Connect with us

Perkutut

NSA Bird Farm Sidoarjo, Meteor Star Masih Jadi Andalan, Meski Pandemi Corona Produknya Laris Manis

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Semua profesi kalau ditekuni dan diniati dengan benar, maka akan menghasilkan. Begitulah filosofi Drg.H.Nur Syaiful Anwar, pemilik NSA Bird Fam Krian Sidoarjo. Setidaknya, H.Syaiful, begitu kung mania satu ini dipanggil, merasakan betul bahwa ketika profesi sebagai peternak perkutut ditekuni dan diniati, maka hasilnya bisa dirasakan.

Drg.H.Syaiful bersama mobil Ertiga hasil penjualan perkutut

“Saya bukan peternak perkutut besar dengan materi indukan yang memiliki nama popular. Materi yang saya miliki berasal dari hasil pengembangan indukan yang saya nilai masih dalam level biasa,” ungkap H.Syaiful. Namun demikian, produk yang dihasilkan mampu membuat beberapa kung mania tertarik untuk mendapatkannya.

Selama ini, produk ternaknya tidak pernah meninggalkan sisa di kandang umbaran, semua ludes tak tersisa. “Alhamdulillah, produ saya laris mania dibeli rekan-rekan, baik penghobi, pemain ataupun peternak,” imbuhnya kung mania yang juga seorang dokter gigi. Tidak hanya daerah Krian Sidoarjo yang menjadi penikmat produknya, tetapi juga dari luar kota.

Drg.H.Syaiful sukses kembangkan NSA Bird Farm Krian Sidoarjo

Kenyataan inilah yang membuat H.Syaiful tidak pernah bisa mengorbitkan burung dari hasil ternaknya. “Mau lomba burung sendiri, jelas tidak mungkin, karena banyak yang laku, baik usia muda ataupun menjelang turun lomba,” katanya lagi. tidak heran jika selama ini H.Syaiful lebih banyak mengorbitkan burung produk peternak lain.

Sebut saja. Meteor Star, perkutut bergelang NIF A.5. Orbitan inilah yang selalu setia menemani kemana H.Syaiful berhasrat untuk menyalurkan hobi perkututnya. Bahkan setiap kali turun lomba, Meteor Star tidak pernah melepaskan diri dari daftar kejuaraan pada kelas Dewasa yang selali diikutinya.

Meteor Star masih andalan H.Syaiful NSA Bird Farm Sidoarjo

“Meteor Star memang bukan burung istimewa, namun setiap kali saya lombakan selalu juara. Mental dan kualitas suaranya begitu luar biasa sehingga tidak pernah lepas untuk membawa pulang trophy kejuaraan,” jelas H.Syaiful. setidaknya Meteor Star mampu mengeksiskan nama H.Syaiful NSA Bird Farm Krian Sidoarjo didunia hobi perkutut tanah air.

Seiring perjalan waktu, ketika usia Meteor Star sudah semakin tua, H.Syaiful berusaha untuk mempertemukan dengan seekor betina. Akhirnya berjodohlah perkutut ini dengan betina trah NSA G.3. Diakui oleh H.Syaiful bahwa keturunan yang sudah dihasilkan, menunjukkan kualitas yang tidak mengecewakan.

NSA Bird Farm Krian Sidaoarjo, bukan peternak besar tapi kesohor

“Anak dari Meteor Star sudah terdeteksi bagus, namun usianya masih piyik. Mudah-mudahan bisa dibanggakan,” harap H.Syaiful. Ditambahkan olehnya bahwa meski Meteor Star masuk kandang ternak, namun performa yang ditampilkan masih bisa membawa pulang trophy juara di kelas yang diikutinya.

“Asal tidak anggrem, pada saat ada lomba pasti saya bawa dan lombakan, Alhamdulillah masih bisa juara meski bukan pada posisi yang bagus,” terangnya lagi. Untuk lebih memberikan tambahan kualitas pada produk ternak, materi trah Cristal dan Shafa menjadi pilihan sebagai indukan baru.

Meteor Star bersama pasangannya di dalam kandang ternak

Hasilnya memang menggembirakan. Produk ternaknya tidak pernah tersisa dan bahkan terbilang selalu kurang. Menurut H.Syaiful dalam kondisi corona selama ini, NSA Bird Farm Krian masih mampu mencatat transaksi baik hasil produk ternak ataupun jebol kandang. “Dua bulan di awal tahun 2021 penjualan hasil ternak saya tetap lancar,” imbuhnya lagi.

Kenyataan inilah yang akhirnya membuat H.Syaiful mendapatkan satu unit mobil Suzuki Ertiga tahun 1996 hasil dari penjualan perkutut. “Corona ternyata memberikan berkah bagi saya karena ternak laris manis dan saya bisa mempunyai mobil Ertiga hanya dalam dua bulan penjualan produk kandang,” ungkapnya lagi.

Kandang ternak tempat Meteor Star berkembang biak

Kini dengan hasil tersebut, H.Syaiful berusaha melakukan upaya untuk terus mengembangkan ternaknya dengan materi-materi yang menurutnya bisa mendongkrak kualitas hasil ternak. “Saya baru saja menambah indukan dari Aurora Bird Farm trah Sinyo dan Romeo yang saya dapatkan dari Pak Sammy, saya berharap hasilnya bisa lebih bagus dan membahagiakan,” harapnya lagi.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.