Connect with us

Perkutut

Moh.Sugianto Resmi Mengisi Posisi Ketua Pengcam Kota Sumenep, Pengukuhan Dilakukan Langsung oleh Ketua Pengda, Berikut Harapannya

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Bertempat di Lapangan Trunojoyo Karangpanasan, salah satu lokasi mangkal kung mania, Ketua P3SI Pengda Sumenep KH.Ach Fauzan Kamil resmi mengukuhkan Ketua Pengcam Kota, Moh.Sugianto pada Rabu, 08 Desember 2021. Acara dihadiri oleh Pengurus Pengda Sumenep, Wakil Ketua Bidang Penjurian Pusat, RB.H.Abd.Halim, tokoh perkutut dan beberapa kung mania.

Serah terima SK Pengcam Kota langsung dari Ketua Pengda Sumenep

Acara dengan nuansa santai begitu terasa dalam acara kali ini. Lokasi yang yang biasa dipakai untuk ngerek bareng sebagai pusat kegiatan yang biasanya dijadikan “rumah singgah” oleh kung mania setempat, disulap menjadi sebuah panggung yang akan mencatat sejarah perjalanan hobi perkutut di kota paling timur Pulau Garam Madura.  

Dalam sambutannya, Ketua P3SI Pengda Sumenep berharap agar Pengcam Kota bisa menjadi salah satu pengurus ditingkat bawah yakni kecamatan untuk mensosialisasikan informasi dari Pengda sampai ke bawah sekaligus bisa membantu mendukung keberhasilan program-program yang akan dilaksanakan oleh Pengda.

Moh.Sugianto (tengah) resmi jabat Ketua Pengcam Kota Sumenep

“Keberadaan Pengcam adalah kelanjutan dari Pengda untuk menyentuh masyarakat tingkat kecamatan, makanya saya berharap banyak kepada seluruh Pengcam agar menjadi ujung tombak di akar rumput untuk membantu mensukseskan keberhasilan program Pengda,” tegas KH.Ach Fauzan Kamil.

Ditambahkan oleh Ketua yang juga seorang Ustadz, bahwa ketika Pengcam bergerak, maka seluruh program Pengda yang dikhususkan untuk kung mania di tingkat bawah agar supaya bisa sampai pada tujuan, karena yang pasti Pengda tidak akan mungkin bisa melakukan tanpa adanya dukungan seperti itu.

Suasana pengukuhan Pengcam Kota Sumenep di Loteng

“Kami dari Pengda tidak mungkin untuk bisa mensosialisasikan seluruh program Pengda sampai ke pelosok yang sulit untuk dijangkau, makanya dengan adanya Pengcam, kami dari pengda berharap seluruh komunitas perkutut yang ada di wilayah Sumenep bisa mendapatkan informasi,” sambung sang Ustadz.

Kolaborasi Pengda dan Pengcam yang terjalin erat, berkesinambungan dan penuh kepercayaan akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat yang lebih baik. “Saya ingin Pengcam juga menjadi bagian dari Pengda, setiap apapun yang akan dilakukan Pengda, Pengcam akan ikut serta untuk merealisasikan,” ungkap KH.Ach Fauzan Kamil lagi.

Foto bareng usai acara pengukuhan pengcam Kota Sumenep

Ketua Pengda berharap kerjasama dan komunikasi harus selalu tercipta  Moh.Sugianto sendiri, pasca resmi menerima amanah sebagai Ketua Pengcam Kota, mengaku siap menjadi bagian dari organisasi perkutut di Sumenep. Kedepan, Sumenep yang lagi marak-maraknya penggemar perkutut, baik yang baru ataupun yang lama akan menjadi modal kuat.

“Saya ingin bergerak bersama Ketua Pengda untuk menyemarakkan hobi perkutut di Sumenep. Terus terang sebenarnya repot tapi demi hobi perkutut, saya siap untuk membantu menyemarakkan hobi perkutut. Bagaimana Sumenep bisa lebih rame, itu adalah tugas saya dan juga pengurus yang lain,” terang salah satu pejabat di Pengadilan Sumenep.

Pembacaan do’a oleh KH.Abd.Rasid Mukmin PP Tarate

Disisi lain Moh.Sugianto juga berharap agar Pengurus Pengcam lain bersama-sama bahu membahu menjadikan Sumenep lebih semarak lagi. “Saya mengusulkan agar daerah yang belum adakan kegiatan, disegerakan untuk mengatur jadwal agar masyarakat setempat lebih bersemangat untuk menekuni hobi perkutut,” usulnya.

Ekspresi kung mania usai mengikuti acara Pengukuhan

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan hobi perkuttu jangan hanya didominasi dan dipusatkan pada lokasi-lokasi tertentu, tapi seluruh wilayah yang ada harus juga disentuh. “Saya berharap kegiatan hanya bisa ramai di pusat kota, tapi pinggiran harus juga disentuh. Kita bantu Pengcam agar disana yang sudah punya perkutut ada semangat untuk menekuni,” sambugnya.

Sosok dibalik sukses acara pengukuhan Pengcam Kota Sumenep

Beberapa waktu lalu, saat Moh.Sugianto safari ke daerah yang kebetulan berkomunikasi dan berinteraksi dengan peghobi bonsai, mereka malah bertanya, apakah ada hobi perkutut. “Ada sebagian penghobi bonsai yang tanya soal hobi perkutut, saya sempat jawab bahwa perkutut ramai. Nah, ini sebenarnya peluang untuk bisa masuk pada komunitas mereka,” kata Ketua Panguyuban Perkutut Trunojoyo.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.