Connect with us

Ternak

Murai Batu Arlon BF Tangerang: Cetak Produk Berkualitas Panen Anakannya Mengalir Deras, Ini Dia Rahasianya

KONBUR Tayang

:

Arlon BF Tangerang
H Arlon Seleksi Betina Pilihan.

Maraknya persaingan dijenis murai batu memicu banyak kalangan penggemarnya untuk menangkarkannya.. Arlon Bird Farm salah satunya, dia  merupakan salah satu peternak yang banyak mencetak burung unggulan di kawasan Tangerang, Banten. Selain panen anakannya yang  mengalir deras, kualitas anakannya juga menggunakan trah indukan yang berkualitas. Produknya pun laris manis. Berikut ini rahasia suksesnya.

Pasangan Indukan Mengasuh 4 ekor Anakannya.

Sejatinya main burung kicauan bagi H Arlon merupakan hobinya sejak masih kecil. Dan, beberapa tahun kemudian hingga dia berkeluarga hobi itu tetap melekat dan tidak bisa ditinggalkannya. “Sejak tinggal di Tangerang saya mulai main ke lomba,,” kenang pria yang juga  pengusaha dibidang pakaian  ini.

Namun, kejenuhannya sebagai pemain di lapangan sejak ditahun 2013 dia mulai mencoba menangkar murai batu. “Awalnya Cuma 2 kandang karena memang hanya dua pasang indukannya, itupun kandang seadanya saya buat sendiri bersama istri,” jelasnya.

H Arlon Sukses Breeding Trah Juara dan Ekor Panjang.

Seiring dengan berjalannya waktu, penangkarannya terus  bertambah, produknya banyak diminati karena memang berkualitas. Dan  semakin berkembang hingga akhirnya total saat ini 28 petak kandang di kediamannya Jl Kenanga No 52, Perumahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Banten WA 081380567010.

Sebagian besar indukannya memang dari burung eks lapangan dan pernah prestasi di lomba, diantaranya indukan materi juara diantaranya Matrix, Boxer, Rimbo, Marco dan lainnya.

Ruang Pemasteran.

Dari sejumlah materi indukan pejantan tersebut diatas, kini sudah banyak mencetak anakan-anakan unggulan yang sudah tersebar dikalangan para pelanggannya, baik dari dalam maupun luar kota. “Banyak anakannya yang sudah prestasi dipelanggan saya,” ungkapnya.

Bahkan tidak hanya menangkar burung-burung trah indukan pejantan juara, tapi juga menangkar beberapa pasang jenis mura batu ekor panjang. Burung impor ekor panjang diatas up 27 cm yang sudah berhasil dibudidayakannya.

Pakan  Dicampur Calcinut Tingkatkan Produktivitas.

Selain sukses  breeding H Arlon juga memproduksi vitamin, suplemen dan kebutuhan burung bernama Aristo Jaya sebagai bendera usahanya.   Beberapa produk-produknya diantaranya ada Vit Champion untuk menjaga kondisi kesehatan semua jenis burung, Vit Cor-dor penggacor burung, New Star Voice untuk meningkatkan volume terutama bila burung selesai mabung.

Anakan Diberi Bubur Lolohan Agar Cepat Tumbuh Besar.

Untuk kebutuhan anakan ada Toploh pakan untuk lolohan anakan burung serta ada juga Bubur Lolohan untuk meningkatkan pertumbuhan anakan burung. Bagi pasangan indukan juga ada Calcinut untuk kebutuhan kualitas telur dan meningkatkan produktivitas pasangan indukan.Selain itu juga Cricket pakan khusus jangkrik, makanan suplemen jangkrik sebelum dikonsumsi burung burung.

Bertelur 3-4 Butir

Kandang yang dibangunnya dengan kontruksi sebagaimana lazimnya  penangkar murai batu pada umumnya. Kontruksi kandang ternaknya sederhana. Di bangun dilantai 2 atas rumah, menggunakan dinding bahan baku material menggunakan dinding  batako kokoh  masing-masing setiap petaknya ukuran  lebar 90 cm x panjang 2 meter x tinggi 2,5 meter. Bagian depan menggunakan rangka kayu sebagai lapisan penutup ram kawat halus.

Untuk meredam panas, didalami kandang menggunakan pot dilengkapi pepohonan. Sebagai sarana sirkulasi udara, bagian depan yang berlapis kawat halus sebagian terbuka.

Agar sehat Jangkrik Diberi Pakan khusus  Cricket.

Kebutuhan kandang seperti bak mandi, masing-masing 2 kotak sarang yang menggunakan boks kayu di tempatkan di pojok bagian atas kandang. Disediakan bak mandi  air bersih untuk mandinya yang di tempatkan di dalam kandang. Jangkrik disediakan sebanyak-banyaknya di tempatkan di bak plastik, kebutuhan jangkrik tidak dibatasi terutama pasangan indukan yang sedang bawa anakan.

Dari sejumlah kandang ternaknya, sebagian besar indukan berproduksi sangat tinggi. Setiap bertelur rata-rata 3 bahkan 4 butir dan menetas semua.  Untuk kebutuhan tambahan nutrisi pakan pada pasangannya dia menggunakan Calcimut secara rutin.

“Banyak manfaat dari Calcimut ini, selain kebutuhan calcium yang menambah kualitas telur, juga meningkatkan produktifitas pasangan. Anakan belum dipanen indukannya sudah berproduksi lagi. Buat pasangan burung yang baru tahap penjodohan juga lebih cepat kawinnya” jelasnya.

Aneka produk Aristo Jaya.

Indukan jantan maupun induk betina yang tengah mabung atau ganti bulu  di tempatkan di kandang terpisah.  Bila sudah kondisi normal, indukan dijodohkan kembali dengan pasangannya.

Anakan dipanen dari kandang setelah umur di atas 9  hari memasuki umur 12 hari sudah bisa belajar nangkring. Memasuki umur 2 minggu, anakan dipasang ring, dengan kode Arlon BF.  

Anakan pasca panen ditempatkan di boks kardus lebih praktis hingga setelah belajar nangkring dipindah ke sangkar pembesaran. Dimasa loloh ini, anakan diberi pakan khusus lolohan. “Menggunakan pakan bubur lolohan ini turut memacu pertumbuhan anak burung lebih cepat besar dan sehat,” sarannya.

Setelah memasuki umur di atas 2 bulan atau sudah bisa makan sendiri anakan ditempatkan di kandang besar, memasuki umur 3 bulan sudah mulai dipasarkan. Harga trotolan dikisaran Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta tergantung kualitasnya.

Namun karena produknya berkualitas, sudah pasti laris manis. Bahkan dia sendiri acapkali jarang kebagian untuk menyimpan anakannya hingga besar. *agrobur4.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.