Connect with us

Perkutut

Maskur Budiyanto, Kepala Desa Gili Anyar Kamal Bangkalan, Angkat Usaha Mikro Masyarakat Lewat Hobi Perkutut

KONBUR Tayang

:

Liga Hanging Bangkalan Seri II Putaran 4, baru saja rampung dilaksanakan pada Minggu 24 Oktober 2021. Banyak catatan yang penting untuk disampaikan terkait kegiatan tersebut, mulai dari perolehan peserta yang mencapai angka 260 ekor sampai pada lokasi yang digunakan, terbilang luas, nyaman dan cukup mewah.

Maskur Budiyanto, Kepala Desa Gili Anyar Kamal Bangkalan

Penggunaan lapangan Gili Anyar Kamal sebagai lokasi liga, tidak terlepas dari dukungan penuh yang diberikan Kepala Desa setempat yakni Maskur Budiyanto. “Terus terang selain kekompakan Pengurus Pengcam Kamal dan rekan-rekan, liga kali ini mendapatkan dukungan penuh dari Bapak Maskur Budiyanto Kepala Desa Gili Anyar Kamal,” terang Abdul Manap selaku tuan rumah dan juga Ketua Liga Hanging Bangkalan 2021.

Maskur Budiyanto ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa perkutut adalah bagian dari hobi yang sampai saat ini masih ditekuni. “Saya memang suka perkutut, sampai sekarang masih tetap menekuni hobi ini,” jelas Maskur Budiyanto.

Bersama Ketua Pengwil Jatim dan tokoh perkutut Kamal Bangkalan

Ketika ada informasi akan diadakannya kegiatan liga di wilayahnya, Maskur Budiyanto langsung menyatakan mendukung kegiatan tersebut untuk segera direalisasikan. Dukungan tersebut bukan sekedar karena kebetulan perkutut adalah hobinya, namun lebih pada manfaat yang akan dicapai.

“Banyak masyarakat di Gili Anyar Kamal yang menyukai dan menekuni perkutut, makanya saya berharap agar hobi ini bisa lebih maju sehingga memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat saya,” ungkapnya. Lebih lanjut dikatakan bahwa setidaknya dengan hobi perkutut, masyarakat akan mendapatkan income.

Angkat ekonomi mikro masyarakat lewat perkutut

Masyarakat yang ternak dan main perkutut akan merasakan manfaatnya. Maskur Budiyanto menambahkan bahwa ketika hobi perkutut ramai, maka banyak yang cari, sehingga peternak dan pelomba diuntungkan. Ada income yang bisa didapat dari kondisi demikian. Untuk itulah Maskur Budiyanto berusaha agar hobi perkutut di Kamal bisa lebih semarak.

Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya harus selalu ada kegiatan. Makanya, ketika ada keinginan untuk mengadakan even berupa liga, Maskur Budiyanto langsung menyatakan mendukung. “Saat itu saya sarankan untuk menggunakan lahan yang luas dan nyaman sehingga peserta merasa nyaman berada di lokasi tersebut,” sambungnya.

Saat memberikan sambutan dalam Liga Hanging Bangkalan

Sebagai wujud dukungan terhadap hobi perkutut di Gili Anyar Kamal, Maskur Budiyanto juga membangun kerekan di wilayah tersebut. “Saat ini ada sekitar 2 blok kerekan yang saya bangun untuk digunakan oleh masyarakat yang hobi perkutut, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobinya,” kata Kepala Desa Gili Anyar ini.

Bahkan jika diberikan ijin dan diperkenankan, Gili Anyar Kamal siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan lomba perkutut. “Saya siap menjadi tuan rumah lomba, soal lokasi nanti bisa saya carikan, atau lokasi yang sekarang ini bisa dipakai karena ini adalah lahan milik desa,” janjinya.

Dukungan penuh Maskur Budiyanto pada hobi perkutut

Jika lokasi yang sekarang ada, masih kurang, Maskur Budiyanto siap menyempurnakannya demi kelangsungan hobi perkutut itu sendiri. Karena dengan lokasi yang ideal, maka membuat masyarakat yang menekuni, bisa lebih semangat, nyaman dan fokus untuk melakoni hobi tersebut.

Selain untuk mengangkat ekonomi mikro masyarakat, dukungan terhadap hobi perkutut didasarkan pada nilai dari seni dan kebudayaan. “Perkutut adalah salah satu budaya yang harus kita lestarikan, siapa lagi yang akan meneruskan budaya tersebut, kalau bukan kita-kita yang sekarang ini,” ungkap pria yang senang perkutut sejak tahun 2016 lalu.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.