa tetap menyarakan pantau ketika anakan tersebut sudah lahir. Jika ternyata memaksa untuk tetap tanpa pantau.

“Ada banyak pembeli yang sudah booking meski tanpa pantau, padahal saya sudah sarankan, jika meski sudah booking ternyata anakan kurang cocok, bisa dicancel, tetapi ada yang memaksa tanpa pantau. Ya saya biarkan dengan kosekuensi pembeli jangan merasa dirugikan,” paparnya lagi.

Saatnya kembangkan trah Cristal D.5 dan FDR Hilton

Dan selama proses itu berjalan, ternyata belum ada complain dari pembeli yang booking tanpa pantau. Beberapa kandang yang masuk daftar booking adalah DA.6 (FDR C.2 x Shafa DA.2), DA.7 (FDR Mercure X Talenta K.10), DA.8 (Cristal B.9 x Talenta K.1) dan DA 9 (Cristal B.9 x Cristal H.1).

Dikatakan oleh Deddy Shafa bahwa indukan jantan kandang DA.9 adalah saudara ibu Lambe Turah sedangkan indukan betinanya adalah saudara WatsApp. Keberhasilan Deddy bersama Shafa Bird Farm miliknya melahirkan produk jujukan kung mania, ternyata belum mengaku puas.

Produk ternak Shafa BF jadi buruan pembeli

            “Saya masih memiliki keinginan dan target untuk bisa mencetak anakan yang lebih dari apa yang sudah saya hasilkan. Produk yang ingin saya hasilkan kedepan adalah perkutut yang memiliki tingkat kestabilan bagus, suara besar tapi sesuai dengan kriteria pakem Indonesia yakni depan, tengah, ujung, irama dan mutu suara,” tambahnya lagi.

            Cita-cita tersebut ia inginkan bisa terealisasi pada tahun depan yakni 2021. Untuk itulah salah satu fokus yang lagi dikerjakan adalah menjajal trah Cristal D.5 yang akandikembangkan bersama trah FDR Hilton. Dirinya berharap dari kedua trah yang dinilai unggulan inilah akan lahir produk bergelang Shafa dengan mutu yang lebih dahsyat.            

Shafa Bird Farm Surabaya satu diantara yang dimiliki Surabaya

“Setiap peternak pasti punya cita-cita untuk mencetak anakan bagus dan bahkan luar biasa, begitu juga dengan saya. Mudah-mudahan apa yang selama ini saya inginkan bisa segera terwujud,” harapnya.

Advertisement

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.