Connect with us

Perkutut

Road To HK Cup I 2020 Pamekasan Hadirkan 18 Blok Peserta, Berkah Mengunci Kemenangan di Babak Kedua, Rizki JBM, Raja Tengkung Buktikan Produk JBM dan Sarjana Muda Lulus Cumlaude

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Konkurs Seni Suara Alam Burung Perkutut bertajuk Road To HK Cup I 2020, mengukir sejarah penyelenggaraan even dengan jumlah peserta mencapai angka fantastis. Sebanyak 18 blok yang terdiri atas Dewasa Senior 3 blok, Dewasa Yunior 3 blok, Piyik Yunior 7 blok dan Piyik Hanging 5 blok, berhasil dihadirkan di Stadion Pakong Pamekasan, Minggu 15 November 2020.

Pelepasan burung sebagai tanda dimulainya acara

H.Kamil Ali Makki pemilik even mengakui bahwa gelaran ini adalah milik bersama. “Lomba ini sebenarnya punya Pengda Se Madura. Alhamdulillah Madura sudah bersatu dan kembali kokoh bahkan melebihi yang dulu, sehingga pwekutan kembali bergairah,” tegas pemilik HK Bird Farm Pamekasan. Lebih lanjut dikatakan bahwa keberhasilan ini adalah upaya yang didukung oleh seluruh pihak.

Advertisement

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberika dukungan, ucapan terima kasih khusus saya berikan kepada Ra Mahmud, Ketua Pengda Bangkalan yang banyak memberikan masukan pada saya,” sambung H.Kamil Ali Makki. Achmadi, selaku Ketua Panitia menambahkan bahwa gemarlap penyelenggaraan ini karena dukungan penuh H.Kamil.

Undangan kehormatan Road To HK Cup I Pamekasan

Banjir penghargaan yang diberikan oleh lani5ia sebagai bentuk apresiasi kepada mereka. “Saya adalah penggemar baru, setiap saya lomba, burung selalu dapat juara. Di Kawasan Madura hadiah yang diberikan adalah beras dan piala, padahal harga burung mahal,” jelas Ketua Komisi II DPRD Pamekasan dari Fraksi PPP. Kondisi inilah yang membuatnya berkeinginan untuk melakukan hal baru.

Apalagi ketika ditunjuk oleh H.Kamil sebagai Ketua Panitia, Achmadi langsung membuat rancangan hadiah yang harus dilakukan. Ahmadi mengaku ingin ada penghargaan yang akan diberikan kepada peserta yang berhasil menjadi juara. Muncul rencana Tabanas bagi yang berprestasi. Namun keinginan tersebut tidak mendapat restu dari beberapa pihak yang sempat dimintai pendapat.

Formasi juri yang diturunkan berasal dari Jatim Jakarta dan Bandung

Sampai akhirnya muncul keputusan untuk memberikan penghargaan kepada sang juara pertama sampai kelima disemua kelas, berupa barang selain beras. “Saya yakin dengan hadiah yang akan kami berikan mereka akan merasa dihargai, karena merawat burung tidak mudah,” lanjutnya.

Enam perekap ditugaskan mengawal hasil penjurian

Adapun hadiah bagi para juara di semua kelas adalah untuk juara 1 trophy + 10 kg beras + sepeda gunung, juara 2 trophy + 10 kg beras + mesin cuci, juara 3 trophy + 10 kg beras + lemari es, juara 4 trophy + 10 kg beras + tv colour, juara 5 trophy + 10 kg beras + dispenser, juara 6 dan seterusnya dapat trophy + 10 jg beras. Sedangkan hadiah doorprize berapa dua sepeda motor baru dan lima sepeda gunung plus hadiah elektronik lainnya.

Encung dan Bombom sukses kawal Berkah sampai puncak prestasi

Banjir hadiah dan doorprize ini diberikan sebagai wujud rasa syukur. “Semua hadiah baik bagi juara ataupun doorprize saya berikan sebagai wujud terima kasih saya atas bersatunya seluruh Pengda se Madura. Usaha saya bersama Ra Mahmud untuk mempersatukan Pengda di Madura membuahkan hasil,” ungkap H.Kamil Ali Makki. Hadir dalam acara ini, H.Gunawan Ketua Pengwil P3SI Jawa Timur dan 4 Ketua Pengda se Madura.

Juara 1 sampai 5 Kelas Dewasa Senior dapat hadiah mewah

Saat memberikan sambutan, H.Gunawan mengapresiasi apa yang dilihat dan disaksikan. “Saya mengucapkan terima kasih karena hari ini lomba Road To HK Cup I Pamekasan dipenuhi oleh peserta. Lomba kali ini adalah sesuatu yang luar biasa di tahun 2020,” terang pemilik Amuse BF Bangkalan. Lebih lanjut dikatakan agar penyelenggaraan ini bisa sesuai seperti harapan.

Juara 6 sampai 15 Kelas Dewasa Senior

“Besar harapan saya kepada juri untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan aturan yang ada dan saya juga harapkan pads peserta untuk mengikuti lomba dengan baik. Saya juga ucapkan terima kasih kepada empat Pengda di Madura, jajaran Kepolisian dan TNI yang banyak membantu kelancaran acara,” lanjut H.Gunawan. H.Aziz selaku Ketua Pengda Pamekasan merasa bangga bisa menggelar kegiatan luar biasa ini.

H.Faisol JBM Malang kawal lanbsung Rizki JBM

“Alhamdulillah berkat dukungan H.Kamil, Pamekasan bisa menggelar kegiatan seperti sekarang ini. Mudah-mudahan kami bisa terus melakukan hal yang sama untuk waktu yang akan datang,” harap pemilik AZ BF Pamekasan. Even kali ini juga akan menjadi awal bergulirnya lomba ideal sesuai aturan P3SI. Jumlah peserta ditiap blok tidak melebihi dari aturan yang sudah ditetapkan.

Juara 1 sampai 5 Dewasa Yunior dapat hadiah mewah

Untuk Kelas Kerekan tiap bloknya tertanam tiang masing-masing 42 buah, sedangkan Kelas Hanging berjumlah 50 titik. Panitia juga menurunkan formasi Dewan Pengawas sebanyak 6 orang yang diambil dari tiap-tiap Pengda dengan rincian Pengda Bangkalan 1 orang, Pengda Sampang 1 orang, Pengda Pamekasan 3 orang dan Pengda Sumenep 1 orang.

Juara 6 sampai 15 Kelas Dewasa Yunior pose bersama

Ada juga Dewan Juri, Koordinator Juri dan Juri Penilai serta penancap bendera. “Saya ingin even hari ini benar-benar sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Mudah-mudahan sesuai harapan,” tambah H.Kamil lagi. Juri yang didatangkan bukan saja Jawa Timur, tetapi juga berasal dari DKI Jakarta yakni Anton, Bandung Jawa Barat Zainal dan Tri Wahyu.

Sementara itu, setelah melalui empat babak penjurian tanpa kendala, akhirnya menentukan posisi kejuaraan di masing-masing kelas. Untuk di Kelas Dewasa Senior, Berkah orbitan Team GM Sampang yang dikerek pada nomor 37 berhasil dinobatkan sebagai peraih podium pertama. Kemenangan perkutut ternakan CTP sudah terlihat sejak babak pertama. Raihan be dera tiga warna memuluskan langkahnya untuk menuju podium kemenangan.

Juara 1 sampai 5 Kelas Piyik Yunir dapat hadiah mewah

Terlebih pada babak kedua, hasil sama yakni tiga warna hitam semakin mengukuhkan posisinya dan sekaligus mengunci kemenangan. Babak keempat kembali mendapatkan bendera tiga warna hitam semakin memperlebar jalan menuju tangga juara pertana. Di babak keempat Encung dan Bombom yang mengawalnya tidak begitu mempermasalahkan kinerja Berkah karena sudah jelas hasil tersebut, meski akhirnya raihan bendera tiga ditancapkan persis dibawah kerekan miliknya.

Juara 6 sampai 20 Kelas Piyik Yunior pose bareng

Menyusul berikutnya Sultan andalan H.Aziz Pamekasan yang dikerek pada nomor 115. Perkutut produk ternak Sangkuriang sukses meraih podium kedua berkat raihan bendera tiga warna diawal babak, memasuki babak kedua mengalami peningkatan dengan raihan bendera tiga warna hitam. Usai turun minum, Sultan mengalami penurunan performa karena hanya menghasilkan bendera dua warna hitam, namun dibabak pamungkas, nampaknya Sultan kembali bangkit dengan hasil bendera tiga warna hitam.

Juara 21 sampai 30 Kelas Piyik Yunior pose bareng

Di tempat ketiga ada Kesyha amunisi Team GM Sampang ring Gemilang. Keberhasilan ini berkat nilai bendera tiga warna pada babak pertama dan kedua, dua warna pada babak ketiga dan tiga warna hitam pada babak keempat. Untuk Kelas Dewasa Yunior, terjadi perang imbang antara Rizki JBM orbitan H.Tohir/H.Faisol Gresik yang menempati nomor kerekan 146 dengan Cinta-Cinta andalan Koko Solo pada kerekan nomor 150.

Juara 31 sampai 40 Kelas Piyik Yunior pose bareng

Raihan bendera sama yakni tiga warna pada babak pertama, kedua dan ketiga serta bendera tiga warna pada babak keempat menjadikan keduanya memiliki peluang yang sama untuk mengisi daftar juara pertama. Namun dimeja rekap, akhirnya Rizki JBM ditetapkan sebagai juara pertama ternakan JBM. “Dari rekapan yang masuk ke kami, nomor kerekan 146 menang di unsur irama sehingga layak menjadi juara pertama,” terang Hari, petugas rekap asal Pasuruan.

Holik JBN sukses orbitkan Sarjana Muda ke puncak prestasi

Dengan demikian Cinta-Cinta ring Batu Sangkar menyusul diurutan kedua. Sedangkan ditempat ketiga ada Sinar Mega amunisi H.Kurniadi Sumenep yang dikerek apda nomor 169 ternakan Cakrawala dengan raihan bendera tiga warna pada babak pertama dan kedua, dua warna pada babak ketiga dan tiga warna hitam pada babak keempat. Di Kelas Piyik Yunior, Raja Tengkung orbitan H.Yusuf NS Banyuates Sampang yang menempati nomor kerekan 320 berhasil menjadi yang terdepan.

Juara 1 sampai 5 Kelas Piyik Hanging dapat hadiah mewah

Perkutut hasil ternak JBM sukses memastikan diri sebagai juara pertama setelah meraih bendera tiga warna pada babak pertama, kedua dan keempat. Raihan bendera tiga warna hitam babak ketiga semakin mengukuhkan sebagai peraih podium pertama. Disusul kemudian AW Narwastu andalan Awong Surabaya.

Juara 6 sampai 19 Kelas Piyik Hanging pose bareng

Dikerek pada nomor 294 perkutut hasil produk terbaik AW ini sukses dengan hasil penilaian dua warna hitam pada babak pertama, tiga warna hitam babak kedua, tiga warna pada babak ketiga dan keempat. Di tempat ketiga ada Prabu Siliwangi amunisi Akhmadi/Tim AKS Pamekasan ring LK pads kerekan 368 berkat raihan bendera dua warna pada babak pertama, tiga warna pada babak kedua dan keempat serta tiga warna hitam pada babak ketiga.

Juara 20 sampai 35 Kelas Piyik Hanging

Berikutnya di Kelas Piyik Hanging, Sarjana Muda orbitkan Holik JBN Galis Bangkalan yang digantang pada nomor 60 sukses menjadi juara pertama. Produk ternak JBN ini memulai penjurian dengan hasil dua warna hitam pada babak pertama, dan langsung bangkit dengan raihan bendera tiga warna hitam pada babak kedua, ketiga dan keempat.

Pengundian doorprize utama dua sepeda motor
Peserta yang beruntung meraih doorprize sepeda motor

Menyusul berikutnya Aura Kasih andalan H.Toha Krian Sidoarjo. Produk ternak HDL yang digantang pada nomor 294 ditetapkan sebagai juara kedua dilanjutkan kemudian oleh Embargo amunisi Benny Mintarso pada nomor gantangan 147 ring BM pada posisi ketiga.

Advertisement
Advertisement

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.