Connect with us

Perkutut

Latnil “Hebat Cup 1” Tanggul-Jember : Jago Produk Peternak Lokal Bermunculan, Bolodewo dan Jaguar Mulai Tunjukkan Kualitasnya

KONBUR Tayang

:

Latni Hebat Cup 1 Tanggul Jember
LATIHAN DINILAI TANGGUL. Banyak jago lokal bermunculan.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Hari libur nasional yaitu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu 20 Oktober 2021. Rupanya tak dilewatkan begitu saja oleh kung mania. Khususnya kung mania di wilayah Jember Barat, yaitu di Desa Klatakan, Tanggul, Jember.

Dengan dimotori oleh duet H.Gufron selaku ketua P3SI Sub.Pengda Tanggul bersama H.Badri sebagai sekretaris. Latihan dinilai yang bertajuk “Hebad Cup 1” yang menempati lapangan HG BF di Klatakan, Tanggul. Ramai dihadiri kung mania dari wilayah Jember dan Lumajang.

SUASANA LATIHAN DINILAI. Cukup kondusif, aman dan lancar.

Dan menurut H.Gufron, yang juga sebagai pemilik lapangan HG BF. Arisan dinilai ini memang rutin digelar setiap bulan. Dimana pesertanya, selain anggota arisan yang rutin melatih burungnya di sini. Pesertanya juga dari luar wilayah Tanggul, seperti dari sekitaran kota Jember dan Lumajang.

“Betul dan sengaja latihan dinilai ini kita adakan setiap bulan sekali. Dengan maksud, supaya para anggota arisan yang kebanyakan masih pemula. Bisa belajar langsung soal penilaian perkutut lomba sesuai dengan pakem P3SI. Dan juga biar anggota arisan cepat paham, kualitas perkutut yang layak untuk lomba,” terang H.Gufron yang didampingi oleh H.Badri.

Selain itu, sambung H.Gufron. Latihan dinilai berlabel “Hebad Cup 1” ini juga untuk melatih mental dan kualitas jago-jago perkutut muda yang punya prospek cerah. Khususnya jago-jago dari produk peternak lokal. Sebelum jago-jago tersebut diturunkan di lomba-lomba besar regional maupun nasional.

“Benar, dengan adanya latihan dinilai, juga memberi kesempatan bagi teman-teman peternak lokal untuk menjajal mental serta kualitas produk piyiknya. Dan alhamdulillah, hari ini banyak jago-jago anyar produk peternak lokal mulai bermunculan. Mudah-mudahan ini awal yang baik untuk merangsang semangat para peternak lokal,” tandas H.Gufron.

JUARA PIYIK YUNIOR. Bolodewo mulai tunjukkan tajinya.

Dan apa yang disampaikan oleh pemilik HG Bird Farm, Klatakan, Tanggul, Jember ini memang benar. Karena terbukti, latihan dinilai “Hebad Cup 1” jawaranya banyak didominasi oleh jago-jago debutan, produk peternak-peternak lokal. Baik di kelas piyik yunior atau kelas setengah kerek maupun di kelas piyik hanging.

Seperti di kelas piyik yunior. Bolodewo yang jadi andalan H.Edy Sujono Jember. Jago asli produk farm lokal, yaitu ADIB BF Jember ini mulai menunjukkan kualitasnya sebagai jago masadepan. Bersaing ketat dengan Jendral milik Mr.Rofik Lumajang selama 4 babak penuh. Bolodewo mampu lolos dan berhasil merebut posisi terdepan dengan sukses memboyong tropy juara 1.

Selain Bolodewo, beberapa jago lokal Jember yang juga sukses masuk nominasi kejuaraan. Ada nama Bintang Palupi dan Misteri Cinta, yang diusung oleh Hery Pudjiono. Dua jago muda hasil dari kebun sendiri yaitu Palupi BF Jember ini, berhasil masuk juara 3 dna juara 7.

JUARA PIYIK HANGING. Didominasi jago-jago piyik peternak lokal Jember.

Lalu ada nama Mendut juga hasil produk ADIB BF Jember. Jago milik Yudo M Jember ini berhasil masuk juara 4. Dan ada nama Zahra andalan H.Badri yang juga hasil dari kebun sendiri, yaitu Hebad BF Sumberbaru, Jember. Jago muda ini juga sukses masuk juara 6, setelah bersaing ketat dengan jago-jago lainnya.

Pun demkian di kelas piyik hanging, banyak piyik-piyik peternak lokal Jember sukses mendominasi dafar kejuraan. Setelah mampu menunjukkan kualitas anggung merdu suaranya dihadapan juri yang bertugas, selama 4 babak penuh penilaian.

Lihat saja, nama Jaguar milik Masdar Jember. Piyik muda yang punya prospek cerah hasil oplosan kandang MDR BF Jember ini, berhasil mendapat nilai tertinggi yang akhirnya berhak merebut posisi terdepan. Lalu ada nama Ogy Jr yang jadi andalan Affan Jember. Piyik muda hasil produk Jati Mas BF Jember ini mampu merebut posisi tiga besar.

Kemudian ada nama Unyil milik Rahmad Jember. Piyik hasil dari kandang sendiri yaitu RHJ BF Jember ini, berhasil menguncin posisi empat besar. Dan posisi 13 ada nama Ontorejo milik H.Edy Sujono Jember yang juga hasil kebun sendiri yaitu Rara BF. Serta ada Adinda ring Kho Kho BF Jember, andalan Idrus Kalisat yang mengunci posisi lima belas besar.

Itulah beberapa nama jago produk lokal Jember sukses meraih prestasi juara di latihan dinilai “Hebat Cup 1”. Dan untuk mengetahui jago-jago lainnya yang hari itu juga sukses masuk nominasi daftar kejuraan. Selengkapnya bisa dilihat di box daftar juara di bawah ini.

Dan dikesempatan terakhir, H.Gufron bersama H.Badri. Tak lupa mengucapkan banyak terima kasih, kepda semua peserta yang hadir. Dan mohom ma’af, jika masih banyak kekurangan. “Ya hanya itu yang bisa saya sampaikan. Sekali lagi terima kasih atas partisipasi dan supportnya dan sampai jumpa dilain kesempatan,” tutup H.Gufron yang diamini oleh H.Badri. *agrobur.

Klik untuk memperbesar Daftar Juara.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.