Connect with us

Perkutut

Muscam Pademawu Pamekasan, Prosedur Sesuai Aturan P3SI, Ach.Zainol Arifin Terpilih Jadi Ketua Secara Aklamasi

KONBUR Tayang

:

Jumat, 16 Juni 2023 di Kediaman M.Hosnan yang beralamat di Jalan Lawangan Daya, digelar Musyawarah Kecamatan (Muscam) Pademawu Pamekasan. Hadir sebanyak 23 undangan dari 33 jumlah anggota undangan yang disebar. Sedangkan 10 undangan yang tidak hadir sudah menyatakan ijin karena ada kegiatan lain.

Muscam Pademawu Pamekasan dilaksanakan sesuai prosedur aturan P3SI

Undangan yang hadir adalah anggota kung mania aktif dari Kecamatan Pademawu yang meliputi Desa Tanjung, Desa Dasuk, Kelurahan Bartim, Kelurahan Lawangan Daya, Desa Sentol, Desa Pademawu Timur dan Desa Pademawu Barat. Ketua P3SI Pengda Pamekasan H.Aziz AZ dan Wakil Ketua H.Syaihu yang diharapkan berada di lokasi, juga tidak bisa memenuhi undangan karena ada acara lain yang bersamaan.

“Kami sudah berusaha mengundang Ketua Pengda dan Wakilnya, namun karena ada acara lain yang bersamaan, maka tidak bisa hadir,” jelas M.Hosnan selaku tuan rumah. Ketua lama H.Iskandar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang sudah dilakukan selama ini bersama kung mania.

Sebanyak 23 undangan hadir dalam acara Muscam Pademawu Pamekasan

Permintaan ma’af juga disampaikan jika selama menjadi Ketua Pengcam, banyak hal-hal yang tidak memberikan kepuasan kepada kung mania yang ada di wilayahnya. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota yang selama ini sudah bekerjasama. Saya juga tidak akan lepas dari kesalahan, sehingga perlu meminta ma’af,” kata H.Iskandar.

Sesuai keinginan dari para hadirin, meski tidak menjadi pengurus lagi, H.Iskandar akan tetap aktif sebagai kung mania. Sebagai bentuk apresiasi, akhirnya H.Iskandar masuk sebagai Penasehat Pengcam Pademawu. M.Hosnan selaku Ketua Pelaksana Muscam dalam sambutannya mengatakan bahwa proses yang dilakukan sudah sesuai dengan aturan.

M.Hosnan (baju merah) Ketua Pelaksana Muscam Pademawu Pamekasan

“Saya selaku Ketua Panitia Muscam berusaha melaksanakan amanat AD/ART Kep.03/MUNAS/P3SI/XI/2022 pasal 23, bahwa pergantian Ketua Pengcam prosesnya harus lewat Musyawarah Anggota sebagai badan tertinggi dalam Kecamatan,” tegas M.Hosnan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kecuali ada kevakuman dalam Kepengurusan, pada pasal 15 ayat 8 Pengurus Daerah dapat membentuk Karateker untuk menjalankan organisasi dan menyelenggarakan musyawarah anggota dalam waktu 2 bulan terhitung sejak penunjukan. Selama acara Muscam berlangsung, tidak terjadi interupsi.

Acara Muscam berlajan lancar, aman dan terkendali tanpa interupsi

Seluruh proses pelaksanaan berjalan tertib dan lancar serta mufakat. Saat acara pemilihan, seluruh undangan sepakat dilakukan secara aklamasi dan akhirnya terpilih Ach.Zainol Arifin sebagai ketua terpilih untuk periode 2023 – 2028. Saat memberikan sambutan untuk pertama kalinya sejak tepilih menjadi orang nomor 1 di Pengcam Pademawu, Ach.Zainol Arifin terlihat sumringah.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan peserta Muscam kepada saya untuk menjadi Ketua Pengcam Pademawu. Saya rasa tugas ini tidak mungkin bisa saya bawa sendiri, saya butuh dukungan, kerjasama dan perhatian dari semua pihak untuk bisa menjalankan amanah ini,” terang Ach.Zainol Arifin.

Pemilihan Ketua Pengcam Pademawu berlangsung secara aklamasi

Ditambahkan bahwa amanah yang paling berat adalah menjalankan apa yang selama ini menjadi harapan anggota. Diharapkan di tangan Ach.Zainol Arifin, Pengcam Pademawu bisa lebih maju dan semarak, sehingga pilihan tersebut tidak salah dan sesuai dengan apa yang selama ini menjadi keinginan dan cita-cita kung mania di wilayah tersebut.

Untuk itululah dukungan, masukan, ide, saran dan kritik dibutuhkan untuk membangun organisasi yang sehat. Sesuai arahan, Ketua Terpilih nanti akan melakukan kerjasama dengan berbagai instansi atau muspika setempat, misal Danramil, Kapolsek, Camat dan tokoh-tokoh yang ada di daerah tersebut.

Pengurus Pengcam Pademawu pose bareng usai resmi terpilih

Selain itu menggerakkan latihan-latihan menjadi agenda yang harus segera dilakukan untuk menunjang semarak hobi perkutut yang ada di Pamekasan. Setidaknya Pengcam bisa lebih aktif lagi dalam menyemarakkan hobi. Karena yang pasti Pengcam adalah organisasi paling bawah yang langsung bersentuhan dengan kung mania yang ada disana.

M.Hosnan yang ditunjuk sebagai Pembina Pengcam Pademawu memberikan masukan dan penekanan agar bisa menjadi pedoman bagi pengurus dan juga kung mania. “Tujuan organisasi P3SI adalah agar terjalin rasa persatuan dan kesatuan tetap memelihara rasa kekeluargaan, setia kawan, tidak membedakan golongan/suku, gotong royong, saling menghormati dan memberi petunjuk, tidak saling cela-mencela,baik terhadap burung, perawat dan pemiliknya,” papar M.Hosnan.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.