Connect with us

Perkutut

Setelah Jaguar dan Pinot, Rafi Bird Farm Mojokerto Kembali Lahirkan Basmo, Produk Unggulan Berprestasi di Arena

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Pelan namun pasti Rafi Bird Farm Mojokerto kembali melahirkan produk berkualitas kelas lomba. Produk bernama Basmo yang diorbitkan Puji kung mania Blitar sudah mengantongi piagam penghargaan dalam sebuah gelaran Latber Gotong Royong Trenggalek Minggu 29 September 2019.

Mochammad Ismail, pemilik Rafi Bird Farm Mojokerto

Tarung dalam Kelas Dewasa Bebas, Basmo akhirnya dinobatkan sebagai juara runner up lewat tarung yang dilakukan selama empat babak penjurian. Basmo harus menyerah pada Jaguar orbitan Endro mania asal Blitar yang sukses menjadi pemenang pertama. Jaguar sendiri adalah produk Rafi Bird Farm Mojokerto yang sudah orbit terlebih dahulu.

Bahkan menurut pengakuan Mochammad Ismail, pemilik Rafi Bird Farm, Jaguar adalah satu saudara dari indukan yang sama (Anak Manja 88 x Rafi F.3) yang kini menjadi penghuni kandang Rafi F.1. “Jaguar dan Basmo adalah satu saudara, Jaguar anakan pertama sedangkan Basmo anakan kelima,” ungkap Mochammad Ismail.

Rafi (kiri) bersama sang ayah bangga bisa mencetak burung kelas lomba

Ditambahkan oleh Ismail bahwa kekalahan Basmo atas Jaguar sangat wajar mengingat Jaguar memiliki jam terbang yang lebih banyak serta usia yang sudah cukup. Sementara, Basmo saat tampil diajang tersebut, usianya baru lima bulan, namun Puji sudah berani menurunkannya pada kelas kerekan.

Sebenarnya Rafi Bird Fram bukan saja sukses melahirkan produk berpretasi yang sudah disebutkan tadi, ada beberapa produk yang juga pernah tampil sebagai pemenang dalam sebuah gelaran yakni anakan keempat (adik Jaguar dan kakak Basmo). Burung ini pernah menjurai kelas Piyik Hanging even LPJT Walikota Cup Surabaya sebagai juara ketiga.

Bersama Pinot, andalan yang bakal orbitkan nama Rafi BF dan Moch.Ismail

Namun keberadaannya saat ini tidak diketahui. Selain tampil diarena lomba, adik-adik Jaguar ada yang masuk jadi indukan, yakni kandang F.2 dengan indukan jantan TOP B.9 bersama indukan betima Rafi F.3 (adik Jaguar). Baru 1 anakan yang dihasilkan dengan usia dua bulan, namun sudah menunjukkan kualitasnya. TOP B.9 mengalir trah TP RRR x MMC.2.    

Kandang lain yang juga mencetak anakan bagus adalah A.6 (Trans Persia x Rafi R.9). dari kadnang ini lahir Pinot, perkutut berprestasi yang kini jadi andalan Rafi Bird Farm. Namanya pernah membuat beberapa kung mania terpesona. Saat ini Pinot banyak menjadi penguhi rumah karena sang pemilik tidak sempat membawanya ke lomba karena alasan sibuk.

Dari kandang inilah, produk rafi BF siap orbit di arena lomba

Selain Pinot, adik-adiknya diakui Ismail rata dan memiliki kualitas yang tidak beda jauh dari sang kakak. Absennya Pinot menginspirasi Ismail untuk memasukkannya menjadi indukan di kandang F.8, bersama pasangannya Rafi F.3. Dari perkawinan tersebut sudah melahirkan 3 kali tetasan, anakan pertama sudah laku. Rata-rata anakannya memiliki volume besar.

Kandang baru yang diprediksi bakal melahirkan anakan bagus adalah Rafi R.7 yang dihuni oleh indukan jantan TOP A.8 (TP 24 x TP 12) bersama pasangannya TOP 444 B. diakui oleh Ismail bahwa indukan betina TOP 444 B ini memiliki peran besar melahirkan Pinot. “Indukan betina Pinot R.9 lahir dari perkawinan Super Messi dan TOP 444 B,” jelas Ismail.

Produk kandang ternak Rafi BF yang sudah siap pantau

Diakui olehnya bahwa saat ini Rafi Bird Farm memiliki kandang basic yakni Rafi F.6 (Messi 1 x TOP 000A) dan Rafi F.7 (Super Messi x Trans Thiland). Anakan dari kedua kandang ini banyak menjadi indukan baru di kandang Rafi. “Saya jarang melepas anakan betina, karena saya jadikan indukan,” imbuhnya.

Ketika memilih calon indukan, Ismail lebih memperhatikan faktor pakem, air suara, irama dan trah. Faktor inilah yang dinilai bisa menjadi salah satu kunci sukses ternak miliknya menghasilkan anakan berkualitas. Rata-rata produk yang dihasilkan Rafi Bird Farm memiliki volume besar serta irama bagus.

Saudara Jaguar berkumpul dalam satu kandang umbaran

Faktor lain adalah sering-sering berinovasi untuk lebih memahami apa yang sebenarnya harus dilakukan untuk menghasilkan anakan sesuai harapan. Diakui olehnya bahwa produknya baru kelihatan bagus, saat memasuki usia dewasa. Semakin dewasa maka performanya akan terihat jelas, sebaliknya saat masih piyik, jarang terlihat bagus.

Diakhir pembincaraan, Mochammad Ismail mengapresiasi apa yang telah dilakukan kung mania atas produk ternaknya. :Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Endro dan Bapak Puji serta beberapa kung mania lain yang telah mengorbitkan produk Rafi, mudah-mudahan prestasinya semakin melambung,” harap kung mania yang juga staf pengajar di Sekolah Polisi Negara Mojokerto.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.