Connect with us

Perkutut

Peringati Ulang Tahun ke Lima, Komunitas Perkutut Trunojoyo Karangpanasan Sumenep Gelar Latihan Dinilai, Kanza dan Doremi Terbaik

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Rabu, 22 Desember 2021, lapangan perkutut Trunojoyo yang berlokasi di Jalan Trunojoyo Karangpanasan Sumenep, diramaikan oleh kehadiran kung mania dari wilayah sekitar yakni Sumenep dan termasuk juga dari Pamekasan. Terlihat dengan jelas 45 perkutut usia dewasa dikerek bersama-sama dengan yang lain.

Kung mania yang selalu mendukung gelaran di Sumenep

Begitu juga dengan 60 perkutut berakte kelahiran piyik memenuhi gantangan yang tersedia dilokasi tersebut. Kehadiran mania perkutut disana karena pada saat itu paguyuban yang dipimpin Totok Alim sedang mengadakan acara dalam rangka memperingati ulang tahun komunitas perkutut Trunojoyo yang ke 5.

“Saya mewakili Ketua Komunitas Perkutut Trunojoyo yakni Totok Alim yang kebetulan hari ini ada acara yang tidak bisa ditinggalkan karenanya sangat penting di Jakarta, menginformasikan bahwa hari ini sedang diadakan acara latber untuk memperingati ulang tahunnya yang ke 5,” terang Sudaryo, S.Sos selaku penanggung jawab acara.

Proses penjurian di Kelas Piyik Hanging

Kegiatan tersebut menjadi agenda rutin yang sudah terselenggara selama 5 tahun berturut-turut. Setiap tahunnya komunitas ini berusaha untuk mengucapkan rasa syukur dengan cara menggelar kegiatan dan mengudang rekan-rekan kung mania untuk hadir di lokasi tersebut untuk ngerek perkutut bersama-sama.

Totok Alim ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan tersebut digelar segala bentuk eksistensi komunitas dalam menekuni hobi perkutut. “Kami ingin rekan-rekan bisa semakin semangat dan guyub dalam menekuni hobi perkutut, makanya kami adakan kegiatan seperti sekarang ini,” ungkap Ketua Pengcam Kota Sumenep.

Kelas Dewasa Bebas penuh sesak oleh kehadiran peserta

Meski tidak bisa hadir, tapi semangat rekan-rekan untuk mendukung gelaran yang hanya membuaka dua kelas yakni Dewasa Bebas dan Piyik Hanging tetap terbilang luar biasa. “Saya mohon ma’af tidak bisa mengawal acara karena ada tugas yang harus diselesaikan dan tidak bisa ditinggal,” sambung Totok Alim.

Ditambahkan lagi bahwa kegiatan tersebut merupakan deretan kegiatan lain yang juga rutin dilaksanakan di lokasi tersebut, semisal Latihan Berhadiah, Latihan Dinilai ataupun latihan ngerek bareng. Sementara itu perjalanan penjurian berlangsung lancar tanpa kendala. Cuaca cerah semakin menambah performa para petarung berebut podium juara.

Peserta yang berprestasi mendapatkan hadiah

Empat babak yang dilangsungkan, akhirnya mengesahkan posisi juara di masing-masing kelas. Untuk Kelas Dewasa Bebas, juara pertama berhasil menjadi milik Kanza orbitan Achmadi Tim Aks Pamekasan, perkutut ergelang TN.Mandiri yang dikerek pada nomor 29. Disusul kemudian oleh Sinar Mega andalan H.Markaton Tim AKS Pamekasan.

Perkutut bergelang Cakrawala yang menempati nomor kerekan 39 ditetapkan sebagai juara kedua. Dan urutan ketiga diraih Adipoday amunisi AZ Rahman Sumenep, ternakan AZR yang dikerek pada nomor 27. Untuk Kelas Piyik Hanging, juara pertama didapat oleh DOremi, milik H.Taufan Bluto ring TFN yang digantang pada nomor 59.

Prestasi terbaik yang diraih peserta patut diapresiasi

Urutan kedua ada Mr.Boen andalan Kholili Pagar Batu ternakan RAS pada gantangan 60 dan tempat ketiga diraih Somad milik Salim Sumenep ring NST yang menempati nomor gantangan 20. Diakhir acara panitia mengucapkan terima kasih atas dukungan yang selalu diberikan oleh kung mania. Permintaan ma’af juga disampaikan jika selama acara berlangsung, ada hal-hal yang kurang berkenan.  

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.