Connect with us

Lomba

Ribuan Peserta Ramaikan Bali Shanti Cup V 2023, Sunari BC dan CB SF Sabet Juara Umum

KONBUR Tayang

:

juara umum
Juara Umum Tim disabet Sunari BC.

Badung, baliilu.com – Ribuan kicau mania dari berbagai daerah di Bali, Jawa dan Lombok meramaikan ajang lomba burung berskala nasional bertajuk Bali Shanti Cup V Tahun 2023 yang diselenggarakan pada Minggu, 28 Mei 2023 di Lapangan Outdoor Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.

Lomba dibuka Bupati Badung yang diwakili Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa ditandai dengan pelepasan burung derkuku didampingi Ketua Umum Pelestari Burung Indonesia (PBI) Pusat H. Bagya Rachmadi, Ketua Cabang PBI Kabupaten/Kota se-Bali, tokoh masyarakat Putu Dendy Astra Wijaya serta para juri dari PBI.

adi
Sekda Badung Adi Arnawa foto bersama pantia Bali Shanti Cup V.

Sekda Adi Arnawa menyambut baik dan memberi apresiasi terhadap pelaksanaan lomba dan pameran burung berkicau yang diselenggarakan oleh komunitas Pelestari Burung Indonesia (PBI).

“Saya berharap event ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan tiap tahun serta lebih ditingkatkan lagi dengan inovasi baru dan peserta dari berbagai daerah. Kegiatan ini saya pandang memiliki makna yang sangat penting dan strategis karena di samping dapat menyalurkan hobi dari para pecinta burung dan sekaligus terkandung makna pelestarian hewan yang dalam hal ini burung berkicau,’’ ucapnya.

panitia
Panitia Bali Shanti Cup V 2023 dipimpin Ketua Panitia D’Yan Samurai.

Sementara itu, Ketua Umum PBI Pusat H Bagya Rachmadi menyampaikan bahwa marwah PBI adalah pelestarian, konservasi adalah yang utama. Sedangkan lomba itu bagian dari pengenalan produk dari hasil penangkaran. Pada kesempatan itu, H Bagya memohon kepada Pemkab Badung untuk menjadikan lomba burung Bali Shanti Cup yang berskala nasional ini menjadi agenda kegiatan tahunan di Badung untuk mengenalkan hasil penangkaran burung yang dilakukan masyarakat.

Sedangkan Ketua Panitia Penyelenggara Wayan Sumiarta atau D’Yan Samurai menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah membantu fasilitas tempat sehingga kegiatan ini dapat terlaksana di Kabupaten Badung Bali.

agro
Salah satu kelas murai batu ring yang full peserta.

“Kegiatan Bali Shanti Cup V ini merupakan iconnya PBI di Bali dan kami berharap ke depan lomba Bali Shanti Cup ini bisa diagendakan di Badung. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perputaran ekonomi di masyarakat di antaranya para peternak burung, serta memperkenalkan Bali sebagai daerah destinasi wisata dimana para peserta lomba burung kicau ini diikuti dari berbagai daerah di Indonesia,’’ ucapnya.

SUNARI BC dan CB SF SABET JUARA UMUM

Sejak menit pertama dibuka, persaingan ketat di antara tim dan single fighter terjadi. Terlebih lagi panitia memberlakukan administrasi daftar juara yang demikian ketat sehingga para tim dan single fighter yang ingin berebut juara umum harus bekerja ekstra keras mencari dukungan untuk mendapatkan poin terbanyak.

cb
CB SF menerima trofi juara umum SF dari D’Yan Samurai.

Sunari BC yang beranggotakan puluhan kicau mania khususnya sebagian besar di kelas punglor merah akhirnya berhasil dinobatkan sebagai juara umum BC. Kemenangan ini tidak terlepas dari penampilan gaco-gaco anis yang berhasil menyumbangkan poin utama seperti New Glory milik Yudhi HJ dan New Torres milik Agus Broo. Juga berhasil mendulang poin di kelas kenari melalui Baby Sugar milik Mr. Donik, Titanus milik H Sujarwo di kelas Punglor Kembang, Murai Batu Kuda Jingkrak milik Dimas dan juga Adipati milik Sin Neutral yang ikut mendukung Sunari BC.

Sedangkan CB SF berhasil meraih juara umum single fighter berkat penampilan kacer Pak Harto, Branjangan Kenjes dan Casper, serta Cucak Ijo Dragon.

agro
Burung Terbaik kelas cendet.

Selain menobatkan juara umum, panitia juga memberikan penghargaan kepada burung terbaik. Beberapa gaco yang berhasil tampil mendominasi di antaranya punglor merah terbaik disabet New Torres milik Agus Broo. New Torres berhasil nyeri dari empat kelas yang dibuka. Dua kelas lainnya disabet New Glory di kelas Punglor Merah Dragon dan VLO milik Ekaliza di kelas Punglor Merah Mahkota.

merah
Burung terbaik kelas anis merah.

Burung terbaik di kelas Cucak Ijo disabet Joko Tole milik H Ju’I yang berhasil double winner dari empat kelas yang diikuti. Dua kelas lain disabet Mulia milik Fajar di kelas Cucak Ijo Mahkota dan Preman di kelas Cucak Ijo Dragon mili CB SF.

ijo
Burung terbaik kelas cucak ijo.

Di kelas Cendet burung terbaik disabet Werkudoro milik Mr. Yoyo yang sukses melibas tiga kelas yang dibuka panitia. Werkudoro berhasil hattrick yang merupakan duta dari Putra Bandeng.

Persaingan yang demikian ketat terjadi di kelas murai batu ring. Dari perhitungan poin yang dilakukan panita, Nakula milik Ngurah Adi dari JBT dan Salahudin milik Vicky dari Vijaya SF memiliki nilai akumulasi poin yang sama. Untuk  menentukan yang terbaik akhirnya dilakukan tost yang dimenangkan Vicky Bali.

murai
Burung terbaik kelas murai batu.

Trofi eksklusif diserahkan langsung oleh Ketua Panitia D’Yan Samurai. Sebelumnya sempat dilaksanakan undian berbagai macam doorprize membuat suasana menjadi meriah.

Ketua Panitia D’Yan Samurai mengucapkan terimakasih kepada seluruh kicau mania yang sudah berkenan hadir di acara yang sempat tiga tahun tertunda karena pandemi Covid-19. Termakasih juga disampaikan kepada para dewan juri yang sudah bekerja maksimal, pihak sponsor, pada petugas pengamanan, dan seluruh panitia yang sudah bekerja ekstra keras sehingga lomba Bali Shanti Cup V 2023 berjalan lancar. ‘’Kami juga memohon maaf jika selama penyelenggaraan lomba ini ada hal-hal yang kurang berkenan,’’ ucapnya, lanjut sampai ketemu tahun depan di event yang sama. (gde)

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.