Connect with us

Ternak

Mulyono BF Depok, Trotolan Murai Batunya Laris Manis, Tambah Kandang Baru

KONBUR Tayang

:

Breeding Murai Batu Mulyono BF Depok
Mulyono di depan kandang barunya

Ditengah maraknya kehadiran para peternak baru, nama Mulyono BF Depok masih tetap eksis sebagai salah satu peternak murai batu terkemuka saat ini. Bukan hanya produk trotolannya yang laris manis, jantan dewasa siap lomba juga paling banyak diminati kalangan pemain.

Sudah lebih dari sepuluh tahun nama Mulyono BF berkibar sebagai pencetak murai batu berkualitas jempolan. Dari tangannya banyak bermunculan burung-burung unggulan baik hasil ternakan sendiri maupun murai batu hutan yang dipoles lewat tangan dinginnya.

Tersedia trotolan bingga siap lomba

Untuk menghasilkan anakan berkualitas unggulan, pengembangan materi indukannya terus dilakukan, baik materi indukan pejantan maupun betinanya. Sebelum dijadikan materi indukan jantannya, biasanya burung tersebut diujicobanya di lapangan.

Kalau sudah prestasi dan layak dia gunakan menjadi  induk pejantan untuk diternakan, dengan calon indukan betina  hasil seleksi, indukan betina-betina siapan umumnya hasil breeding ring Mulyono BF sendiri yang mengalir trah juara.

Sebagian besar para pelanggan Mulyono BF adalah kalangan pemain lomba,  dia juga  tidak hanya menyediakan burung siap lomba, tapi juga trotolan hingga calon indukan betina siap ternak. “Semuanya ada, trotolan, jantan siap lomba maupun pasangan berikut betina siapan untuk ternak juga ada disini,” jelasnya.

Saat ini, puluhan ekor anakan trotolan trah-trah dari indukan juara yang sudah  siap dipasarkan. Sejumlah burung-burung  untuk lomba juga tersedia di padepokannya di Jl. Raya Pekapuran Kp Babakan Gg. Dongkal Rt 01 Rw 03, Kel. Sukatani, Tapos Pekapuran Depok (WA 081298296606 – 085711806053).

Penangkaran murai batunya sebelumnya 25 petak kandang. Kini dia tambah lagi 10 petak kandang baru didepan halaman rumahnya. Pengunjung bisa melihat langsung proses budidaya peternakan murai batu, terutama bagi calon peternak pemula bisa belajar langsung melihat kandang-kandang penangkarannya ini.

Sejatinya, dia tidak hanya menangkar dikediamannya saja, karena masih ada sejumlah peternak-peternak binaannya khususnya wilayah Depok dan sekitarnya yang secara rutin menyuplai anakan-anakannya yang berkode ring Mulyono BF.

Menurutnya, mereka para peternak binaan juga menggunakan materi indukan pejantan maupun betina darinya. Dan setelah panen, trotolan tersebut dipasarkan dikediamannya.

Sebagai breeder dengan didukung para peternak binaannya, dia sangat menjaga kualitas. Indukan jantan maupun betina yang diternakan oleh para peternak mitranya tersebut juga pilihan yang sudah terseleksi.

Indukan-indukan  betina yang dijadikan materi indukannya mengalir darah jawara-jawara lamanya seperti trah dari Garuda yang  selama ini menjadi ikon basic jawara ring Mulyono BF, juga ada Rajo Kito, Rajo Koyo, Gatot Kaca, Jimat dan lainnya. Nama-nama burung tersebut tak lain jawara lawasnya yang kini menjadi basic blood  dipenangkarannyanya. “Anak-anakan yang sekarang ini ya mengalir  trah dasarnya dari mereka itu,” kata Mulyono.

Dengan menggunakan materi indukan pilihan ini yang membuat produknya laris manis, karena yaitu tadi dia sudah sejak lama banyak melahirkan burung-burung prestasi.  Pelanganyapun tidak hanya di Jabodetabek, tapi sejumlah kota-kota besar di Jawa Barat, Tengah dan Timur bahkan antar pulau.

Untuk harga, relatif, yang jelas masih terjangkau semua kalangan. Paling murah anakan trotolan dibanderol kisaran Rp 3,5 juta hingga Rp 7 juta/ekor. Biasanya tergantung dari kualitas materi indukan pejantannya. Anakan trotolan dari indukan favorit bahkan harga anakan kualitas terbaik hingga dikisaran Rp 10 juta. 

Bagi kicaumania terutama penggemar murai yang penasaran dengan produk Mulyono BF bisa datang memantau langsung anakan trotolan hingga lepas trotol.  “Kalau mau burung dewasa siap turun lomba dan sudah berprestasi di nasional, juga ada. Harganya tentunya disesuaikan, dengan kualitasnya,” pungkasnya diakhir obrolannya. *agrobur4.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.