Connect with us

Derkuku

Latbernil PPDSI Bali, Pangeran dan Kaisar Rimba di Puncak Juara

KONBUR Tayang

:

derkuku
Para jawara di Latbernil PPDSI Bali. (Foto: Ist)

LATIHAN bersama dinilai (Latbernil) yang digelar PPDSI Pengda Bali pada Minggu, 28 Agustus 2022 di Lapangan TA Denpasar berjalan sukses. Antusias dekumania untuk menguji gacoannya begitu luar biasa, jago-jago papan atas turun gunung dan tetasan-tetasan teranyar pun ikut memanaskan suasana latihan yang sempat kena gerimis hujan.

H Anang pemilik Pangeran menerima trofi juara I di kelas Dewasa Bebas.

Tampak sederet sesepuh dan para pemain baru bermunculan menghadiri latbernil. Di antaranya ada Haryanto, Made Tendha, Komang Prancis, Ardhana, Made Sumawijaya, H Anang AMG, IB Wirawan, Rais Sugiyanto, Suripto, Tim Racun Barat dipimpin Edy Cahyanto, Mangku Ardika, Mbah Budhi dll.

Latbernil PPDSI Bali, meriah.

Ketua Pengda PPDSI Bali Haryanto mengucapkan terimakasih kepada seluruh deku mania yang sudah berkenan hadir dan kompak untuk menurunkan gaco-gaco andalannya. Begitu juga para peternak yang sudah menambah semarak di kelas pemula dengan gaco-gaco teranyarnya. Latbernil ini selain untuk menggugah penggemar pemula untuk berani tampil di arena lomba, ajang ini sekaligus sebagai pemanasan menjelang deku mania Bali bakal ngluruk Piala Raja pada 11 September mendatang di Yogyakarta.

Komang Prancis, pemilik Kaisar Rimba menerima trofi juara I di Kelas Dewasa Pemula.

‘’Kesempatan ini kami pakai untuk menguji kualitas dan hasil rawatan sebelum menghadapi lomba tingkat nasional di Piala Raja,’’ terang Haryanto.

Dari dua kelas yang dibuka, Kelas Dewasa Bebas dan Kelas Dewasa Pemula, kedua-duanya kelas tersebut berlangsung ketat. Saling kejar poin terjadi sebelum akhirnya dewan juri yang dipimpin Agung Adiputra dengan anggota, Yudana, Umar, dan Made memutuskan siapa yang menjadi juara setelah mengikuti empat babak.

Tim Racun Barat ikut meramaikan Latbernil PPDSI Bali.

Di Kelas Dewasa Bebas, Pangeran milik H Anang yang digantang di nomor 73 langsung menyodok di babak pertama dengan bendera lima warna atau 43 ¾. Namun di babak kedua sebagian besar para kontestan hanya memperoleh bendera 4 warna. Baru di babak ketiga setelah gerimis mulai reda Pangeran kembali perfoma dengan raihan lima warna. Kali ini Bima milik Haryanto mampu menembus lima warna.

Para juara di Latbernil PPDSI Bali.

Di babak keempat, Pangeran bergelang AMG BF semakin ngotot. Bendera lima warna kembali disabet. Pangeran mendapat perlawanan dari Bruce Lee milik Ardhana di gantangan 79. Setelah seluruh kontestan menyelesaikan empat babak, Pangeran dengan nilai 3 kali lima warna menduduki podium pertama disusul Bruce Lee dan Bima.  

Pemilik Pangeran, H Anang, pemilik Bruce Lee, Ardhana dan pemilik Bima Haryanto siap berlaga di Piala Raja.

Dengan hasil ini sekaligus memastikan ketiga kandidat juara ini akan turun di Piala Raja. ‘’Kami memastikan Pangeran, Bima dan Bruce Lee akan turun di Piala Raja,’’ tegas Haryanto yang diamini H Anang AMG yang kali ini akan mempersiapkan lebih awal sehingga Pangeran bisa istirahat sebelum turun.

H Anang dapat doorprize utama.

Tak kalah eboh, persaingan di kelas Dewasa Pemula yang berlangsung ketat. Tiga gaco sejak awal tampil ngotot yakni Kaisar Rimba, Sanjaya dan Durga Dewi. Sesaat babak pertama dimulai Kaisar Rimba milik Komang Prancis, Sanjaya debutan I Wayan Wirya dan Durga Dewi milik Made Tendha langsung tancap gas. Sama-sama menunjukkan suara emasnya, ketiganya meraih bendera empat warna. Di babak pertama ini juga tampil Mario Pol milik Ardhana.

Empat juri sedang merekap nilai sebelum memutuskan para juara.

Di babak kedua sederet gaco kembali menembus empat warna. Selain tiga kandidat itu, ada Prabu milik H Anang, Mario Pol, dan gantangan 47 yang juga menyabet empat warna.

Usai istirahat, masuk ke babak ketiga, Kaisar Rimba bergelang Rimba BF, Sanjaya bergelang Trisula dan Durga Dewi bergelang Ganesa kembali meraih empat warna. Di babak ini tampil Prabu, Paijo milik Ulan BF, dan Delon dengan nilai empat warna.

Bruce Lee saat mendapat koncer lima warna.

Di babak keempat Kaisar Rimba, Sanjaya dan Durga Dewi kembali mempertahankan perfomanya dengan nilai empat warna. Beberapa gaco yang ikut meraih empat warna yakni Prabu, Paijo, Delon, Gonzales dan Ganasena.

Ida Bagus Wirawan (kanan) pemilik IBW BF dan Mbah Budhi pemilik Tara BF tetap semangat.

Berdasarkan perhitungan sesuai pakem penilaian PPDSI, maka Kaisar Rimba berhak menduduki podium utama disusul Sanjaya dan Durga Dewi.

Komang Prancis pemilik Kaisar Rimba mengaku, gaco yang masih belia ini merupakan anak dari Gajah Mada yang kini lebih banyak istirahat di kandang sebelum dipersiapkan menuju lomba nasional.

Rais Sugiyanto, pemilik Sakti BF tak pernah absen di lomba.

‘’Dengan betina terbaru, anak Gajah Mada ini bakal dipersiapkan untuk meramaikan lomba di Bali dan juga kalau berlomba ke Jawa atau ke Lombok,’’ ujar pemilik Rimba BF Canggu Badung ini.

Sementara itu, Ketua PPDSI Bali Haryanto mengucapkan terimakasih kepada seluruh deku mania dan memohon maaf jika selama penyelenggaraan lomba ada hal-hal yang kurang berkenan. (gde)

PARA PEMENANG

Trending

Copyright © 2022 Media Agrobur. All Right Reserved.