Connect with us

Derkuku

Presiden, Kresna Duto dan Patria Boyong Trophy Mahkota Raja di Piala Raja Hamengkubuwono Cup Yogyakarta

KONBUR Tayang

:

Lomba Seni Suara Alam Burung Derkuku bertajuk Piala Raja Hamengkubuwono Cup Yogyakarta, Minggu 22 September 2019, benar-benar menjadi ajang bergengsi komunitas dekoemania tanah air. Antusias peserta untuk ikut meramaikan even yang digelar di Alun-Alun Selatan Kraton Yogyakarta, terlihat jelas.

Pengeran persembahkan trophy Mahkota Raja buat Koh Liang

Peserta yang hadir berasal dari Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat dan DKI Jakarta. Kehadiran mereka semakin memberikan kesan bahwa Piala Raja ini masih menjadi daya tarik bagi dekoemania. “Alhamdulillah dukungan luar biasa diberikan peserta untuk even Piala Raja Yogyakarta,” terang Eko SMD salah satu panitia.

Pangeran buktikan jadi yang terbaik di Kelas Senior

Diharapkan even tahunan seperti ini akan selalu mampu mendatangkan peserta lebih besar lagi dan memberikan semangat kepada dekoemania untuk lebih eksis menekuni hobi burung derkuku. Ditambahkan oleh Eko SMD bahwa kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara PPDSI Pengda DIY dan Dinas Pariwisata DIY.

“Insya Allah lomba derkuku Piala Raja Hamengkubuwono Cup Yogyakarta akan menajdi agenda rutin tiap tahun, karena selama ini sudah terjalin kerjasama yang baik diantara kami dan Pemerintah DIY khususnya Dinas Pariwisata,” lanjut Eko SMD. Kehadiran dekoemania dari berbagai penjuru kota, berdampak pada persaingan dalam perebutan posisi kejuaraan.

Sukarjo menerima ucapan selamat dari Ketua Umum PPDSI

         Namun demikian, kehadiran juri didalam arena untuk menilai dan menentukan siapa yang berhak menjadi juara. Setelah melalui empat babak penjurian, akhirnya ditentukan posisi kejuaraan dimasing-masing kelas yang dilombakan. Untuk Kelas Senior, Presiden orbitan Koh Liang Jakarta semakin menambah panjang koleksi juara pertama.

Kresna Duta dipilih jadi yang terbaik di Kelas Yunior

         Untuk yang kesekian kalinya, derkuku bergelang YNT 035 ini tampil tanpa perlawanan. Menempati nomor kerekan 131, Presiden mendapatkan poin tertinggi dari hasil penilaian juri. Kemenangan ini terasa istimewa karena Koh Liang, pemilik Presiden mengawal langsung performa Presiden saat bertarung di atas kerekan.

         “Rasa syukur saya ucapkan karena Presiden bisa juara pertama, mudah-mudahan prestasinya bisa terus bertahan,” harap Koh Liang. Keberhasilan Presiden meraih posium pertama, berarti pula kesempatan Koh Liang untuk memboyong trophy Mahkota Raja menuju Ibu Kota Jakarta.  

Hanafi menerima ucapan selamat dari tokoh derkuku Yogyakarta

         Menyusul para urutan kedua, Narasoma andalan Sigit Irianto Sleman Yogyakarta, ternakan B2W 1418 yang menempati nomor kerekan 139. Dan diposisi ketiga ada produk Pulau Dewata Bali yakni Dragon Bird Farm yang mampu melahirkan derkuku bernama Tunggul Ametung milik Hariyanto Bali.

Patria masih eksis juara di Kelas Pemula

         “Tentu bangga bisa mengorbitkan derkuku kelas lomba dan bisa juara untuk ajang Piala raja Yogyakarta yang banyak diikuti derkuku-derkuku berkualitas bagus,” tegas Hariyanto. Dirinya berharap agar kemenangan ini menjadi penyemangat dirinya dan juga dekoemania Bali bahwa kesempatan untuk memiliki burung juara masih terbuka lebar.

         Di Kelas Yunior, juara pertama berhasil diraih Kresna Duto orbitan Sukarjo Sleman ring B2W 2382 yang dikerek pada nomor 202. “Alhamdulillah akhirnya saya bisa memiliki trophy Mahkota Piala Raja yang selama ini menjadi incaran peserta,” ungkap Sukarjo. Kemenangan ini diakui bukan tanpa perjuangan karena lawan yang dihadapi tidak enteng.

Peserta peraih juara di Kelas Bursa

         Disusul kemudian oleh Pangeran andalan H.Yusuf Haryanto Bantul Yogyakarta, ring YNT 023 yang menempati nomor kerekan 178 dan urutan ketiga ada Mujahid milik H.Roni Depok Jawa Barat, derkuku ternakan Roma 43 yang menempati nomor kerekan 160. Untuk di Kelas Pemula, Patria, orbitan Hanafi Blitar.

Doorprize sepeda motor masih bertahan di Yogyakarta

         Menempati nomor kerekan  101, derkuku bergelang AS 126 selalu menjadi langganan juara dikelas tersebut. “Kami ini saya diberikan kesempatan untuk memiliki trophy Mahkota Raja yang dipersembahkan oleh Patria. Mudah-mudahan prestasinya bisa terus orbitan dan selalu membaut saya bangga,” harap Hanafi.

         Menyusul diurutan kedua Dewa Mataram andalan Seketeng Kulon Bird Farm Yogyakarta, derkuku ring B2W 361 yang dikerek pada nomor 53 dan ditempat ketiga diraih Bagus Kacung milik Heri Riyanto Bantul Yogyakarta, ring Kalyana 031 yang menempati nomor kerekan 57. Lomba kali ini juga membuka Kelas Bursa.

Peserta yang beruntung membawa pulang hadiah sepeda gunung

         Untuk juara pertama dan kedua berhasil diborong Erwan Kota Gede Yogyakarta, lewat penampilan Wigati yang dikerek pada nomor 08 dan Pangeran Julang pada nomor kerekan 10. Keduanya merupakan produk Tresno Bird Farm. Diurutan ketiga diraih oleh Metal milik Bambang Turi Sleman Yogyakarta ring Nadia pada nomor kerekan 23.

Doorprize persembahan lomba derkuku Piala Raja Yogyakarta

         Diakhir acara EKo SMD mengucapkan banyak terima kasih atas seluruh dukungan yang diberikan dekoemania dan meminta ma’af apabila ada hal-hal yang kurang berkenan. “Say atas nama panitia Piala Raja Hamengkubuwono Cup Yogyakarta mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari peserta dan juga pihak-pihak terkait. Kami sudah melakukan yang terbaik, namun jika masih ada yang kurang, maka kami memohon ma’af,” papar Eko SMD.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.