Connect with us

Perkutut

Pesiapan Konkurs Bali Bangkit, Mindrajaja Take Over Piyek Masadepan Ring RPM Surabaya

KONBUR Tayang

:

TAKE OVER PIYIK RING RPM. Yudo M kung mania Jember mewakili Indra AM saat menerima piyik kualitas dari Hariyanto RPM
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Sejak pandemi Covid-19 di Bumi Indonesia ini mulai meredah, dunia hobi perkutut (kung mania) pun mulai menggeliat kembali. Itu ditandai dengan aktifitas konkurs atau lomba perkutut yang semakin semarak, digelar di hampir semua Pengwil. Baik Pengwil yang ada di pulau Jawa maupun Pengwil yang ada di luar pulau Jawa.

Mindrajaja (kaos hitam). Saat bersama Indra di suatu lomba besar.

Dan seiring dengan semaraknya konkurs, perburuan jago-jago kualias lomba pun, juga terus dilakukan oleh kung mania sejati. Itu demi bisa eksis kembali, turun di lomba-lomba besar bersama jago-jago andalannya. Seperti dilakukan oleh Mindrajaja, pemilik Mindra Bird Farm (BF) pulau Dewata Bali pekan ini.

Ia mengaku tak sabar, untuk bisa turun digelaran lomba besar Pengwil Bali bertjuk “Bali Bangkit”. Dimana konkurs tersebut bakal dihelat tanggal 24 Oktober 2021, di lapangan Sanur, Denpasar dua pekan lagi. “Ia betul, target saya sebelum lomba saya harus sudah punya jago,” terang Mindra.

Indra bersama Hori. Sukses mengawal Anak Sulung.

Bahkan semenjak Pandemi Covid-19 masih cukup tinggi (masuk level 4). Pemilik Mindra BF ini sudah mempercayakan kepada sang pemandu bakat, yaitu Indra Anak Manja (AM) Jember. Untuk berburu burung-burung perkutut berkualitas lomba, baik di peternak papan atas yang di Jawa maupun peternak-peternak yang ada di Madura.

Tapi perburuan itu dilakukan melalui medsos (media sosial), baik Facebook (FB) maupun grup-grup WhatsApp (WA) kung mania. Dengan mendengarkan rekaman video yang diunggah oleh beberapa peternak top tersebut.

Perlu diketahui, semenjak pemilik Mindra BF ini main perkutut. Semenjak itu pula, tim Anak Manja Jember, yang digawangi oleh Indra sang pemandu bakat dan Hori si mekanik handal sekaligus joki lapangan. Dipercaya penuh, baik men-tune up jagonya yang akan turun lomba, maupun mengawal jago tersebut.

Indra bersama Yakob LY, Hariyanto RPM dan Purwanto Grand sebelum pandemi. Menginspirasi munculnya nama Aku Rindu.

Dan bersama tim Anak Manja pula, Mindrajaja banyak mengoleksi tropy juara. Baik tropy juara lomba regional, besar sampai lomba nasional. Yang sukses diraih oleh jago-jago Mindrajaja beberapa tahun lalu. Bahkan Anak Sulung yang jadi andalan Mindrajaya, sukses meraih tropy terbaik Liga Perkutut Jatim tahun 2019 lalu. Ini bukti kepercayaan yang diberikan Mindarajaja kepada tim Anak Manja Jember.

Akhirnya perburuan jago lomba itupun tertujuh pada piyik kualitas bergelang RPM. Piyik yang baru berumur 3 bulan yang lahir dari RPM BF Kandang Audi. Dimana induk jantan dari K-Lamborgini dengan betina dari trah Cristal H8. Dan tanpa nego yang berbelit-belit, hari Minggu (10/10) kemarin, piyik itupun resmi di take over. Langsung dari tangan Hariyanto, pemilik RPM BF Surabaya yang enggan menyebut nilai maharnya.

Mindrajaja lewat Indra ngebet untuk memboyong piyik produk asli RPM BF, memang tak salah. Karena menurut Indra sang pemandu bakat, selain kandang-kandang RPM BF sering mencetak burung-burug kualitas lomba yang kental dengan type irama khas Indonesia.

Piyik Aku Rindu. Siap dipoles oleh tim Anak Manja

Piyik yang diprediksi punya masadepan cerah itu, juga sudah dipantau cukup lama. Baik oleh Indra selaku pemandau bakat maupun oleh Mindrajaja. Saat rekaman video piyik tersebut, diunggah atau diupload di grup WA Perkutut Beginner Class yang dikelola oleh Indra Sendiri. Dimana grup ini, setiap sering mengagendakan lelang dan bursa burung perkutut kualitas.

Bukti Akte Aku Rindu.

“Betul, piyik ini cocok baik untuk saya maupun bagi pak Mindra. Volumenya memang menengah, tapi burung ini punya irama khas Indonesia. Tarikan depan oke, tengahnya banyak jalan satu satu dan buangan ujungnya juga panjang. Piyik ini saya berinama “Aku Rindu” dan pak Mindra pun setuju,” tutur Indra.

Tim Anak Manja (Indra dan Hori) yang sudah sukses mengantarkan Anak Sulung di mencuri prestasi tertinggi Liga Perkutut Jatim. Kini bersama amunisi baru “Aku Rindu”, Indra mengaku juga sudah punya gambaran dan strategi ampuh. Untuk menyiapkan dan memoles piyik dengan type irama mendayu-dayu kas Indonesia ini.

“Ya setelah mendengarkan kualitas volume suara dan type anggung Aku Rindu. Saya bersama Hori optimis, burung ini bisa tampil maksimal di lomba “Bali Bangkit” nanti. Ya mudah-mudahan usaha saya lakukan bersama Hori, hasilnya bisa terlihat tanggal 24 oktober nanti,” bilang Indra.

Grup Beginner Class FB dan WA yang dikelola Indra AM.

Dan tim Anak Manja bersama “Aku Rindu” akan berangkat menuju Bali, menurut Indra sehari sebelum pelaksanaan konkurs “Bali Bangkit”. “Ya rencananya begitu, berangkat tanggal 22 atau 23 oktober. Saya berharap, Aku Rindu mau kerja di lomba nanti, do’akan saja,” tutup Indra kepada awak media ini.  *agrobur.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.