Connect with us

Derkuku

Liga Derkuku Bali Seri II 2020, Digeber 9 Agustus Ini Ketat Terapkan Prokes

KONBUR Tayang

:

de
DEKU MANIA BALI: Siap tarung bebas di Liga Derkuku Bali seri II 2020, 9 Agustus ini.

SETELAH lama tidak bisa melombakan burung lantaran harus diam di rumah karena pandemi Covid-19 mewabah di dunia dan juga terjadi di Bali, akhirnya deku mania Bali bisa melampiaskan kerinduannya pada gelaran Liga Derkuku Bali seri II yang akan dilaksanakan Minggu, 9 Agustus 2020 mendatang di Lapangan Nero Jalan Teuku Umar Barat Denpasar.

‘’Setelah Liga Derkuku Bali seri I 2020, kami langsung istirahat total karena wabah Covid-19, tetapi Minggu ini kami mulai aktivitas berlomba lagi,’’ terang Ketua PPDSI Bali Hariyanto saat gelar rapat panitia, Minggu (2/8) di markas Sakti BF yang dihadiri bendahara H Anang AMG, Rais Sugiyanto, Komang Prancis, Bagus Wirawan, Suripto dan Mbah Budhi.

Setelah keputusan melanjutkan kembali Liga Derkuku Bali 2020, kata Hariyanto respons deku mania Bali dan juga dari Jawa dan Lombok begitu luar biasa. Bahkan mereka ingin sekali berlomba kembali di Bali sekaligus menikmati suasana Bali yang dikenal akan budayanya yang unik. ‘’Deku mania Bali sudah banyak yang mendaftar dan kami hanya membuka kelas dewasa senior dan junior masisng-masing 1 blok,’’ ujar Hariyanto, pemilik TA BF.

Namun karena LDB seri II ini digelar di tengah pandemi Covid-19 dimana Pemerintah Provinsi Bali sudah membuka aktivitas masyarakat dalam tatanan kehidupan era Baru per 9 Juli tahap pertama dan 31 Juli tahap kedua, maka gelaran lomba akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) aman Covid-19 secara ketat. Baik peserta wajib menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir yang disiapkan panitia, tetap menjaga jarak dan panitia akan mengukur suhu tubuh setiap peserta sebelum memasuki arena lapangan. ‘’Untuk menjaga tidak terjadi kerumunan, panitia hanya membuka 2 blok saja,’’ kata Hariyanto.

Sementara itu, beberapa deku mania Bali menyampaikan menyambut baik LDB seri II dilanjutkan. Seperti yang disampaikan H Anang AMG, selama ini deku mania hanya bisa melatih burung di rumah masing-masing dan sebagian besar memilih mengembangkan di kandang. Namun sekarang dengan adanya LDB penghobi derkuku bisa melatih hasil ternakannya masing-masing dan dipastikan gairah penggemar derkuku akan semakin naik. ‘’Kami siap menurunkan seluruh amunisi,’’ ucap H Anang AMG yang selain peternak derkuku juga peternak perkutut dan puter pelung di H Anang Motor Jl. Mahendradata Denpasar.

Hal yang sama juga dilontarkan pemilik IBW BF Bagus Wirawan dan Rimba BF Komang Prancis. Mereka sudah kangen untuk menggantang hasil tetasannya bersama rekan-rekan deku mania. Walaupun selama Covid-19 deku mania sering mengaploud suara derkuku hasil tetasan atau gaco masing-masing, namun saat LDB ini akan berbeda karena akan bisa mendengarkan langsung di lapangan. Tidak saja diuji kualitas suaranya juga kualitas mental ketika berhadapan dengan lawan. ‘’Rimba BF dengan tetasan sendiri siap turun,’’ tegas Komang Prancis. (gde)

Advertisement

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.