Connect with us

Perkutut

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup 2019 Jember Putaran-6: Bintang Timur Ngamuk, Jasmine Terbaik, Bunga Dahlia Makin Joss

KONBUR Tayang

:

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup Jember Putaran-6
KRU PANITIA & TIM JURI LAM. Sukses mengawal perjalanan liga dari awal sampai akhir.

Keseruan perburuan poin putaran ke-6 Liga Anak Manja (LAM) dan Diana FM Cup Jember, hari Minggu 1 Desember 2019 memang cukup menarik perhatian kungmania di wilayah tapal kuda blok timur Jawa Timur. Seperti Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi dan Jember sendiri sebagai tuan rumah.

Terbukti, dari total 5 blok gantangan yang disediakan panitia (1 blok kelas dewasa snior, 2 blok kelas piyik yunior dan 2 blok kelas piyik hanging) sekitar 85% yang terisi. “Terima kasih kehadiran dan dukungan teman-teman semua diliga putaran ke -6 ini. Mudah-mudahan, putaran berikutnya, juga tetap ramai dan lancar,” tutur Ra Siful, selaku ketua Pengda Jember saat membuka acara.

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup Jember Putaran-6
RA SAIFUL DAN SARYONO. Motor Liga Anak Manja & Diana FM Jember.

Dan nampaknya diputaran liga kali ini, benar-benar jadi kebangkitan kembali bagi Bintang Timur. Setelah beberapa kali diputaran sebelumnya, jago andalan H.Pri dari Banyuwangi ini sering gagal merebut poin penuh, karena memang gak mau kerja. Tapi kemarin, Bintang Timur betul-betul “ngamuk”, saat tarung di kelas dewasa senior.

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup Jember Putaran-6
KELAS DEWASA SENIOR DAN PIYIK YUNIOR. Terjadi persaingan seru untuk berebut poin.

Menempati kerekan 34, Bintang Timur tampil all out sepanjang empat babak penilaian. Lihat saja, begitu peluit babak pertama dimulai Bintang Timur langsung fight dengan sering melepas anggung merdu suara emasnya. Bahkan nilai demi nilai, begitu mudah diraih oleh jago yang pernah jadi perkutut terbaik hasil liga Anak Manja 2018 kemarin.

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup Jember Putaran-6
JOKI DAN PEMILIK. Terus semangat mensupport jagonya.

Dibabak pertama, Bintang Timur unggul dengan raihan nilai 43½ (bendera 3 warna). Sementara jago-jago handal lainya, termasuk Anak Manja (kerekan 32) dan Dovi (kerekan 38) yang jadi pesaing beratnya, hanya mampu meraih nilai 43¼ (bendera 2 warna hitam). Begitu juga dibabak kedua, Bintang Timur masih bisa unggul dengan meraih nilai sama yaitu 43½.

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup Jember Putaran-6
KELAS PIYIK HANGING. Banyak muncul telenta jawara.

Hari itu baik Anak Manja yang jadi andalan Samuel Saryono maupun Dovi andalan Didik Afandi, tidak mau tampil seperti biasanya. Ternyata Anak Manja sudah memasuki masa rontok bulu (ngorak). “Betul, itu sudah beberapa hari kemarin, tapi tetap saya coba paksakan turun. Ternyata memang tidak maksimal,” terang Indra yang terus mengawasi kerja Anak Manja dari bibir lapangan.

Sedangkan Dovi, menurut Didik Afandi karena baru saja ganti pasangan. “Ia betul, pasangan lamannya kurang sehat karena dihajar oleh Dovi yang akhirnya saya ganti. Dan meskipun sudah jodoh dengan pasangan barunya, tapi kerja Dovi masih belum maksimal. Seperti tadi, dua atau tiga kali bagus, kadang hanya dorong-dorong saja,” kata Didik.

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup Jember Putaran-6
H.PRI. Sedikit lega setelah Bintang Timur mau kerja sepanjang babak.

Dan kesempatan itu dimanfaatkan oleh Bintang Timur yang terus tampil ngejos dari babak ke babak. Bahkan dengan meraih nilai 43½ dibabak ketiga dan menutup babak keempat dengan raihan nilai 43¾ (bendera 3 warna hitam). Jago bergelang Brahmana itu mampu meraih ambisinya dengan merebut poin penuh.

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup Jember Putaran-6
JUARA KELAS SENIOR. Saat usai menerima tropy juara

“Alhamdulillah, sejak babak pertama sampai babak terakhir, Bintang Timur terus bunyi dan hampir tak pernah berhenti. Terus terang saya sangat lega melihat kerja Bintang Timur hari ini, meski performanya belum kembali seperti dulu. Ini awal yang bagus, mudah-mudahan kedepan Bintang Timur bisa tampil top form lagi,” tandas H.Pri.

Persaingan tak kalah seru, juga terjadi di kelas piyik yunior atau kelas setengah kerek. Terbukti begitu peluit babak pertama dimulai, semua jago langsung on fire untuk menjadi yang terbaik.  Dibabak ini tercatat ada 5 jago yang mampu unggul dengan nilai 43½. Yaitu ada Ole Olang (kerekan 67), ada Tera Kota(kerekan 72), ada Jasmine (kerekan 73), ada Putra Besuki (kerekan 74) dan Bintang Besuki (kerekan 84).

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup Jember Putaran-6
PEMILIK JASMINE. Sukses merebut juara 1 piyik yunior.

Namun memasuki babak kedua, tercatat hanya Jasmine yang mampu melaju mulus dengan raihan nilai 43¾. Sedangkan jago-jago lainnya, hanya mampu mendapat nilai 43¼ saja. Dan meskipun didua babak berikutnya, Jasmine hanya mampu meraih nilai 43¼ dan 43¼. Namun jago besutan H.Fadilah itu berhasil meraih poin penuh, karena unggul didua babak awal.

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup Jember Putaran-6
JUARA KELAS PIYIK YUNIOR. Puas setelah mendapat tropy juara.

Sedangkan Tera Kota  milik Aang Banyuwangi, harus puas sebagai runner upnya. Dan disusul kemudian oleh Bintang Besuki andalan Kyai Muhaimin Besuki. Lalu ada Singo Joyo1 milik Didik S dari Suara Agung Kalisat, ada Astuti milik Yono Paiton. Dan posisi lima besar, direbut oleh Singo Joyo 2 juga milik Didik S Kalisat.

Untuk kelas piyik hanging, kali ini podisi tiga besar terbaik diboyong oleh jago muda dari Krenjengan dan Probolinggo. Bahkan Bunga Dahlia, besutan muda Didik Afandi hari itu benar-benar mendominasi perolehan nilai. Lihat saja, jago muda masadepan itu memang punya kualitas anggung mewah dan telenta jawara mampu merebut juara 1 setelah meraih nilai 43¼, 43¾, 43½. Dan 43¼.

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup Jember Putaran-6
HASYIM JOKI BUNGA DAHLIA. Sudah 4 kali merebut juara 1.

Hebatnya lagi, meski umurnya baru sekitar 3 bulan lebih, tapi Bunga Dahlia sudah mampu menorehkan beberapa prestasi apik. Jago yang lahir dari NPD K.22 A888 (NPD K.14 & NPD K.H8) sejak umur 2 bulan sudah berhasil meraih juara 1. Pertama di latber Mastrip Probolinggo, kedua Wangkal Probolinggo. Lalu ketiga juara 1 di latber Premium Jember.

Liga Anak Manja dan Diana FM Cup Jember Putaran-6
JUARA KELAS PIYIK HANGING. Bunga Dahlia mendominasi.

Kemudian diturun di LPI Pasuruan, Bunga Dahlia masih bisa masuk juara 3. Begitu juga saat turun kembali di LPI Surabaya kemarin, Bunga Dahlia masuk juara 3 lagi di kelas piyik hanging. “Alhamdulillah, di LAM sudah keempat kali Bunga Dahlia merebut juara 1. Ya muda-mudahan bisa terus stabil performanya,” bangga Didik yang hadir bersama Hasyim sang joki.

Dikesempat terakhir, Saryono selaku penanggung jawab liga bersama ketua Pengda Jember. Tak lupa memohon ma’af, jika disepanjang acara liga masih ada kekurangan. “Ya mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. Sekali terima kasih kepada semua yang hadir. Selamat kepada para juara, bagi yang gagal jangan kecewa. Karena liga masih menyisahkan beberapa putaran lagi,” tutup Saryono, kungmania yang tanpah pamrih untuk membangun dunia perkutut di Jember. *agrobur2.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.