Connect with us

Perkutut

Liga Perkutut Madura II Sumenep, Dibuka Langsung Bupati, Pengda Sumenep Resmi Dilantik, Berkah dan Cinta-Cinta Kembali Moncer, Mahabatin dan Kaesar BM Jadi Pilihan Juri

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Memasuki putaran II, pelaksanaan Liga Perkutut Madura, Minggu 4 April 2021 makin menunjukkan kelasnya sebagai gelaran yang memiliki daya tarik bagi kung mania di seluruh tanah air. Meski jumlah blok dan peserta tidak sebesar pada pelaksanaan putaran I yang mencapai 22 blok, namun berlangsung sukses dan lancar.

Bupati Sumenep H.Achmad Fauzi sedang memberikan sambutan

Kali ini even yang dihelat menempati lapangan Saronggi Sumenep hanya mencapai 19 blok dengan rincian Kelas Dewasa Senior 3 blok, Dewasa Yunior 4 blok, Piyik Yunior 7 blok dan Piyik hanging 5 blok. Dekky Purwanto selaku Ketua Pengda P3SI Sumenep mengatakan sangat bersyukur karena acara bisa tergelar tanpa masalah.

“Saya atas nama Pengda Sumenep mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta dan panitia yang telah mendukung Liga Perkutut Madura II,” tegas Dekky Purwanto. Lebih lanjut dikatakan bahwa pilihan lokasi yang berada jauh di jantung kota dimaksudkan untuk memancing masyarakat setempat.

H.Gunawan Ketua Pengwil Jatim sedang membacakan SK

“Kami sengaja memilih lokasi di pedesaan dengan harapan untuk menyapa masyarakat disana untuk mengenal dan akhirnya menekuni hobi perkutut,” imbuhnya. Sebelum acara penjurian dilakukan, H.Gunawan Ketua Pengwil Jawa Timur sempat memberikan arahan pada juri yang bertugas.

Penyerahan SK dari Ketua Pengwil pada Ketua Pengda

“Hastag LPM adslah Fair Play, cita-cita luhur ini harus tercapai. Agar bisa tercapai maka juri menjadi faktor penentu, maka dari itu juri harus menunjukkan kinerja terbaiknya,” terang H.Gunawan. Harapan lain yang disampaikan Ketua Pengwil Jatim adalah agar juri senior bisa membantu juri-juri muda untuk menimbah ilmu lebih banyak.

“Harapan saya juri Jawa Timur tidak sampai terpecah-pecah dan bisa menjadi juri terbaik di Indonesia,” harap H.Gunawan. Penunjukan Dewan Juri dilakukan dengan cara dilotre. Di akhir breefing untuk juri, H.Kamil selaku Ketua LPM berharap juri bisa menjalankan tugas dengan baik.

P3SI Pengda Sumenep resmi dilantik

“Juri jangan takut berbuat baik karena saya siap memback up keselamatan kalian selama apa yang dilakukan benar,” tegas H.Kamil. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Sumenep H.Achmad Fauzi SH,MH yang secara resmi membuka acara. Dalam sambutannya, H.Achmad Fauzi mengatakan bahwa pandemi Corona jangan dijadikan alasan untuk memutus silaturrahmi. 

Berkah kembali moncer di podium pertama Dewasa Senior

“Terus melakukan silaturahmi di tengah Pandemi Corona saya yakin dengan silaturahmi maka akan semakin memperkuat hubungan keluarga,” jelas Achmad Fauzi. Ditambahkan olehnya bahwa gelaran seperti ini akan mampu memberikan aspek ekonomi dan sosial.

“Harapan kami dengan lomba seperti sekarang ini akan memberikan aspek ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat. Yang terpenting adalah protokol kesehatan jangan sampai diabaikan,” ungkap Achmad Fauzi lagi. Dalam kegiatan tersebut dilakukan pelantikan Pengda P3SI Sumenep.

H.Gunawan sukses orbitkan Primadona di Dewasa Senior

H.Gunawan, Ketua Pengwil Jatim yang hadir langsung melantik pengurus. Dalam sambutan jelang acara penyerahan SK, H.Gunawan menuturkan bahwa mulai saat ini Pengda Sumenep sudah bisa memulai program unggulan. “Saya yakin dan percaya bahwa Pengda Sumenep bisa menjalankan program untuk menyemarakkan hobi perkutut di Madura,” tutur H.Gunawan.

Cinta-Cinta jawara tanpa tanding Kelas Dewasa Yunior

Dekky Purwanto, yang kini resmi menyandang predikat sebagai Ketua Pengda Sumenep berharap bisa menjalankan amanah. ” Saya mohon dukungan dan kerjasama diantara seluruh komponen, mulai dari pengurus, tokoh senior, penghobi, peternak dan pihak-pihak terkait untuk mensukseskan program Pengda Sumenep,” harap Dekky Purwanto.

Setelah melalui empat babak penjurian, akhirnya  ditetapkan posisi kejuaraan di masing-masing kelas. Untuk Kelas Dewasa Senior, Berkah orbitan Team GM Sampang keluar sebagai juara pertama. Perkutut ternakan CTP yang dikerek pada nomor 83 susah mengunci perolehan podium pertama sejak babak kedua, setelah meraih bendera 4 warna.

Peserta berpresasi, peraih juara 1 sampai 10 Dewasa Senior

Bahkan kenyakinan Encung sang perawat untuk memastikan bahwa perkutut polesannya akan menjadi juara terjadi pada babak ketiga setelah mempertahankan kembali bendera 4 warna di babak ketiga. Meski pada babak pertama hanya meraih bendera dua warna hitam.

Peserta berprestasi, juara 11 sampai 20 Dewasa Senior

Di akhir babak raihan bendera tiga warna hitam semakin melengkapi perolehan nilai yang diraih Berkah. Kemenangan ini semakin memperlebar jarak Berkah dalam perolehan poin dengan total saat ini mencapai 300. Menyusul pada posisi kedua, Primadona andalan H.Gunawan Amuse Bangkalan.

Peserta berprestasi, peraih juara di Kelas Dewasa Yunior

Perkutut produk ternak ITS yang menempati nomor kerekan 66 sukses berada pada urutan kedua setelah berhasil meraih bendera tiga warna pada babak pertama dan kedua, tiga warna hitam babak ketiga dan memastikan diri sebagai peraih podium kedua setelah bendera 4 warna pada babak akhir tertancap persis di bawah tiang kerekan miliknya.

Peserta berprestasi, peraih juara 1 sampai 10 Piyik Yunior

Sedangkan ditempat ketiga ada Petir amunisi H.Tohir PHT Gresik. Perkutut hasil ternak JBM yang menempati nomor kerekan 44 berhasil meraih juara dengan raihan bendera tiga warna pada babak pertama dan keempat, serta tiga warna hitam blpada babak kedua dan ketiga.

Peserta berprestasi, peraih juara 11 sampai 20 Piyik Yunior

Di Kelas Dewasa Yunior, Cinta-Cinta Orbitan Koko Solo kembali terpilih pada podium pertama. Perkutut ternakan Batu Sangkar yang menempati nomor kerekan 191 berhasil menjadi juara berkat raihan bendera tiga warna hitam pada babak pertama, kedua dan keempat serta dua warna hitam pada babak ketiga.

Peserta berprestasi, peraih juara 21 sampai 30 Piyik Yunior

“Alhamdulillah Cinta-Cinta kembali juara,” jelas Taufiq sang perawat. Disusul kemudian Sinar Mega andalan H.Kurniadi Widjaja Sumenep, ring Cakrawala. Menempati nomor kerekan 220, Sinar Mega berhasil mengkoleksi nilai bendera tiga warna pada babak pertama, kedua dan keempat serta tiga warna hitam babak ketiga.

Peserta berprestasi, peraih juara 1 sampai 10 Piyik Hanging

Dan tempat ketiga ada Raja Tengkung amunisi H.Yusuf NS Banyuates Sampang. Ternakan produk JBM yang dikerek pada nomor 137 berhasil meraih bendera dua warna hitam pada babak pertama, tiga warna babak kedua dan keempat serta tiga warna hitam pada babak ketiga.

Peserta berprestasi, peraih juara 11 sampai 20 Piyik Hanging
Peserta berprestasi, peraih juara 21 sampai 30 Piyik Hanging

Di Kelas Piyik Yunior, Mahabatin orbitan Ali Sulaiman Sumenep ring Pojur yang menempati nomor kerekan 586 menjadi yang terbaik pertama. Disusul kemudian eh Mandalika andalan H.Wawan Sempolan Jember ring Kho-Kho yang menempati nomor kerekan 476 dan urutan ketiga ada Prabu Siliwangi amunisi Achmad/Tim AKS Pamekasan ring LK pada kerekan 515.

Tim Tombo Ati Bangkalan sukses orbitkan produk unggulan

Di Kelas Piyik Hanging, Kaesar BM orbitan Kades Buhari Rang Perang Laok Pamekasan ring JBM yang menempati nomor gantangan 152 ditetapkan sebagai juara pertama, disusul kemudian Super-Min andalan Holik JBN Galis produk ternak JBN pada gantangan 130 sebagai juara kedua dan tempat ketiga diraih Camel New amunisi Yanis Ploo Candi Dungkek ternakan AKS pada gantangan 189.

Peserta yang beruntung membawa pulang doorpirze utama

Diakhir acara Dekky Purwanto atas nama panitia mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kerjasama peserta dan meminta ma’af atas kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan acara. *agrobur.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.