Connect with us

Ayam Bekisar

Paguyuban Sartika Bangkalan, Akomodasi Semua Penghobi Anggungan, Bangkitkan Semangat Pemula

KONBUR Tayang

:

Sebagai tokoh agama di Kelurahan Tonjung Kecamatan Burneh Bangkalan, H.Farouq Alkomy, sering kali berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Rutinitas inilah yang menjadi salah satu sarana untuk bisa selalu dekat dan ikut merasakan apa yang telah terjadi disekitar tempat tinggalnya.

H.Farouq Alkomy (kiri) munculkan Paguyuban Sartika

Dari satu pertemuan ke pertemuan berikutnya, H.Farouq Alkomy mendapatkan informasi yang sempat mengusik pikirannya. “Beberapa kali saya berkomunikasi dengan warga sekitar dan kebetulan mereka adalah penghobi, ternyata mereka tidak bisa menyalurkan hobinya. Mereka ingin adan wadah agar hobinya tersalurkan,” terang pimpinan Pondok Pesantren Darul Mustofa Tonjung Burneh Bangkalan.

Warga yang kebetulan “sambat” padanya adalah para penghobi murni dari beberapa jenia anggungan yakni ayam bekisar, puter pelung, ayam buras, derkuku Kelantan dan perkutut yang hanya bisa memiliki tapi tidak bisa menyalurkan karena mereka adalah pemula yang tak mampu melakukan apa-apa selain hanya diam.

H.Farouq Alkomy wadahi semua penghobi anggungan

Apalagi jika harus menyalurkan hobinya ke tempat lain, ada perasaan minder. “Masyarakat disini rata-rata adalah penghobi pemula. Kualitas anggungan yang mereka miliki juga jauh dari bagus, namun semangat mereka yang tidak kalah hebatnya dari yang lain,” terang mantan anggota DPRD Kabupaten Bangkalan dua periode dari partai Hanura.

Dari obrolan itulah H.Farouq langsung tergerak hatinya bisa merealisasikan keinginan mereka. Setelah melakukam koordinasi dengan rekan-rekan dekatnya, akhirnya tercetus ide untuk membentuk wadah dan terbentuklah Paguyuban Sartika. Wadah ini nantinya akan menampung seluruh penghobi yang ada di wilayah tersebut.

Bersama Achmad Faisol siap bangkitkan penghobi pemula

Paguyuban ini murni wadah hobi dan tidak memiliki tujuan lain. Program jangka pendek adalah mengadakan latihan sekaligus menanamkan pemahaman pada mereka terhadap hobi yang ditekuninya. Sabtu menjadi jadwal latihan. Agar satu sama lain tidak saling berbenturan, maka jadwal atau agenda latihan akan diatur sedemikian rupa.

Semisal Sabtu pertama adalah latihan ayam bekisar, Sabtu kedua burung perkutut, Sabtu ketiga ayam buras dan seterusnya. Sedangkan untuk burung puter pelung akan digelar Jumat malam Sabtu. Karena latihan tersebut dikhususkan untuk kalangan sendiri, diharapkan mereka bisa menanamkan semangat untuk tidak merasa minder.

Berbagai penghobi anggungan siap difasilitasi oleh H.Farouq Alkomy

Karena selama ini, ada perasaan minder bagi mereka karena merasa sebagai penghobi pemula yang tidak memiliki kualitas anggungan seperti milik penghobi yang sudah senior. Mereka tidak akan mungkin bisa berkembang tanpa adanya bantuan dan upaya untuk memberikan semangat.

“Saya berharap dengan kegiatan tersebut, rasa minder mereka akan hilang dan pemahaman tentang anggungan pelan namun pasti bisa segera mengalami peningkatan,” harap H.Farouq. Ada perasaan malu dan minder yang dialami mereka ketika harus keluar mengikuti kegiatan lain.

Pondok Pesantren Darul Mustofa siap dukung penuh langkah H.Farouq

Makanya dengan wadah ini setidaknya bisa membentuk mental berani mereka sehingga bisa lebih yakin dan percaya diri untuk tampil di luar. Saat ini ada sekitar 50 anggota dari beberapa penghobi yang sudah masuk daftar. Sedangkan untuk posisi mereka, H.Farouq mengaku netral dan tidak akan memihak pada siapapun.

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.