Connect with us

Perkutut

Latihan Dinilai Pengda Sampang, Sempat Terganggu Hujan, Bendera 4 Warna Antar Bilkys Menuju Podium Juara

KONBUR Tayang

:

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Lapangan perkutut AKN Bird Farm yang berada di Pangarengan Sampang, Selasa 30 Maret 2021, kembali meraih dengan kehadiran kung mania. Kali ini mereka berkumpul bukan untuk latihan atau ngerek bareng, tetapi ada kegiatan Latihan Dinilai Pengda P3SI Sampang. Tiga kelas yang dibuka untuk peserta (Dewasa Bebas, Piyik Yunior dan Piyik Hanging), nyaris tidak menyisakan tempat kosong.

Peserta Berprestasi, peraih juara di Kelas Piyik Yunior

“Alhamdulillah Latihan Dinilai Pengda P3SI Sampang meraih dan banyak diikuti oleh peserta,” terang H.Moh.Aksan selaku tuan rumah. Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan ini sengaja digelar untuk merespon keinginan kung mania untuk berlatih sebagai ajang persiapan menuju Liga Perkutut Madura Putaran II Sumenep pada Minggu, 4 April 2021.

Kesempatan itulah yang akhirnya digunakan kung mania untuk memastikan jago miliknya sebelum memenuhi panggilan untuk tarung di gelaran akbar LPM Putaran II. Beberapa nama petarung handal ikut ambil bagian. Mereka adalah Ababil orbitan, H.Abdullah Hidayat (Wakil Bupati Sampang)/Team GM.

Nama lain adalah Kesya, orbitan Encung GM,  Super Boy amunisi KH.Mutamtam yang baru saja membuat kejutan dengan debutnya, Tunggul Ametung andalan Harianto Bali dan nama-nama yang masuk bursa sebagai petarung yang memiliki reputasi apik. Kehadiran mereka itulah yang membuat persaingan perebutan posisi kejuaran berlangsung menegangkan.

Peserta merayakan kemenangan atas orbitannya

Mendekati pukul 08.00 WIB, babak penjurian dimulai. Mendung yang sempat menemani seluruh peserta sejak awal, akhirnya tak bisa dihindarkan. Usai penjurian babak pertama, acara dihentikan sejenak karena turun hujan. Beberapa lama kemudian, proses penjurian kembali dilanjutkan dan tidak ada lagi gangguan hujan turun.

Sampai akhirnya penentuan posisi kejuraan diumumkan. Untuk Kelas Dewasa Bebas, Bilkys, orbitan H.Abdullah Hidayat/Team GM Sampang dinobatkan sebagai peraih podiumpertama. Keberhasilan perkutut bergelang Ababil meraih podium terbaik berkat raihan bendera dua warna hitam babak pertama.

Memasuku babak kedua, performanya semakin menanjak dengan raihan bendera tiga warna usulan. Pada babak ketiga, Bilkys semakin menunjukkan kelasnya dengan raihan bendera tiga warna hitam usulan. Dan di babak pamungkas inilah, Bilkys memastikan diri sebagai peraih podium pertama, setelah bendera empat warna tertancap pada kerekan 11 miliknya.

Diplomat Evo masih setia menemani kung mania berlomba

H.Abd.Aziz, pemilik Ababil Bird Farm mengakui bahwa keberhasilan ini adalah sebuah penghargaan yang patut diterima. “Alhamdulillah produk Ababil bernama Bilkys bisa meraih bendera 4 warna. Ini sebuah kabar bagus karena Bilkys sempat vakum karena sakit yang sempat dialami,” ungkap H.Abd.Aziz.

Encung GM selaku perawat Biklys mengakui bahwa sejak awal, sudah yakin bisa menampilkan Bilkys sebagai juara. “Saya yakin dan percaya, Bilkys mau kembali unggul, namun saat ini kondisinya belum maksimal, tunggu saja waktu yang tepat untuk melihat performa paling bagusnya,” sambung Encung.

Suasana proses penjurian Latihan Dinilai Pengda Sampang

Menyusul kemudian, Super Boy andalan KH.Mutamtam Sampang. Perkutut bergelang Sha-Sha yang berada pada kerekan 60, diawal penjurian sempat memimpin sampai babak kedua dengan perolehan bendea tiga warna usulan pada babak pertama, tiga warna hitam babak kedua. Namun sayang, dibabak selanjutnya performanya tidak begitu bagus dan ditinggalkan lawan.

Dan Putra Mahkota ammunisi Daffa AKN Sampang ring Palem yang dikerek pada nomor 17 sebagai peraih juara ketiga. Diakhir acara H.Moh.Aksan mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran peserta dan meminta ma’af jika ada hal-hal yang kurang berkenan selama acara berlangsung.

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.