Connect with us

Perkutut

Resmi Terpilih Ketua Pengda P3SI Bangkalan, Ir.Mahmud Susun Program Unggulan dan Siap Jadi Percontohan Pengurus Daerah Lain di Jawa Timur

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Setelah resmi terpilih sebagai Ketua Pengda P3SI Bangkalan periode 2019 – 2024, Ir.Mahmud CTP sudah menyusun program yang akan dilakukan bersama pengurus yang bakal mendampinginya. Waktu lima tahun yang diberikan kepadanya, akan dimanfaatkan betul untuk menjadikan hobi perkutut di Bangkalan bisa lebih bagus.

Ir.Mahmud Ketua Pengda P3I Bangkalan (tengah)

“Setelah saya dipercaya oleh kung mania Bangkalan untuk menjadi Ketua selama lima tahun, maka kami sebagai Pengurus pengda P3SI Bangkalan menyusun program kerja, rencana kerja dan kegiatan yang tertuang dalam visi dan misi P3SI Pengda Bangkalan periode 2019 – 2024,” tegas Mahmud mengawali perbincangan.

Advertisement

Adapun program yang akan segera dilakukan setelah resmi dilantik adalah menciptakan suasana kondusif di Bangkalan. Baginya jika suatu daerah bisa kondusif, maka apapun yang menjadi keinginan akan bisa tercapai. “Saat ini saya rasa Bangkalan sudah kondusif, namun perlu ditingkatkan lagi,” imbuhnya.

Suasana kondusif yang dimaksudkan adalah bukan sekedar kung mania bisa kumpul dan latihan dalam satu lokasi, tetapi mereka bisa melakukan diskusi bersama membahas persoalan hobi perkutut. Kondusif yang dimaksudkan pula adalah terjalin rasa guyub, kompak, saling memiliki dan saling menghargai yang diperlihatkan oleh kung mania.

Bersama kung mania Bangkalan, Ir.Mahmud siap majukan Bangkalan

Jika hal ini sudah bisa direalisasikan, maka Pengda Bangkalan akan melakukan langkah berikutnya yakni mensosialisasikan hobi burung perkutut terhadap masyarakat Bangkalan khususnya dan Jawa Timur umumnya. Sebab menurutnya selama ini masih banyak masyarakat di Bangkalan yang belum mengenal dan mengetahui hobi burung perkutut.

Tugas pengurus adalah menyisir kesetiap daerah, dimana masyarakatnya belum mengenal hobi perkutut. Jika itu bisa dilakukan artinya Pengurus mampu meningkatkan atau/menambah jumlah penggemar burung perkutut. Selanjutnya adalah program membuka lagi Pengcam-Pengcam baru.

Menurut pengakuan Ra Mahmud, adalah membuka Pengcam Labang. Setelah itu bisa direalisasikan barulah pengurus akan menyisir Bangkalan wilayah utara, seperti Arosbaya dan daerah lainnya. “Rencana kami tahun ini akan menambah dua sampai tiga Pengcam di Bangkalan,” harapnya.

Susun program unggulan demi memajukan hobi perkutut di Bangkalan

Program lain yang bakal dilakukan adalah menambah jumlah dan kualitas juri. Saat ini Bangkaln baru memiliki 4 juri. Diharapkan tahun ini pula sudah bertambah menjadi 6 sampai 7 juri. Langkah selanjutnya adalah meningkatkan kualitas burung perkutut, baik untuk indukan ataupun burung kelas lomba.

Selanjutnya adalah meningkatkan kegiatan konkurs dan latihan. Saat ini di Bangkalan sudah teragendakan kegiatan latihan mulai hari Senin sampai Minggu dengan jumlah tempat latihan sekitar 7 lokasi. Pengurus akan segera berkoordinasi dengan pemilik lokasi latihan untuk mengatur jadwal latihan.

Karena Pengurus Pengda berencana akan membuka agenda berupa latber dan liga. Untuk saat ini baru ada satu agenda Liga yakni Liga CTP, maka dari itu akan menambah latber dan liga yang akan dikomunikasikan dengan tokoh, kung mania dan juga Pengwil Jawa Timur sehingga Bangkalan memiliki jadwal tetap yang tidak merugikan satu sama lain.

Ir.Mahmud saat di tetapkan sebagai ketua P3SI Pengda Bangkalan

Program yang bakal dilakukan adalah mendukung dan siap mendapatkan jatah lomba seperti Liga Perkutut Jawa Timur dan juga Liga Perkutut Indonesia. Karena yang pasti efek dari kedua agenda ini sangat berdampak pada kung mania. Mereka bisa secara langsung menyaksikan dan belajar memahami burung level regional dan nasional pada saat pelaksaan acara tersebut.

Seperti apa kualitas burung perkutut tingkat LPJT dan juga LPI. Program yang tidak kalah pentingnya adalah membuat showroom perkutut bersama. Setiap peternak bisa memanfaatkan showroom ini untuk mempromosikan produk ternak perkututnya. Showroom ini akan menjadi sebuah lokasi yang sangat stratetgis.

Karena disana akan menjadi sebuah lokasi yang bersifat one stop knowledge dan one stop shpooping. Hanya dalam satu lokasi, kung mania bisa mendapatkan burung perkutut incaran tanpa perlu berkunjung kebeberapa farm tetapi bisa ke satu lokasi dan dapat burung sesuai harapan dan keinginan.

Lokasi ini juga bakal menjadi tempat untuk belajar bersama. Program lainnya adalah membuat forum group diskusi. “Kami akan sering mengundang tokoh-tokoh peternak, juri dan diikuti oleh kung mania Bangkalan, sehingga kung mania Bangkalan bisa lebih professional. Langkah ini diambil guna merealisasikan keinginan menjadikan Bangkalan sebagai sentra perkutut Madura dan Jawa Timur.

Saatnya Bangkalan bangkit dibawa kepemimpinan Ir.Mahmud

Hal ini berdasarkan cita-cita H.Gunawan untuk menjadikan Madura sebagai sentra perkutut, makanya Pengurus Pengda harus mendukung program tersebut.

“Kami akan mendukung penuh cita-cita H.Gunawan untuk merealisasikan keinginan menjadikan Madura sebegai sentra perkutut, karena saya nilai program beliau sangat bagus,” jelas Mahmud.

Program lainnya adalah menciptakan hobi sehingga menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Dan yang tidak kalah penting adalah bahwa Pengda P3SI Bangkalan akan meningkatkan kerjasama dengan media”Saya kira peran media sangat membantu kami dalam merealisasikan semua program. Media bagi kami sangat penting,” ungkap Ra Mahmud.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.