Connect with us

Ternak

Murai Batu Macan Ketawa, Produk Sakato BF Yang Jadi Incaran Kicaumania Subang Jawa Barat dan Sekitarnya

KONBUR Tayang

:

Sakato BF Subang Jabar
Murai Batu Macan Ketawa namanya lagi mengorbit.

Bagi Om Fery  Sakato dan Tev Sakato, kesuksesannya sebagai kicaumania tidak hanya memiliki burung jawara bernama Macan Ketawa yang sedang melejit prestasinya ditangga juara. Yang lebih membanggakannya burung jagoannya ini hasil produk penangkarannya sendiri, Sakato Bird Farm Subang. Burung ini jadi incaran kicaumania setempat. Berikut ini materi indukan-indukan terbaiknya.

Om Fery  Bersama Mulyono BF

Belakangan ini, ada satu produk hasil penangkaran Sakato Bird Farm yang tengah mengorbit di kota Subang Jawa Barat dan sekitarnya. Yakni Macan Ketawa. Burung hasil penangkarannya yang kini berusia 2 tahun dengan nomor kode Ring Sakato BF-16  sedang mengkilap popularitasnya, terutama sejak pasca mabung.

Yang paling gres, dia baru saja hampir meraih double winner dengan mengantongi gelar juara 1 dan 2 dieven USA BC, Minggu (16/5) lalu di kota tersebut. “Selama tiga minggu diturunkan, berturut-turut juara pertama dan tiga besar,” ungkapnya.

Antarkan Macan Ketawa Juara

Dalam setiap aksinya diatas gantangan, burung ini kerap menyuguhkan penampilan istimewanya. Tidak hanya menampilkan materi lagu isiannya yang mewah dan komplet dari lagu suara burung kecil hingga tembakan tengkek, cucak jenggot, hingga celilin, durasi kerjanya juga luar biasa.

Tidak heran bila setiap penampilannya di lapangan kerap jadi pusat perhatian muraibatua mania kota tersebut. Tawaran hingga diangka Rp 100 juta pun sempat diajukan lewat rekanannya. “Masih sayang, buat mainan dulu,” tampiknya halus.

Kandang penangkaran Sakato BF

Siapa itu  Macan Ketawa? Burung ini lahir dari indukan pejantan unggulan yang sering juara, yakni Sangkuriang dari Mulyono BF Depok. Sejak pindah ketangan Om Fery prestasi Sangkuriang juga tak kalah hebat. Sangkuriang juga bukan trah sembarangan, yakni anakan Geger.

Ruang Masteran

Sejak memulai menangkar, Om Fery memasukan sejumlah burung-burung unggulannya ke kandang ternak, diantara nama-nama burung andalannya seperti Krismon, Ahok, Cakeutreuk Hideung, Chaplin, Destroy, Sambeul Lada, Gumarang, Lotus, Atambua dan termasuk Sangkuriang yang menjadi salah satu indukan terfavorit di penangkarannya ini.

Karena Sangkuriang merupakan indukan pejantan unggulannya, dia jodohkan dengan betina trah anak Garuda juga dari Mulyono BF, maka lahirlah Macan Ketawa. Selain Macan Ketawa juga masih ada anakan lainnya seperti Sangkuriang Jr dan lainnya. “Jadi kedua pasangan indukan Macan Ketawa semua dari pak Mulyono BF Depok,” ungkapnya.

Anakan Sangkuriang Jr

Ya, boleh jadi, karena selama ini nama Mulyono BF Depok merupakan salah satu breeder dan penyedia murai batu terbaik tanah air. Anakan-anaknnya dari Mulyono BF sudah banyak prestasi dan tersebar di luar kota.

Itu sebabnya, Om Fery sebagai rekanannya, juga mempercayakan indukan dari Mulyono BF sebagai materi indukannya. Budidaya murai batu yang dirintisnya tidak sia-sia, sudah dari jumlah 10 petak kandang ternaknya dia sudah banyak mencetak anakan berkualitas yang sudah tersebar ditangan para pelanggannya, sebagian diantaranya prestasi diberbagai lomba disejumlah kota.

Anakan Ahok Jr

Untuk mencetak anakan yang berkualitas, Om Fery memang tidak mau nanggung dalam beternak. Itu sebabnya materi-materi khususnya indukan pejantannya tidak asal-asalan, melainkan jantan pilihan bahkan burung-burung jawara di lapangan lomba, yang nama-namanya diatas tadi merupakan burung eks jawara yang kini diternakannya.

Begitu juga untuk indukan betinanya semuanya pilihan, betina dipilih dari burung trah unggulan dari sejumlah peternak ternama. Dengan perpaduan materi pejantan juara dengan betina turunan burung unggulan kelak menghasilkan anakan terbaik. Ini juga yang membuat produknya laris manis.

Lazimnya peternakan murai batu pada umumnya, kontruksi kandang yang dibangunnya dibikin permanen. Bangunan kokoh dengan bagian dinding menggunakan batako, masing-masing petak berukuran lebar 1,5 x panjang 2 meter dan tinggi 2,5 meter. Bagian depan kandang yang berlapis kawat halus. Kandang juga dilengkapi kotak sarang berikut bak mandinya.

Anakan Krismon Jr

Kebutuhan ekstrafoding khususnya jangkrik disediakan sebanyak-banyaknya, terutama saat indukan sedang bawa anakan disarang. Anakan dipanen setelah melewati umur diatas 1 minggu.

Hebatnya lagi, produksinya seakan tak pernah berhenti, begitu anakan dipanen indukan langsung kembali berproduksi.

Anakan-anakan tersebut ditempatkan masing-masing satu burung disangkar tersendiri. Dilengkapi beberapa burung masteran atau isian sejenis celilin, kapas tembak, cucak jenggot,  lovebird, kenari dan lainnya. Kini puluhan ekor anakan trotolan burung berkode ring Sakato BF siap meramaikan musim lomba yang akan datang.

Bagi murai batu mania yang ingin merasakan kualitas produk Sakato BF, Subang Jawa Barat bisa langsung WA 085321553166. Banderol anakan trotolannya relatif terjangkau, trah dari indukan pejantan jawara paling murah dikisaran Rp 3,5 juta hingga Rp 5 juta/ekor.   *agrobur4.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.