Connect with us

Perkutut

Liga Hanging Sampang Putaran VI, Membuka Diri untuk Produk Luar, Kramat Jati Tampil Stabil dan Pastikan Juara

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Memasuki putaran VI, Liga Hanging Peternak Sampang, Kamis 14 Oktober 2021 mulai membuka diri untuk peternak di luar Sampang. Artinya bahwa meski gelaran kali ini adalah Liga Hanging Peternak Sampang, namun peserta dari peternak di luar sampang bisa ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Kramat Jati pastikan juara pertama berkat tampil stabil di tiga warna

KH.Muhlis, ketua Pelaksana mengatakan bahwa hal ini untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi peternak di luar Sampang untuk bisa menyalutkan hobi perkututnya. “Memang benar bahwa mulai Putaran keenam, peserta dari luar Sampang, bisa ikut kegiatan di liga hanging, kami selaku panitia membuka diri,” terang KH.Mulis.

Hal senada dikatakan Zainul Gaffar, salah satu panitia. Menurut pemilik PGM Bird Farm ini, langkah tersebut bertujuan untuk menyemarakkan hobi perkutut, khususnya di Kabupaten Sampang dan Madura pada umumnya. “Setelah kami pertimbangkan, maka Liga Hanging Peternak Sampang bebas diikuti oleh ring dari luar,” terang Zainul Gaffar.

Peserta yang berhasil meraih juara

Namun demikian, peternak atau produk dari farm di luar Sampang tidak memiliki kebebasan seperti yang dimiliki peternak Sampang. Meski Liga Hanging Sampang bisa diikuti oleh peternak di luar Sampang, namun jika ada yang berhasil masuk daftar sepuluh besar, maka perkutut tersebut tidak berhak atas poin.

“Bagi peternak dari luar Sampang yang ikut Liga Hanging dan ternyata juara di urutan sepuluh besar, maka tetap berhak atas hadiah kejuaraan, tetapi tidak mendapatkan poin seperti peserta lainnya yang benar-benar peternak dari Sampang,” papar Zainul Gaffar. Hal ini bertujuan agar ada perbedaan antara peternak Sampang dan tidak.

Peserta yang berprestasi berhasil menjadi juara

“Liga ini kan agenda milik peternak Sampang, yang dilombakan juga perkutut ternakan Sampang, maka kami pasti memprioritaskan dan memberikan kemudahan bagi mereka. Tetapi kami tetap membuka diri untuk orang lain,” sambung Zainul Gaffar. Seperti yang terhadi dalam gelaran kali ini.

Ada beberapa peternak luar Sampang yang produknya masuk juara sepuluh besar, maka panitia menganulir poin meski tetap mendapatkan hak hadiah kejuaraan. Sementara itu, lapangan kedungdung Sampang yang dipilih menjadi lokasi liga, diikuti oleh sekitar 3 blok peserta. setiap bloknya berisi perkutut sebanyak 55 ekor.

Suasana penjurian Liga Hanging Sampang

Dari empat babak penjurian, akhirnya ditetapkan sebagai peraih juara. Untuk juara pertama, diraih Kramat, orbitan Mat Raki Ketapang. Keberhasilan perkutut ternakan Delfina yang digantang pada nomor 159 berkat penampilan yang stabil dengan raihan bendera tiga warna empat babak berturut-turut.

Diurutan kedua, ada Lestiy andalan Team GM Kedungdung. Menempati nomro gantangan 125, perkutut ternakan GM ini sukses mendapatkan bendea tiga warna pada babak pertama, kedua dan ketiga serta dua warna hitam pada babak keempat. Di tempat ketiga ada Banyu Langit milik H.SHoleh Sampang. Ternakan King Sutra yang menempati nomor gantangan 144 menang setelah meraih bendera tiga warna pada babak kedua, dua warna hitam pada babak pertama, ketiga dan keempat.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.