Connect with us

Ternak

Nur BF Tangerang: Kembangkan Seri F 3, Lahirkan Anakan Murai Jawara Berkarakter Tempur dan Berdurasi

KONBUR Tayang

:

Breeding Murai Nur BF Tangerang
Nur Ketika Antarkan Leak Juara di KMM

Di kalangan komunitas murai batu mania Jabodetabek khususnya di Tangerang siapa yang tak kenal Nur BF. Anakannya sudah banyak moncer diberbagai even organiser (EO), bahkan tidak hanya di Jabodetabek tapi juga disejumlah kota bahkan lintas pulau.

Untuk meningkatkan kualitas produknya dia lebih fokus mencetak burung murai batu seri F3 (Filial 3) atau generasi ketiga. Hasilnya sudah banyak mencetak burung jawara. Dan, produknya ini spesial burung berkarakter tempur berdurasi. Siapa saja anakan-anakannya yang sudah prestasi?

Indukan Pejantan Kakaroto bersama pasangannya

Tahun 2014 silam, Nur  Syaidin M mencoba merintis penangkaran murai batunya dikediamannya Jl Dipatiukur, Kp Uwung Hilir, Rt 01 Rw 10, Cibodas Tangerang, Banten. Mengawalinya sebagai seorang pemain murai, dia mencoba mengembangkan peternakan murai batu andalannya ketika itu hanya satu pasang.

Indukan Jlamprong

Seiring berjalanannya waktu, produksinya terus berkembang biak. Permintaan para pelanggannya terus mengalir deras. Saat ini total kandang Nur BF berjumlah 20 petak kandang. Menggunakan trah-trah terbaik dari sejumlah indukan jawaranya diantara ada Bimo, Jlamprong. Cakil, Seblak. Kakaroto, Razor, Bledek, Achiles, dan lainnya menjadi materi indukan kandang ternaknya.

Kandang Ternak Nur BF

Pejantan-pejantan tersebut dikembangkan dan dipasangkan dengan betina-betina pilihan dari para peternak ternama lainnya. Diantaranya beberapa indukan-indukan betina trah Pelor dan Jagger dari N 27 BF Jakarta milik H Nendra. “Tapi untuk saat ini sebagian besar indukan betinanya sudah dari hasil ternakan sendiri,” jelasnya.

Leak Andalannya

Kandang-kandang peternakannya, dibuat sebagaimana lazimnya peternak murai batu pada umumnya. Dibuat berejer dengan petakan mengganukan ram kawat halus bagian depan terbuka. Indukan produksi, anakannya dipanen ketika sudah menginjak umur 7-9 hari. Anakan-anakan tersebut diloloh pemilik hingga anakan mandiri, sudah bisa makan sendiri.

Diusia pasca panen itu juga sekaligus dilakukan pemasangan ring kode pemilik Nur BF atau juga APBN maupun PBI. Ring anakan biasanya sesuai pemesanan, tergantung permintaan mereka pesan bisa APBN maupun PBI, kami lengkapi dengan sertifikatnya,” ungkap Nur.

Anakan Bledek

Produk anakannya laku keras. Padahal banderolnya cukup lumayan, harga trotolan dikisaran Rp 5 juta hingga Rp 8 juta untuk seekor trotolannya. Tergantung materi  pasangan indukannya.  Intinya, harga sepadan dengan kualitas burungnya.

Anak-anakan burungnya banyak dibeli kalangan pelanggannya tidak hanya di Jabodetabek saja, tapi sudah tersebar disejumlah kota tanah air. Diantaranya ada The Rock yang saat ini moncer di Jember. Kemudian juga ada di Surabaya, Lombok dan Bangka anak-anak dari Ferari dan Baloteli.

Anakan Pasca Panen

Saat ini, Nur menyimpan jagoan andalannya yang sedang moencorong prestasinya, yaitu Leak anakan dari Bimo Jr. Tidak hanya juara dieven skala regional tapi juga nasional. Bahkan, burung tersebut juga sukses menjadi pemenang  juara pertama dieven spesialis murai batu diacara Kopdar KMM 4 dan KMM 5.

Sejatinya turunan Bimo Jr juga ada yang moncer selain Leak, yakni Mahaguru yang kini ada ditangan kicaumania Bogor.  Nama anakan Nur BF  lainnya yang  juga prestasi ada  King Kaisar anak dari Baloteli Jr, K Senopati  trah Cakil Jr,  Zipper turunan dari Joko Kendil Jr, Precil anak  dari Seblak Jr dan anakan-anakan prestasi lainnya. *agrobur4.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.