Connect with us

Profil

Murai Batu Trisula, Meski Masih Belia Juara Dikelas Utama MJA Bird League Bekasi, Ini Dia Rahasianya

KONBUR Tayang

:

Murai Batu Trisula Hery IP Jakarta
Soleh dan Ujang Kru HIP Jakarta

Murai batu Trisula semakin melejit saja pamornya. Setelah sukses  dieven Road To Indonesia Bird Champions  (IBC) di lapangan New Lenggang  Jakarta dua pekan silam, kali ini dieven MJA Bird League lapangan Hankam Bekasi, Minggu (13/6)  kembali dia mencatatkan prestasi gemilangnya. Juara pertama disalah satu kelas utama dalam usia yang masih belia.

Ajang MJA Bird League yang dikemas bersama juri NzR Indonesia tampaknya menjadi rangkaian perjalanan prestasi murai batu Trisula sang jawara muda bertalenta. Setelah menuai kesuksesan di ajang Road IBC Lenggang Jakarta, kali ini dia membuktikan kestabilannya disesi paling bergengsi.

Murai Muda Trisula, muda bertalenta.

Murai batu Trisula tak lain salah satu koleksi burung Mr Herry IP dari HIP Bird Farm Jakarta. Seperti yang pernah diulas dimedia ini beberapa waktu lalu, burung tersebut didapatnya dari Luckyto BF.

Trisula tak lain anakan dari Tristan salah satu burung terbaik milik Luckyto. Kemudian Mr Herry IP mentakeover anakannya sejak masih trotolan. Kini, meski baru memasuki umur 14 bulan sudah mencapai puncak prestasinya. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa untuk seekor murai batu yang baru melepas masa trotolan.

Prestasinya semakin cemerlang seiring perkembangan umurnya. Dan hebatnnya meskipun burung muda, dia tidak pernah diturunkannya dikelas murai batu muda, tapi justru dikelas murai batu umum yang lawan-lawannya sudah berumur. Namun, tak menyurutkan nyali fighternya diatas gantangan berhadapan dengan lawan.

Dengan kualitas materi irama lagu, volume serta durasi kerjanya yang nyaris tanpa jeda. Isian lengkap,  dari lagu burung-burung kecil kolibri, gereja tarung, hingga tonjolan tembakan cucak cungko, pentet, celilin, kapas tembak, cucak jenggot dan lainnya.

Lantas bagaimana perawatan kesehariannya ? Menurut Ujang salah satu mekaniknya,  kalau burung kondisi lagi fit kesehariannya dimasukan ke kandang umbaran. Sedangkan untuk perawatan lainnya standar jemur tidak lebih dari satu jam, itupun dilihat kondisi terik cahaya mataharinya. Mandi cukup 2 hari sekali.

Kebutuhan pakan utama hariannya selain kroto segar, esktra fooding nya porsi pemberian jangkriknya standar pagi 7 ekor dan sore 7 ekor. “Hariannya cukup hanya kroto sama jangkrik aja, tanpa yang lain. Ini kan burung masih anakan lepas trotol, umurnya muda,” jelas sang perawat. Dengan perawatan sederhana tersebut,  turut mengantarkan prestasi Trisula ketangga juara. Dan perjalanan prestasinya dimasa depan burung muda ini terbentang masih panjang. *agrobur4.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.