Connect with us

Lomba

M1 Subdenpom BC Jember: Adu Kualitas di kelas Best Of The Best, Inovator dan Mahkota Curi Kemenangan

KONBUR Tayang

:

M1 Sudenpom BC Jember
ARENA SUBDENPOM BC JEMBER. Layak jadi barometernya perburungan

Dua puluh lima jago-jago hebat dari berbagai kota yang ada di wilayah tapal kuda blok timur, seperti Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. Hari Minggu 4 Agustus 2019 kemarin, terlibat tarung derajat di arena Subdenpom BC Jember, agar bisa memperebutkan gengsi dan prestasi sebagai burung terbaik.

Ada dua kelas spesial yang jadi sesi paling menarik di Gelaran M1 kemarin, yaitu kelas Cucak Hijau (CH) Best of The Best (BOB) dan kelas BOB Murai Batu (MB). Dan di dua kelas itulah, mental, durasi kerja serta kualitas lagu para jawara betul-betul diuji oleh tim juri Subdenpom BC yang memang sudah diakui kredibilitas serta ketegasnya oleh kicaumania.

M1 Sudenpom BC Jember
AJANG M1 SUBDENPOM BC JEMBER. Banyak diluruk jago-jago papan atas

Meski dua kelas spesial tersebut ada diurutan ke 11 (CH) dan 12 (MB) di jadwal yang disusun oleh panitia Subdenpom BC. Namun semua tiket di dua kelas best of the best tersebut sudah ludes terjual beberapa hari sebelum ajang ini digelar. Termasuk dua kelas JLBF yang jadi gebrakan baru dari komunitas Jember Love Bird Fellowship.

M1 Sudenpom BC Jember
JUARA ANIS MERAH. Berhasil diboyong oleh Panglima

Dan tepat pukul  12.00 WIB, ajang M1 yang masih tetap dalam tradisi tanpa teriak itupun dimulai. Dibuka sesi pertama kelas Anis Merah Jendral, Panglima milik Mr.Rudy Cell langsung menyodok dan berhasil mencuri podium pertamanya. Namun sayang di sesi Anis Merah Perwira, podium terbaiknya berhasil direbut oleh Rusak Soto milik Mr.Asep dari Banyuwangi.

M1 Sudenpom BC Jember
JUARA LB BALIBU A. Sandro milik Mr.Daniel G2k

Berlanjut sesi berikutnya yaitu kelas LB Balibu A. Kali ini Sandro, jago muda andalan Mr.Daniel punggawa dari G2k BC Jember berhasil lolos dari kepungan pesaingnya. Namun di dua sesi LB Balibu berikutnya, untuk LB Balibu B, podiumnya mampu direbut oleh Badut Jr milik Mr.Danang. Dan di LB Balibu C, Klepon andalan Mr.Kiki yang sukses.

M1 Sudenpom BC Jember
JUARA IJO GAMA. Direbut Pelor milik Mr.Thomas

Kemudian di sesi ke 3, kelas CH Gajah Mada yang full gantangan. Pertarungan di kelas ini juga sangat ketat. Karena jago-jago yang turun juga masuk didaftar kelas BOB. Dan pertarungan sengit itupun akhirnya dimenangkan oleh Pelor yang jadi andalan Mr.Thomas. Namun di kelas CH lainnya, ada nama-nama jago hebat lainnya yang juga sukses menembus podium utama.

M1 Sudenpom BC Jember
JUARA MURAI GAMA. Zulkarnaen berhasil naik podium

Seperti di kelas CH Polisi Militer, adan nama Disco milik Mr.Yudha Bursa. Lalu di kelas CH Jendral, ada nama Inova andalan Mr.Dulur. Dan di kelas CH Perwira, Asam Urat yang diusung oleh Mr.Imam Safii dari Lumajang, juga berhasil mencuri podium pertamanya.

Begitu pula untuk sesi MB Gajah Mada, yang juga banyak dihuni oleh jago-jago kelas BOB. Zulkarnaen milik Mr.Xavi SBR yang memang terliha paling dominan, berhasil memaksa tim juri untuk menancapkan bendera koncer A mutlak. Namun di sesi MB lainnya, ada nama Granat milikH.Rendy dan ada Bedjo andalan Mr.Yaman yang juga berhasil naik podium utama.

M1 Sudenpom BC Jember
JUARA LB DEWASA JENDRAL. Direbut Tobat milik Mr.Pom Pom

Memasuki kelas LB Dewasa Jendral, Tobat milik Mr.Pom Pom langsung mengunci dipodium pertama. Namun di dua sesi LB Dewasa selanjutnya,yaitu LB Dewasa Perwira dan LB Dewas Komando. Semua podium pertamanya mampu diboyong habis oleh Sinyo yang jadi  andalan Mr.ABG AJ Tropy dari JLS BC Puger.

M1 Sudenpom BC Jember
JUARA KACER JENDRAL. Raja Tuak sukses sebagai pemenangnya

Untuk dua sesi kelas LB JLBF yang jadi kelas baru di Subdenpom BC juga mendapat perhatian luar biasa dari pencinta paruh bengkok. Terbukti dua kelas itupun full gantangan. Dan Pak Pak Tung milik Mr.Andre komandan dari G2K BC, berhasil memboyong habis dua gelar juaranya.

M1 Sudenpom BC Jember
JUARA KELAS LB JLBF. Pak Pak Tung sukses double winner

Dan sukses Pak Pak Tung merebut dua tropy juara 1, bukan karena kebetulan. Tapi berkat polesan jitu sang pemilik sebelum menggantang Pak Pak Tung. Dan menurut Mr.Andre, Pak Pak Tung bisa kerja maksimal karena berkat pakan G2-K.”Betul, tadi sebelum main Pak Pak Tung tak gerojok pakan itu dan Alhamdulillah, hasil sesuai bukti,” terang Mr.Andre.

M1 Sudenpom BC Jember
PEMENANG UNDIAN LB EWING. Dari kelas JLBF

Di kelas Kacer Jendral, juga terjadi persaingan sengit dan jago yang terlihat kerja menonjol saat itu. Adalah Raja Tuak andalan milik Mr.Pri Sniper Situbondo, jago yang punya gaya bak sorang pendekar mabuk. Sambil melepas lagu tipe ngeroll gereja disambung lovebird serta burung-burung kecil lainnya itu berhasil merampas podium pertamanya.

Namun sayang saat turun kembali di Kacer Perwira, Juventus milik Mr.Rusman mampu meredam ambisi Raja Tuak. “Sayang di sesi kedua settingan Raja Tuak sedikit kencang, sehingga kerjanya kurang maksimal dan ada ngetimenya (diam sebentar),” tutur Mr.Pri Sniper.

M1 Sudenpom BC Jember
TIM JURI SUBDENPOM BC JEMBER. Fokus mencari burung yang kualitas.

Sedangkan untuk dua sesi kelas Cendet, semua podium terbaiknya berhasil diborong oleh Hanoman milik Mr.Fiki. Dan untuk 3 sesi kelas Kenari, masing-masing juara satunya berhasil direbut oleh Mahameru milik Mr.Dedy TB, Veloz milik Mr.Nanda dan Sang Maestro andalan Mr.Oki DKS.

M1 Sudenpom BC Jember
KELAS BOB CUCAK HIJAU. Persaingannya sangat ketat.

Dan sesi yang ditunggu-tunggu pun dimainkan yang diawali dengan BOB Cucak Hijau. Dan begitu dua puluh lima burung memasuki arena, suasana pertarungan antar jago terlihat ramai, adu mental dan kualitas lagu terdengar saling bersautan. Namun tim juri dengan sigap dan fokus, terus memantau satu persatu, kualitas dan kerja dari masing-masing jago.

M1 Sudenpom BC Jember
JUARA BOB CUCAK HIJAU. Mampu direbut oleh Inovator

Di detik-detik terakhir, ada empat burung yang jadi perhatian tim juri. Dan setelah keempat burung-burung tersebut betul-betul diamati, akhirnya tim juri memutuskan Inovator milik Mr.Dedy TB sebagai The of The Best pertama. Dan menyusul kemudian, Dungala milik Mr.Iwan, Express andalan Mr.Anang dan Disco milik Mr.Yudha Bursa.

Begitu pula di sesi Best of The Best Murai Batu, pertarungan sengit dan seru juga ramai terjadi. Bahkan di sesi ini bak partai neraka, karena nyaris semua jago turun punya kualitas yang nyaris seimbang. Selain terdengar rollingan lagu yang terdengar sambung menyambung. Suara tembakan panjang juga terdengar silih berganti.

M1 Sudenpom BC Jember
KELAS BOB MURAI BATU. Jadi partai neraka

Hari itu dua puluh lima murai hebat, benar-benar pamer kualitas dihadapan tim juri. Namun setelah waktu yang sudah ditentukan dan tim juri juga sudah mengamati semua jago yang tarung di sesi ini. Akhirnya empat murai batu hebat, berhasil dinobatkan sebagai Best of The Best.

M1 Sudenpom BC Jember
JUARA BOB MURAI. Berhasil diboyong oleh Mahkota

Pertama Mahkota yang diusung oleh Mr.Sasli Paleran, kedua Venom milik Mr.Yunus YNS, ketiga Granat andalan H.Rendy Situbondo dan keempat Hijrah milik H.Sugeng Distro Tuluangagung. Itulah burung-burung hebat yang  sukses menembus prestasi juara di ketatnya persaingan. Dan untuk nama-nama jago lainnya yang masuk nominasi kejuraan, bisa dilihat di box daftar juara.

“Saya mewakili semua kru panitia dan tim juri yang bertugas serta dari JLBF. Mengucapkan banyak terima kasih atas dukunga, partisipasi serta kehadiran rekan-rekan kicaumania di Subdenpom BC. Dan apabila ada kekurangan, kami semua juga mohon ma’af. Selamat bagi para juara, dan bagi yang belum jangan kecewa, karena masih ada kesempatan di M1 berikutnya,” kata Mr.Wawan.  *agrobur2.

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.