Connect with us

Lomba

Launching BMC Wuluhan-Jember, Sabtu (9/10): Murai Inuyasah dan Ijo Kharisma Jadi Bintang

KONBUR Tayang

:

LAGA PERDANA BMC. Dibanjiri komunitas murai batu dan cucak hijau

Launching gelaran bertajuk “BMC” Bolo Murai Batu dan Cucak Hijau yang digagas oleh Mr.Yan Hariyanto serta dibantu Mr.Yogi Pro Max dkk. Hari Sabtu, 9 Oktober 2021 kemarin di Gantangan KMW Wuluhan, Jember. Benar-benar mendapat respon positif dari Murai Mania maupun Cucak Hijau Mania Jember dan sekitarnya.

Dan meskipun ajang perdana BMC ini boleh dibilang mendadak. Karena persiapannya hanya beberapa hari saja. Namun lomba yang hanya membuka dua jenis burung yang lagi ngetrend saat ini, yaitu murai batu dan cucak hijau ini. Langsung dibanjiri oleh komunitas dari kedua jenis burung tersebut.

Tim Juri BMC Wuluhan. Sukses mengawal lomba tanpa ada kendala.

Bahkan mereka hadir dengan mengusung gaco-gaco terbaiknya. Sehingga tak keliru kalau ajang ini boleh dibilang sebagai “perang bintangnya” murai batu dan cucak hijau. “Alhamdulillah, meski persiapannya cukup mepet, tapi respon dan dukungan dari teman-teman cucak hijau maupun murai batu sangat luar biasa. Terima kasih semuanya,” tutur Mr.Yan Hariyanto, selaku penanggung jawab acara.

Dan yang menarik digelaran BMC kemarin, selain setiap sesi maksimal hanya untuk 25 burung (G25). Sistem penjuriannya (bukan pakem), juga beda dari gelaran biasanya. Menurut Mr.Yogi Pro Max yang ditunjuk sebagai koordinator juri. Setiap sesi, hanya dikawal oleh 4 orang juri (independent) dengan dibantu oleh 2 korlap.

“Ya tujuannya agar juri bisa lebih fokus dan maksimal saat mengontrol kerja burung. Karena setiap juri, maksimal hanya mengawasi hanya 6 sampai 7 burung saja. Sedangkan korlap, hanya sebatas membantu mengingatkan juri, jika ada burung yang lepas dari pantauan atau kontrolnya. Degan sistem ini bisa fair play, demi kepuasan peserta,” terang Mr.Yogi Pro Max.

Sesi Murai Batu G25. Persaingannya sangat ketat dan full gantangan.

Dan apa yang disampaikan oleh Mr.Yogi ProMax, hasilnya sesuai dengan harapan semua peserta. Terbukti, tim juri independent BMC yang diberi amanah oleh panitia. Sukses mengawal total 8 sesi dimainkan (4 sesi murai batu dan 4 sesi cucak hijau). Dari awal sampai akhir, tanpa ada kendala apapun.

Dibuka sesi pertama, kelas murai batu A benar-banar jadi “perang bintang” jawara-jawara murai. Tak kurang 25 jago-jago murai hebat (full gantangan), saling pamer mental dan kualitas irama lagu dihadapan tim juri BMC. Suasana gantanganpun terdengar ramai, oleh suara berbagai macam variasi lagu dan tembakan dari masing-masing burung yang digantang.

Juara Murai Batu A, Atem sukses merebut juara 1.

Di sesi ini, Atem murai debutan yang jadi andalan Mr.Rully boss dari RDS SF Semboro. Betul-betul jadi perhatian tim juri maupun penonton. Dengan senjata lagu komplit, kombinasi roll tembak. Mulai dari cililin, gereja, love bird, jenggot dan lagu burung-burung kecil lainnya yang dilepas berulang-ulang. Serta didukung durasi kerja ngedur dari awal sampai akhir dengan gaya ngeplay sembari sujud-sujud.

Akhirnya Atem, jago yang juga berhasil merebut juara 1, 1, 2 di Anniversary ABN Wuluhan beberapa pekan lalu. Kali inipun, Amin yang dikawal oleh Mr.Tri juga sukses memboyong gelar juara 1. “Alhamdulillah, meski kondisi Atemkurang fit karena sering turun lomba. Tapi hari ini masih bisa tanggung jawab, dengan berhasil merebut juara 1 dan juara 2.

Kelas murai batu, yang memang terlihat paling panas persaingannya, banyak memunculkan jawara-jawara hebat. Selain Amin yang sudah berhasil meraih juara 1 di sesi awal. Juga ada nama Raja, jago hebat milik Mr.Alfa Jember. Burung ini, selain punya mental tarung yang luar biasa. Materi irama lagu, power suara, durasi kerja dan gayanya, juga mampu menarik perhatian juri dan penonton.

Juara Murai B. Raja memang layak juara 1.

Tarung ngotot satu titik sejak awal sesi murai kedua, sembari melepas lagu roll kapas tembak disambung gereja, tengkek dan suara burung-burung kecil lainnya. Serta diakhiri tembakan suara kenarian panjang dengan power suara tembus. Raja yang disesi pertama hanya masuk juara 2, tapi kali ini berhasil merampas juara 1.

“Terus terang, meskipun Raja masih belum menunjukkan performa terbaiknya karena ada buluh ekor yang baru tumbuh. Dan juga banyak burung-burung bagus turun, tapi saya bisa bersyukur. Karena Raja masih bisa membawa pulang tropy juara 2, 1 dan juara 5. Ya mudah-mudahan kedepan Raja bisa lebih maksimal lagi performanya,” kata Mr.Alfa, usai menerima tropy juara.

Inuuyasha milik Mr.Ricard sukses jadi Bintang BMC.

Namun jago murai yang kali ini mampu bersinar dan jadi bintang di laga BMC adalah Inuyasah. Murai handal yang diusung oleh Mr.Ricard dengan bendera Crazy Rich Murai SF, Paleran. Meski gagal di sesi murai pertama dan kedua, namun Inuyasha berhasil jadi bintang di dua sesi murai terakhir.

Lihat saja aksinya, tarung dengan gaya ngeplay abis dan sujud-sujud dari awal sampai akhir. Sambil memainkan  isian lagu gereja tarung disambung love bird, kenari, tengkek dan tembakan panjang cililin dengan volume tembus. Inuyasha yang memang sering meraih prestasi juara dibanyak gantangan lintas EO (Event Orgenizer).

Kali ini, Inusyasha betul-betul jadi bintang lapangan. Setelah mampu merampas dua tropy juara 1, di sesi murai ketiga dan keempat. “Terus terang saya puas, setelah melihat Inuyasha mau tampil bagus dan stabil di dua sesi terakhir. Terima kasih tim juri, yang benar-benar sudah kerja fair play dan menentukan juara sesuai kualitas serta kerja burung,” tandas Mr.Rully

Dan jago lain yang mampu jadi bintang di laga perdana BM C kemarin adalah Kharisma. Jago cucak hijau milik Mr.Yogi punggawa dari G2K BC itu juga tampil luar biasa. Bahkan dari 4 sesi cucak hijau, Kharisma nyaris saja bikin hattrcik. Tarung pertama disesi cucak hijau A, aksi Kharisma langsung mendapat perhatian dari semua juri yang bertugas.

Sesi Cucak Hijau, Ramai, ketat dan seru.

Dengan gaya hiper, jambul dan full ngentrok abis. Trecetan irama lagu mewah, mulai cucak jenggot, cililin, lovebird dengan tembakan panjang tengkek. Serta didukung durasi kerja ngedur plus volum kasar dan tembus. Kharisma berhasil merebut podium tertinggi disesi cucak hijau pertama.

Juara Cucak Hijau A & B. Milik Kharisma.

Aksi ciamik Kharisma, rupanya terus berlanjut di sesi cucak hijau kedua. Buktinya, meski dikepung oleh sejumlah jawara-jawara cucak hijau terbaik. Kharisma masih lolos dan berhasil merebut kembali podium utama sesi kedua. Bahkan kalau saja disesi ketiga aksi Kharisma tidak nakal. Bisa dipastikan besutan Mr.Yogi ini mampu hattrick.

Namun dengan berhasil memboyong tropy juara 1, 1 dan 2, Kharisma memang layak jadi bintang di BMC kali ini. “Alhamdulillah, Kharisma hari ini kerja luar biasa. Mudah-mudahan performa ini bisa terus berlanjut saat turun di lomba-lomba lainnya,” bilang Mr.Yogi yang bakal punya gawe yaitu “3th Annversary G2K” di Gantangan Subdenpom BC Jember, pekan depan.

Juara Cucak Hijau C. Berhasil dicuri Jamrud milik Mr.Fariz Balung.

Itulah, jago-jago hebat yang sukses menuai prestasi maupun yang berhasil menjadi bintang di laga perdana BMC Wuluhan.  Namun sayang digelaran ini, panitia lupa tidak mencatat nama-nama jago lainnya yang masuk nominasi kejuraan. Dan menurut panitia, ini semua tanpa ada kesengajaaan. Namun karena persiapan yang mendadak, yang akhirnya jadi lupa.

“Betul, saya selaku penanggung jawab mohon ma’af kepada semua peserta yang burungnnya masuk nominasi juara, namun namanya tidak terdata. Dan ini jadi evaluasi bagi panitia untuk menyiapkan gelaran BMC berikutnya. Dan bagi siapapun, baik atasnama EO atau perorangan yang ingin menggelar acara digantangan KMW monggo, bisa langsung menghubungi mas Yogi Pro Max,” tandas Mr.Yan Hariyanto.

“Dan tak lupa, saya  mewakili panitia dan kru juri yang bertugas. Mengucapkan banyak terima kasih, kepada bolo-bolo murai batu mapun cucak hijau yang sudah ikut mendukung suksesnya gelaran perdana BMC. Panitia tetap berharap dukungan dan kehadiran bolo-bolo murai dan cucak hijau lainnya di acara BMC selanjutnya,” tutup Yogi  *agrobur2.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.