Connect with us

Lomba

Musda & Rakerda PBI Bali, Mr. Baim Secara Aklamasi Terpilih Sebagai Ketua Pengda Bali

KONBUR Tayang

:

de
Peserta Musda dan Rakerda PBI Bali di Singaraja, Sabtu, 4 Desember 2021.

MUSYAWARAH Daerah (Musda) dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pelestari Burung Indonesia (PBI) Daerah Provinsi Bali 2021 secara aklamasi memilih Mr. Baim atau I Gusti Ngurah Made Darmayana, S.H., M.Kn. sebagai Ketua Pengda PBI Bali periode 2022-2026. Musda yang mengusung tema ‘’Bulatkan Tekad Menuju Perubahan serta Merealisasikan Visi dan Misi PBI’’ ini diselenggarakan di Cozy Resto Buleleng, pada Sabtu, 4 Desember 2021, sehari sebelum gelaran BULELENG BANGKIT G36 yang akan digelar di Lapangan Mixmax, Singaraja.

Hadir pada Musda dan Rakerda tersebut yakni pengurus PBI Pusat yang diwakili Wahyudi, penasehat PBI Bali Rudianto, pengurus PBI Pengda Bali periode 2018-2022, pengurus PBI Cabang Jembrana, Tabanan, Buleleng, Badung, Denpasar, Gianyar, dan Bangli, fungsional juri, peternak, dan peninjau.

Mr. Baim, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PBI Bali 2022-2026

Setelah pembacaan laporan pertanggungjawaban pengurus PBI Bali periode 2018-2022 yang diterima seluruh pengcab dan kepengurusan dinyatakan demisioner, dilanjutkan pembacaan tata tertib pemilihan ketua dan penunjukan pimpinan sidang musda. Peserta menunjuk Rudianto sebagai pimpinan sidang didampingi Haryono. Ketika pimpinan sidang menyampaikan kepada seluruh pengcab yang memiliki hak suara untuk menyampaikan pandangan calon, ketujuh pengurus cabang saat menyampaikan pandangannya hanya tertuju pada satu calon yakni pada Mr. Baim. Sehingga ketika pimpinan sidang menyampaikan ke seluruh peserta apakah setuju memilih Mr. Baim memimpin PBI Pengda Bali, dan secara gemuruh meneriakkan setuju Mr. Baim dipilih sebagai Ketua PBI Pengda Bali periode 2022-2026.

Seluruh cabang menyampaikan alasan memilih Mr. Baim tidak terlepas dari tema Musda yakni membulatkan tekad menuju perubahan serta merealisasikan visi dan misi dari PBI, dimana harapan itu bisa diwujudkan dari kepemimpinan Mr. Baim yang sudah diakui loyalitas dan dedikasinya yang tinggi di perburungan Bali khususnya memajukan PBI. Salah satu concernnya di PBI yakni secara rutin melepasliarkan berbagai jenis burung dan mensupport lomba dan beberapa peternak murai, kenari, love bird hingga berhasil.

Peserta Musda dan Rakerda PBI Bali

Dalam Musda, terungkap selama periode kepengurusan 2018 sampai musda berlangsung aktivitas PBI di Bali belum bisa maksimal, terlebih lagi dua tahun masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan mengurangi aktivitas berkumpul. Namun terpilihnya Mr. Baim sebagai nahkoda PBI Bali, seluruh cabang menaruh harapan bakal terjadi perubahan besar di tubuh PBI Bali.

Ketua PBI Bali Mr. Baim dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta musda yang telah memberikan kepercayaan memimpin PBI Pengda Bali. Penghobi Harley Davidson dan mobil sport ini secara singkat memaparkan program PBI baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Ketua PBI Bali Mr. Baim menerima laporan Ketua Bidang Penangkaran PBI Bali

Mr. Baim yang juga menjabat Sekjen Harley Owners Group Sarana Bali Chapter ini menyadari PBI kian hari saingannya di Bali semakin banyak. Kondisi ini bukan berarti PBI jelek dan mereka bagus, tetapi bagaimana minimal PBI menjadi baik bagi dirinya sendiri, dan tidak harus menjelekkan EO lain atau membanggakan EO sendiri. Untuk itu, ia mengharapkan ke depan pengurus struktural dan fungsional PBI bisa lebih kompak merealisasikan visi dan misi PBI sehingga bisa menjadi contoh EO yang lain. ‘’Saya meminta pengurus pengda, cabang dan fungsional juri PBI untuk tetap kompak, solid dan jangan sungkan-sungkan untuk memberikan masukan demi kemajuan organisasi PBI ini,’’ terang Mr. Baim.

Pada kesempatan tersebut, Mr. Baim berjanji akan melakukan tata kelola penjurian, baik selalu mengingatkan juri agar bekerja fairplay, juga akan merooling juri secara adil dalam bertugas, memperjuangkan quota diklat juri, serta memperjuangkan honor juri sesuai dengan kondisi perekonomian saat ini.

Peserta antusias menghadiri Musda sejak siang sampai malam

Di tengah dunia medsos, Mr. Baim pun mengingatkan para fungsional juri untuk menjaga etika. ‘’Karena baik buruknya juri sebagai unjung tombak fungsional berdampak bukan hanya pada diri sendiri tetapi akan berdampak kepada PBI secara menyeluruh. Karena itu, kita harus kompak menjaga nama baik PBI, kita harus jaga etika dan martabat PBI,’’ ucap Mr. Baim.

Untuk menghidupkan roda organisasi, Mr. Baim yang juga sibuk menjabat Sekjen Night Angles Bali ini juga mendorong agar pengcab-pengcab secara rutin setiap bulan menggelar lomba meski skala kecil atau menengah untuk mengasah kemampuan juri dengan kemasan yang bagus. Ia juga berharap dalam setahun ada lomba berskala besar digelar PBI Bali yang merupakan koalisi seluruh cabang.  

Untuk merealisasikan program-program yang akan digulirkan, selain meminta segera pengcab-pengcab melalukan muscab untuk membentuk kepengurusan baru, juga untuk menjalankan organisasi, Mr. Baim menyusun kepengurusan PBI Bali periode 2022-2026. Diketuai Mr. Baim didampingi Wakil Ketua Mr. Sinatra (Mr. Sin), Sekretaris Agus S dan Wakil Sekretaris Yoga Mahandika, Bendahara Heru, dengan ketua bidang di antaranya Ketua Bidang Organisasi Haryono dibantu anggota Tony Theo, Ketua Bidang Pengendali Lomba Budi Dharma, Ketua Bidang Hukum dan Humas Wahyudi, Ketua Bidang Penangkaran Amar, Ketua Bidang Pendidikan dan Pengkaderan Juri Made Mertajana.

Jadwal lomba PBI Pengda Bali 2022

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bidang Penangkaran Mr. Amar menyampaikan laporan bidang penangkaran Pengda PBI Bali dimana selama pandemi tercatat ada penambahan jumlah penangkaran burung binaan PBI sebanyak 15 penangkar, sehingga total binaan PBI saat ini sebanyak 140 penangkar.

Di akhir Rakerda, Ketua Bidang Pengendali Lomba Budi Dharma memimpin penyusunan jadwal lomba PBI Bali dan Cabang tahun 2022. (gde)

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.