Connect with us

Ternak

Putu Eka Terima Penghargaan dari Panitia Piala Bupati Mahayastra II: Tekuni Sebagai Pelestari Burung Endemik

KONBUR Tayang

:

de
PUTU EKA: Pelestari burung endemik terima penghargaan

SALAH seorang putra Gianyar asal Ubud yang sejak lama suntuk mengembangkan burung-burung endemik menerima penghargaan dari panitia Piala Bupati Mahayastra II, Minggu 9 Februari 2020 di Lapangan Astina Gianyar. Piagam penghargaan diserahkan langsung orang nomor satu di BnR yakni Bang Boy kepada I Putu Eka Gunawan, SH, SPd.

de
TU EKA: Juga beternak cucak rowo

Putu Eka menerima penghargaan ini karena panitia melihat dedikasi Putu Eka secara serius mengembangkan burung-burung endemik yang ada di Indonesia walaupun dirinya masih sebagai perawat setelah mendapat kepercayaan dari rekan yang sudah mengantongi izin penangkaran. Di antaranya kakatua raja, rangkong, cucak rowo, murai batu, termasuk burung-burung paruh bengkok lainnya yang dari luar negeri seperti scarlet dll.

de
SCARLET: Jinak kepada manusia

Putu Eka begitu serius mengelola jenis-jenis burung langka ini untuk dikembangbiakkan karena selain hobi di dunia burung juga ingin membantu agar burung-burung ini semakin berkembang biak.

de
BERAGAM JENIS PARUH BENGKOK: Masih diumbar

Untuk merawat burung-burung yang bertubuh besar ini membutuhkan beaya yang tidak sedikit. Karena selain pakan biji-bijian kering juga pakan basah yang harus tetap tersedia. Walaupun banyak menguras isi kantong, Putu Eka tetap semangat merawat agar kondisinya sehat dan terus berbiak. ‘’Kepercayaan yang diberikan harus dijaga,’’ ujar Putu Eka yang kini dipercaya memimpin BnR Cabang Gianyar.

de
KAKATUA RAJA

Namun pengusaha catering ini juga sudah mengajukan permohonan izin penangkaran ke BKSDA agar bisa murni dikelola sendiri. ‘’Kami masih menunggu izinnya turun,’’ aku Putu Eka. *agrobur3

Advertisement

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.