Connect with us

Ternak

Puspitaloka BF Breeder Murai Batu, Serpong, Tangerang #1: Sedia Anakan Trah Indukan Juara dan Jenis Bahorok

KONBUR Tayang

:

Breeder Murai Puspitaloka BF Tangerang
PUSPITALOKA BF TANGERANG. Indukan dari trah jawara.

Persaingan kelas murai batu di lapangan lomba belakangan ini semakin ketat saja.  Burung-burung jawara terbaik yang sekarang  namanya banyak mengorbit umumnya hasil dari penangkaran. Untuk mendapatkan burung berkualitas istimewa, kita tentu harus selektif memilih produk dari peternak yang memiliki trah dari indukan terbaik. Puspitaloka Bird Farm salah satunya.

Sudah lebih dari 5 tahun penangkaran murai batu  Puspitaloka Bird Farm milik Ir Akbarsyah Nazirudin. Ratusan anakannya sudah banyak tersebar ke para pelanggannya, baik dari Jabodetabek sendiri maupun luar kota bahkan lintas pulau.

Ir Akbarsyah pemilik Puspitaloka BF didepan kandang

Lebih dari 50 petak kandang ternak dibangunnya berdiri megah dengan materi indukan unggulan, di kawasan Jl Pamona No 10, Rt 009/Rw 10, Kp Pondok Sentul Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong Tangerang Selatan  WA 081398224789.   .

Sebenarnya, menangkar murai batu buat Akbarsyah merupakan penyaluran hobbynya diburung yang dilakoninya sejak lama.  Sebelum menangkar murai batu, pria yang sebelumnya salah satu manajer di Pertamina ini mengawali hobbynya budidaya jenis burung cucakrawa, kemudian dilanjutkan murai batu.  

Perawatan Anakan Lepas Trotolan

Awalnya tidak hanya menangkar, dia juga mengkoleksi burung murai batu peliharaan yang prestasi di lomba.    Burung andalan terbaiknya ketika itu bernama Leged yang pernah meraih gelar juara Presiden Cup empat tahun silam. Selain Leged juga ada beberapa burung unggulan lainnya yang kerap meraih gelar juara disejumlah lomba khususnya di Jabodetabek.

Karena berlatarbelakang sebagai penggemar lomba, burung yang diternakannya juga bukan burung asal saja, tapi dengan materi indukan dari burung-burung pilihan yang memiliki materi dan kualitas serta suara di atas rata-rata. Agar kelak anak-anakannya berkualitas istimewa, trah unggulan menjadi prioritasnya.

Pemasteran

Materi indukan yang diternakan di Puspitaloka BF umumnya burung-burung yang berasal dari Sumatera, diantaranya jeis bahorok atau kerap disebut murai batu medan. Burung-burung ini habitatnya di kawasan lereng pegunungan di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Seperti kita ketahui, banyak keiistimewaan dari jenis burung Bahorok ini. Keunggulan burung dari wilayah tersebut, mulai fisik atau posturnya yang sempurna, rata-rata berpostur dan bertulang besar bila dibandingkan dengan murai batu pada umumnya dari wilayah lain. Didukung kualitas volume suaranya lebih lantang dan keras serta bermental tangguh.  

Untuk menjaga kualitas anakannya, pemilihan calon indukan betinanya juga cukup selektif. Komitmennya,  penangkarannya  hanya menggunakan burung dengan materi dari induk kualitas terbaik, agar kelak menghasilkan anakan sekualitas indukannya.

Ir Arif Sangkar Siap dipasarkan

Kebutuhan kandang seperti sarang, hingga bak air bersih sebagai sarana mandinya selalu terisi penuh. Dua hari sekali air untuk sarana mandinya diganti. Kebersihan kandang benar-benar dijaganya, agar anakannya tumbuh sehat.

Makanan ekstrafooding seperti jangkrik diberikan sebanyak-banyaknya, terutama disaat indukan sedang bawa anakan. Selain jangkrik, ulat kandang juga menjadi pelengkap ekstrafoodingnya, selain itu juga kroto segar. Karena kunci keberhasilan penangkar diantaranya dari nutrisi makanan dan menjaga kebersihan kandang.

Dengan materi-materi indukan berkualitas Puspitaloka  BF sudah banyak mencetak dan menghasilkan anakan burung-burung berkualitas istimewa. Bagi penggemar murai batu yang ingin mencoba merasakan kualitas produknya bisa menghubungi Ir Arif Sangkar di 081398224789. Banderol anakannya juga cukup terjangkau, dikisaran Rp 3,5 juta hingga Rp 5 juta tergantung materi kualitasnya. *agrobur4.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.