Connect with us

Ternak

Murai Black Dragon, Ong Bak dan Ring 57, Tiga Jawara Tangguh Koleksi Mr Heru Yang Sudah Lahirkan Generasi Unggulan

KONBUR Tayang

:

Breeding Murai Batu Heru Jakarta
Pasangan Murai Batu Ong Bak dikandang ternak

Menangkar burung murai batu jawara guna melahirkan generasi unggulan kini banyak  dilakukan para penghobinya. Mr Heru (Nabil) salah satu diantaranya. Kicaumania dari Rawamangun Jakarta Timur ini, sukses mencetak anakan dari tiga jawara andalannya Black Dragon (BD), Ong Bak dan Ring 57. Ketiga amunisinya ini kini sudah beranak pinak.

Mr Heru (Nabil) selama ini lebih dikenal sebagai penggemar sekaligus pemain sejati.  Beberapa burung murai batu gaco andalannya seperti Singo Edan, Black Dragon, Ong Bak, Ring 57 dan lainnya kerap meraih prestasi disejumlah even organiser khususnya di Jabodetabek.

Breeding Murai Batu Heru Jakarta
Mr Heru.

Disela kesibukannya sebagai CEO disebuah perusahaan multinasional, hobi burung menjadi bagian yang tak terpisahkan dan sudah dilakoninya sejak lama.

Yang menarik, kini dia tidak hanya fokus menyalurkan hobinya dilomba, tapi juga membudidayakan burung-burung andalannya ini lewat penangkaran. Ada 3 burung yang sudah sukses diternakannya diantaranya Black Dragon, Ong Bak, dan Ring 57.

Breeding Murai Batu Heru Jakarta
Murai batu Black Dragon

Tiga tahun silam, siapa yang tidak kenal Black Dragon, rekam jejak prestasinya nyaris tak terkalahkan disetiap arena  lomba yang diikutinya.  Prestasi gemilangnya ketika dia menjadi pemenang  pertama kelas murai batu utama di Piala Pasundan Bandung I  Bandung.

Ketika itu burung tersebut  masih dikoleksi Bonni Novandi,  yang dikenal kerap merajai disejumlah even-even penting berskala nasional, bahkan spesialis juara dikelas utama.

Breeding Murai Batu Heru Jakarta
Anakan Tunggal Black Dragon

Pasca take-over oleh Mr Heru (Nabil) dari Bonni, prestasi Black Dragon semakin mengkilap. Prestasinya juga terus berlanjut. Sebagai salah satu burung kesayangan, sang pemilik  akhirnya mencoba menternakannya.

Agar kelak mengalirkan trah burung hebat, dipilih indukan betina unggulan dari peternak ternama. Seekor betina istimewa ternakan dari almarhum Iwan Narpati Jakarta yang menjadi pendampingnya.

Breeding Murai Batu Heru Jakarta
Anakan Ong Bak

Dipenghujung tahun 2019 lahir seekor anakan tunggal berjenis jantan trah Black Dragon. Selain Black Dragon, pejantan tangguh lainnya yang berhasil diternakannya ada Ong Bak, burung ini juga memiliki riwayat prestasi cemerlang saat ditangan pemilik sebelumnya. Dia merupakan pemenang di even BnR Award beberapa tahun silam saat burung ini dimiliki Elviano.

Untuk itu, betina yang dipasangkannya juga tentunya pilihan terbaik. Betina yang didatangkan dari kota Malang. Silsilah sibetina tersebut juga bukan burung sembarangan, tak lain adiknya Singo Edan burung jawara andalan Mr Heru saat ini.  Pasangan terbaik ini juga sudah mencetak anakan seekor betina dan 2 ekor jantan.

Pasangan ketiga adalah pejantan Ring 57, juga bagian dari koleksi andalannya. Burung ini sudah banyak meraih segudang prestasi. Ring 57 dipasangkannya dengan betina berbulu warna blorok. Selain bulunya yang eksotis betina blorok ini juga merupakan indukan berkualitas.  Pasangan tersebut baru saja menetaskan anak-anakannya 12 April 2020 lalu.

Breeding Murai Batu Heru Jakarta
Betina Blorok Pasangan Ring 57

Yang jelas, Mr Heru (Nabil) tidak hanya sukses mengantarkan burung-burung miliknya sebagai burung papan atas, tapi juga berhasil melahirkan generasi terbaru anak-anakannya. Kesemua anakan tersebut menggunakan kode ring NFJ BF Jakarta.

Karena dia sebagai penghobi, anak-anakannya tersebut kelak hanya untuk menjadi koleksi pribadinya. Pejantan-pejantan tersebut juga diternakan terbatas tidak lebih dari 2 kali produksi. “Selanjutnya kembali dimainkan, diturunkan kelomba,” pungkasnya.

Sementara, betina-betina tersebut juga akan tetap dia simpannya untuk dipersiapkan dijodohkan dengan burung koleksinya yang lain, Singo Edan dan Singkir Sakti. Keduanya tengah dipersiapkannya ke kandang ternak. *agrobur.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.